NONTON DI BIOSKOP? CEK DULU HAL-HAL BERIKUT INI

by - 20.10


Ngomongin bioskop, gue yakin kita semua pernah ke bioskop. Pelem yang lagi ngehits sekarang itu Wonder Woman. Semuanya bilang bagus, terutama para cowok yang udah tersihir sama paha mulusnya Gal Gadot. Lumayan. Kelamaan liatin paha ayam, disodorin pemandangan paha si Gal itu bagai menu oase di tengah gurun pasir super kering. Oh ya, selain untuk nonton pelem yang baru rilis biar kekinian, ga jarang bioskop dijadiin tempat buat cipokan. Biasanya sih yang kayak gitu milih seat paling atas dan paling ujung biar ga terlalu keliatan. Tapi ada juga yang nekat ciuman di tengah-tengah pemutaran pelem dan seat-nya di tengah-tengah, depan gue banget lagi. Gue kan jadi pengen. Sialnya pas noleh, di sebelah gue cuma ada kursi kosong. Ga mungkin gue ciuman sama kursi. Mau ditaro di mana harga diri gue?

Oke kembali ke topik. Judul tulisan ini udah sangat jelas, yaitu hal-hal yang harus diperhatikan alias dicek kalo kita mau nonton pelem di bioskop, bukan tutorial memakai sarung yang baik dan benar. Banyak banget yang harus dipikirin sebelum kita nonton pelem di bioskop. Kadang banyak yang ga sadar hal ini penting. Sebagai warga negara yang berusaha baik, gue ngerasa punya tanggung jawab untuk share hal ini dengan temen-temen semua.

Apa aja sih yang wajib kita perhatikan sebelum nonton pelem di bioskop? Pertama, pastikan ada bioskop di kota tempat kita tinggal. Ini penting banget. Gimana mau nonton di bisokop kalo bioskopnya aja cuma hoax? Soal ini, gue jadi inget temen yang jarak kosan dia ke bioskop memakan waktu tiga jam. Jarak dari kosan ke toko buku paling deket, dua jam. Pasar? Sehari semalem. Gue jadi penasaran dia tinggal di mana. Kayaknya kalo ga di Planet Namek, di Mars sebelah utara. Auh ah lap. Jarak berjam-jam itu pun udah pake kendaraan. Kalo naek delman atau jalan kaki entah berapa lama dia bakalan nyampe. Pas nyampe pelemnya udah kagak tayang. Kan kasian. Jadi jangan sekali-sekali nonton di bioskop kalo emang ga ada bioskop. Percuma.
Bioskop di mana ya, pak? Saya mau nonton Malam Satu Suro, nih
                                                
Kedua, ketika nyampe di bioskop pastikan beli tiket, jangan beli cireng. Tiket itu ibarat kunci dan bioskop itu lubangnya. Kita ga akan bisa membuka pintu tanpa kunci. Masa lu colok pake jari. Bukannya terbuka, malah jari lu lecet atau berdarah. Serem. Tapi ngomong-ngomong, zaman sekarang satu tiket bioskop kalo dituker pake cendol, bisa dapet 25 gelas. Mahal gila! 

Buat para mahasiswa yang tiap akhir bulan makan di warteg cuma pake nasi plus es teh doang, harga satu tiket bioskop sungguh mencekik jiwa. Mahasiswa kan juga butuh hiburan setelah sehari-harinya dipusingkan oleh tugas seabreg dari dosen. Blom lagi nontonnya berdua sama pacar, mau ga mau kalo pacarnya cewek, ya harus kita yang bayarin. Kecuali si cewek pengertian mau bayar sendiri, atau ngebayarin kita. Kudu langsung dinikahin yang kayak gitu mah. Ini ga nyambung amat sama judul ya perasaan? Hhhh.

kencan di bioskop emang asoy


Ketiga, hendaknya ga berisik ketika pelem berlangsung. Beberapa kali gue nemu makhluk jenis beginian ketika nonton pelem di bisokop, mana spoiler lagi. Kayaknya dia udah nonton, tapi nonton lagi saking serunya. Sialnya, spoilernya kompak sama temennya di sebelah.

Nah abis adegan ini nih, si Wonder Womannya mati

Hah? Serius lu?

Serius gue. Tapi idup lagi gara-gara di Edo Tensei sama Orochimaru

Wah seru gila, ya?

Minta diganyang tuh orang berdua. Sensasi mendapatkan kejutan dari sebulan pelem bisa rusak seketika ketika ada manusia-manusia ga beradab kayak gitu. Karena spoiler setitik rusak mood sebelanga. Gairah nonton yang tadinya hampir klimaks malah turun drastis. Jadi frigid. So, ga semua orang suka spoiler dan kita harus menghargai orang-orang yang duduk di sebelah kita pas lagi nonton bioskop. Tahan keinginan untuk pamer bahwa kita tau ending si pelem bakal gimana.


yang suka spoiler gue sihir jadi sempak buluk

Keempat, baiknya baca beberapa review mengenai pelem yang bakal ditonton. Dulu dulu, gue pernah nonton pelem di bioskop tanpa baca review dari orang-orang. Memang ada yang sengaja nonton pas rilis hari pertama. Tapi buat gue itu semacam gambling. Kalo pelemnya bagus mah seneng. Kalo jelek, duit melayang tanpa kepuasan...yang ada hanya penyesalan. Pengalaman ini pernah dua kali gue alami dan rasa keselnya blom bisa gue lupain. Pengen nangis ketika pelem berlangsung. Bukan karena ceritanya sedih, tapi gue kagak ngarti plot-nya sama sekali. Gue celingak celinguk, yang di belakang gue malah tidur. Asli nyesel banget ngeluarin duit cuma buat nonton pelem ga jelas. Tau gitu duitnya gue beliin sempak. Lumayan sebiji mah dapet.

Mahal-mahal beli tiket eh pelemnya jelek. Emaaaaak!!!

Kelima, pastikan ada seseorang bersama kita saat nonton pelem di bioskop. Nonton sendiri emang ga ada salahnya dan sebagian dari kita ada yang justru lebih nyaman nonton sendirian. Gue pun sering nonton sendirian tanpa siapa pun menemani dan gue kuat. Palingan pas di toilet nangis bentaran habis itu tegar lagi. Buat yang ga punya pacar atau gebetan, yaa seenggaknya bawa bayangan lah kalo pergi pergi. Jangan ditinggal soalnya ditinggal pas lagi sayang-sayangnya itu sakit. Sakiiiiiiit!!!

Nonton sendiri, berdua sama pacar atau gebetan, bergerombol satu kampung, sama orangtua, sama mantan, sah-sah aja selama hati senang dan ga merugikan diri sendiri atau orang lain. Jadikan nonton pelem di bioskop sebagai kegiatan berkesan. Jangan lupa poin pertama dan kedua ya, gaes. Selamat menonton!!

You May Also Like

1 komentar

  1. Aaakh, bacaan gratis gak bermutu. Tp, menghibur deng.

    BalasHapus