NGGA TAHAN

by - 14.53

Saat ini gue tinggal dan gawe di tangerang, jauh dari rumah gue di Bandung. Gawe hari Senin-Rabu sampe jam 2 dengan standar UMR Jakarta. Bukan lumayan lagi, tapi alhamdulillah. Blom bonus berupa 20 pasang sendal jepit dalam bentuk duit. Selain itu tempat kerja gue cuma 5 menit jalan kaki. Semenit kalo pake mobil atau motor. Kalo pake pesawat jet cuma satu detik. Bener-bener kudu banyak bersyukur. Di saat orang laen sampe putus tali kolor nyari kerjaan, Tuhan Maha Baik ngasih gue banyak hal seru di mana sebenernya gue jadi malu. Gue blom maksimal ibadah. Taraweh masih ngebayangin martabak keju. Sahur masih di kasur. Buka puasa, ngambil makanan seabreg ujungnya ga kemakan. Akhirnya gue kasih kucing. Kucingnya pingsan.

Balik lagi ke topik utama. Bandung. Udah dua bulan gue kagak pulang dan itu bikin gue ga tahan. Bener-bener ga tahan. Bandung bagi gue bukan cuma tempat kelahiran alias kampung halaman. Bandung punya aura tersendiri yang ga bisa bikin gue pindah ke lain hati. Seperti kata Surayah: Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.

Satu kalimat yang mungkin bisa dibilang mewakili perasaan tiap orang Bandung asli terhadap Kota Kembang ini. Di Bandung, gue pertama kali ditembak pas kelas 6 SD sama orang yang sekarang udah jadi alumni ITB lalu gue bertransformasi jadi jomblo setelah putus dengan dia. Di Bandung pula gue sering banget keserempet. Keserempet angkot, abang ojek, bencong, sampe bocah yang maen otopet. Di Bandung pula gue bisa ngerasain kenyamanan sejati, di mana ga gue rasain di kota lain. Namanya juga kampung halaman, mau yang buluk sekalipun pasti dianggap berkesan.

Cewek-cewek Bandung itu kece. Bahasa sunda halusnya masih terjaga, kecuali di terminal, di mana bahasa sunda ala kernet bakal kedenger paling kenceng. Wisata kulinernya luar binasa. Semua ada. Mulai dari kue cubit sampe steak super enak bia didapetin. Tempat hang out-nya keren dan udah ga keitung lagi. Meski macetnya udah hampir nyaingin Jakarta, sesumpek-sumpeknya Bandung tetep nomor dua buat gue. Nomor satu sih Ketuhanan Yang Maha Esa.
 
Bandung meski sekarang cuacanya udah ga sesejuk dulu, entah kenapa tetep aja gue cinta banget. Cuma di Bandung gue bisa nemu cireng bumbu paling enak. Cuma di Bandung gue bisa beli seblak lezat dengan harga 5 rebu perak. Di kota ini pula, tepatnya di Cihampelas, gue selalu beli tahu bulat yang bekson suaranya udah beken banget. Bedanya, ini pake logat sunda. Asli bikin makin kangen.  

Bandung bukan sekedar sebuah kota. Tapi tempat di mana gue bisa bener-bener jatuh cinta.


You May Also Like

6 komentar

  1. Sesuai dengan lagunya Pandji, Bandung kota terindah yang pernah ada. Uuuu, mau ke Bandung jadinya~

    BalasHapus
  2. Gue juga cinta bandung. Terutama mojangnya *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi si mojang ga cinta elu bang ahahahaaa

      Hapus
  3. Oalah kakak di Bandung tah? Main main ke nangor lah kak wkwkwk

    BalasHapus