ASAL MULA NAMA SEMVAK ADDICT COMMUNITY

by - 00.00

"Kalian ini dari komunitas apa?"

Pertanyaan super sulit ini dilontarkan oleh bokapnya salah satu member SAC. Postingan sebelumnya bisa dibaca di TEMEN MISTERIUS guys. Kami sama sekali ga bisa jujur tentang komunitas kami. Kalo kami bilang komunitas apa, dengan nyebutin judulnya aja kadang bikin orang kaget. Padahal, ada filosofi tertentu dan asal muasal kenapa grup dengan judul cabul ini tercipta ke dunia.

Redi dan gue adalah penemu pertama grup ini. Tercipta dari keresahan kami yang pengin punya grup wassap super seru di mana di situ bisa ngomongin apa aja. Bebas becanda, bebas mengungkapkan unek-unek dan bebas bertanya soal apa pun tanpa batas. Ga ada peraturan harus begini begitu dan ga boleh ngomongin di belakang. Kalo mau, sekalian ngomongin di depan dan dilarang baperan. Membernya emang sengaja dikit. Buat apa member banyak tapi silent reader semua gara-gara ga ngerasa bebas ngomongin apa aja atau gampang baper gara-gara chat-nya ga dinotif sama member lain. 

Awalnya grup ini dikasih nama HAC, Horor Addict Community, yang ngebahas soal suster ngesot dan kawan-kawannya. Yup, beberapa di antara kami menggandrungi urban legend, dan Bandung tempat gue tinggal beken banget dengan tempat-tempat dengan aura mistis super kentel. Radio khusus yang ngebahas tentang kejadian-kejadian horor di Bandung pun ada banget, yaitu Nightmare Side yang bisa didengerin lewat Ardan FM. Tapi inget jangan pernah dengerin Nightmare Side sendirian. Kalo bisa sama pacar, biar lebih greget jika sewaktu-waktu harus teriak. Daripada teriak sendirian kan lebih asoy teriak bareng. Ya, ga?

Selain horor, banyak hal yang bisa dibahas di grup ini. Mulai dari anime, film hollywood, tetangga, pengalaman konyol masing-masing member, curhat, kisah cinta, gebetan yang tak kunjung datang, mantan yang jadi kenangan, gagal jadian, friendzone, sampe hal-hal vulgar pun ternyata dibahas di sini, dengan catatan tertentu. Buat kami, kemesuman hanya untuk diketawain, bukan dilakuin. Tapi biasanya member yang cowok kerap kali melakukannya dengan guling kosan. Maklum, mereka jomblo. Gue sendiri ga berasa risih atau aneh karena empat dari enam member grup ini jenisnya batang, dan hampir semua orang di dunia tau kalo makhluk berbatang mah ga bisa jauh-jauh dari kondisi di mana deket laptop malah ada tisu. Eh ga cuma ada tisu, sih. Ada sabun juga, body lotion atau minyak goreng.

Dibandingkan ngomongin horor, grup ini malah lebih sering ngebahas hal-hal keren menggelikan dan ga berguna seputar cowok, cewek, dan simbiosis di antara keduanya. Kemudian biar beda, kami gunakan nama Semvak Addict Community sebagai pengganti Horror Addict Community. Emang mesum, tapi ada filosofi tersendiri yang bisa diambil dari nama itu yang bisa mengubah persepsi bahwa hal-hal cabul selamanya adalah negatif. 

Menurut kamus para member SAC, semvak alias sempak adalah suatu benda pelindung alat vital yang sangat penting. Warnanya bisa macem-macem. Polos, belang-belang, berwarna pelangi, atau monokrom. Bahannya juga ga cuma satu. Bentuknya juga beragam. Ada yang segitiga, boxer, kolor, berenda, berjaring-jaring, bertali, dan gue yakin yang baca ini pasti lagi ngebayangin. Gue juga. Eh.

Namun yang utama, fungsi sempak adalah melindungi bagian paling sensitif di tubuh manusia. Bayangin aja kalo kita kagak pake sempak. Apalagi kalo ada  angin puting beliung lewat. Tersingkaplah semua. Cowok sih ngarepin peristiwa ini, tapi tidak dengan cewek. Dan gue heran ketika ada orang yang nyebut sempak, beberapa yang lain pikirannya langsung kotor dan nganggap negatif, nganggap orang itu jorok, padahal sempak adalah benda yang bisa dibilang justru sangat positif. Kalo ga positif ngapain dipake?

So, kami ingin grup ini jadi pelindung dan rumah kedua bagi para membernya. Punya masalah? Curhat di sini. Putus cinta? Bilang aja di mari. Bagi-bagi duit? Boleh banget. Mau potong rambut? Ya ke tukang cukur. Nyari mantan? Ke rumah sakit jiwa atau penjara. Pokoknya yang penting bahagia dan selamat sentosa. Apalah artinya sebuah nama jika ga ditelusuri filosofinya. Anjay banget udah kayak Shakespeare aja. 

Nah, filosofi nama grup wassap kalian apaan, guys? Share di mari, yak!

You May Also Like

2 komentar