CIVIL WAR? EMANG SERU?

by - 20.08

Soal film perang, gue sebetulnya lebih suka film macam Fury, Saving Private Ryan, Band of Brothers atau Das Boot. Adrenalin lebih dipaksa melesat ngeliat film-film perang model gituan. Tapi ternyata gue mengakui Civil War sebagai film superhero emang ga patut dicaci. Ga kayak Daredevil, Green Lantern, Man of Steel atau Batman v Superman yang agak bikin gue sakit hati.

Setelah nonton gue jadi tau Steve Rogers sama Tony Stark berantem gara-gara Tony ngata-ngatain Steve dengan menggunakan nama bokapnya pake gambar doodle. Padahal itu kan lagu lama. Harusnya Steve ga terpancing emosi internal kayak gitu. Kata-katain aja lagi. Dendam terbalaskan. Etapi ga sesimpel itu juga. Gue tegang selama di dalem bioskop nonton aksi Steve sama Stark. Gue bertanya-tanya: Siapa yang bakal mati, nih? Tony? Steve? Terus endingnya mereka ngapain? Bikin grup Whattsap apa gimana? Atau di akhir mereka bakal ujug-ujug baikan dengan secene yang ga sebanding dengan hancurnya kota kayak di Batman v Superman? Asli penasaran.

Semua ini terjadi gara-gara ada program pemerintah yang mengharuskan para superhero untuk ambil KB. Eh ngga deh. Maksudnya undang-undang di mana superhero ngungkapin identitas kepada pemerintah AS. Stark sih oke-oke aja, tapi Rogers ogah-ogahan. Katanya kalo identitas diungkap, takut privasi keganggu. Ada yang minta poto selfie lah apalah. Ribet. Nyembunyiin jati diri aja udah repot apalagi dibuka? 

Di situ lah terjadi perbedaan yang memicu konflik. Gue mah geleng-geleng kepala aja. Kagak bisa apa lewat jalur musyawarah aja agar tercapai mufakat? Ketauan banget nih dua orang kagak pernah makan buku tentang pendidikan kewarganegaraan. Payah.

Steve dengan penggorengan yang selalu dia bawa dan Stark yang tajir abis pemilik teknologi super makin berseteru. Penyebabnya? Ya itu tadi. Ngata-ngatain dan adanya undang-undang soal eksistensi superhero. Semua jadi sakit hati dan kota juga jadi korban. Gedung-gedung ancur. Jalanan macet. Alpamart tutup. Gue keringetan nahan pipis. Biasanya kalo lagi asik emang pantang ke jamban dan gue nyesel. Harusnya sebelum nonton gue bawa pispot atau pake pampers. Tapi ya sudahlah. Terlanjur seru jadi gue tetep lengket di kursi penonton. Dan ternyata biang keroknya emang Tony sih, bukan Dijah Yellow atau Bobby Kufaku.

Kembali lagi ke Civil War. Film ini memaparkan bahwa konflik internal emang jauh lebih bahaya dibandingkan masalah yang dateng dari luar. Sumbernya ada pada diri sendiri, bukan orang lain. Ga ada yang mau ngalah. Ujung-ujungnya putus terus gagal move on. Padahal yang salah bisa aja ego masing-masing dan keras kepala ga jelas. Justru itu yang paling bisa bikin semuanya kacau. Apalagi jika dua rival beda watak, beda pendapat, beda idealisme. Masih mending jenis kelaminnya sama. Coba beda. Pihak cowok pasti kalah karena cewek selalu benar. Ya Tuhan, selamatkanlah para lelaki.

Gue bisa bilang Civil War ini ga mengecewakan, sama seperti film Captain America sebelum-sebelumnya. Biasanya kalo udah sekuel, beberapa film malah anjlok dan ga punya taste lagi. Tapi Civil War ini beda. Oh ya, selain bermunculan tokoh-tokoh keren yang lain, Spiderman juga ambil bagian di Civil War ini, tetap dengan kostum ketatnya yang kalo gue bayangin gue yang pake, bakal terjadi perang sipil berikutnya yang ga kalah dahsyat. Spiderman ga pake seragam safari mentang-mentang judulnya perang sipil. Tadinya gue bakal heboh pas ada Tom Holland. Ternyata ga terlalu. Kenapa? Nonton aja. 

Buat yang suka film superhero dan ga mau nonton adegan kacangan, Civil War kudu masuk itungan. Keluar gedung bioskop gue puas, plong, kayak abis klimaks berkali-kali. Jadi, tunggu apa lagi? 

You May Also Like

26 komentar

  1. Yaps, akhirnya ketidakngertian gue terhadap film ini sedikit berkurang karena udah dijelasin di sini. Mestinya diceritain sampe abis aja, gapapa. Wkwk.

    Gue jg ga prnah nnton Captain America sblmnya. Jd, steve itu siapa? Tony siapa? Saya siapa?
    Oke, gak usah dijawab deh. Nanti stress.

    Jd konflik perkelahian 2 kubu ini ssungguhnya dimulai gegara ngata2in nama bapak? Zuper sekalihh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah ntarnya spoiler, bro. Iya itu tuh masalah sebenernya mah...gara2 ngata-ngatain kwkwkwkw

      Hapus
  2. Gue lebih suka cerita batman v superman, lebih dalem dan filosofis. Civil war gak buruk sih, cuma mungkin ceritanya kurang apik aja. Yang menjual dari civil war, cuma adegan dimana para superhero berantem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru kesel gitu sama Batman sama Superman. Endingnya ga banget kwkwkw. Malah ga ada taste Dark Knight di situ gara-gara yang amen si Affleck.

      Hapus
  3. gue yang ngikutin dari awal marvel cinematic universe mah puas banget pas keluar studio. Terbaik lah! gak kayak avengers age of ultron yang ntah kenapa gak sesuai ekspektasi gue. Yang bikin seru sebenernya sih blackpanther + spiderman. Karakter pendukung lainnya porsinya juga pas. Bangke bener lah marvel bikin film keren gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Film yang ini sesuai dengan ekspektasi gue. Tadinya justru khawatir ending atau alurnya ngebosenin, cuma bak buk bak buk doang. Ternyata ga cuma itu. Hahaa keren lah civil war

      Hapus
  4. Gue agak gak begitu paham sama film Marvel, Gue gak pernah ngikutin film Marvel soalnya.. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha sama nih bro, cuma penasaran aja jadinya nonton

      Hapus
  5. Klimaks berkali-kali sampe kelojotan gilakkkk.

    BalasHapus
  6. Memang zeeruuu abizzz...
    Padahal durasinya lumayan lama tapi karena saking serunya 2 jam terasa terlalu singkat..
    Apalagi nonton yg 3d..udah ruangannya gelap dikasih kacamata gelap pula..duduk di sofa empuk..dingin ngk kerasa karena dikasih selimut juga..pas tuan stark mulai sibuk berantem sama kept ame kita malah sibuk sendiri nahan kelopak mata yg makin berat biar ngk jatoh..
    Cuma ending nya aja yg kerasa nanggung karena ternyata tidur 2 jam itu ngk cukup gara2 dibangunin sama bocah yg masih takut sama bibinya yg di ujung cerita baru ketauan kalo bocah itu ternyata spiderboy..
    Mungkin judul aslinya pupil war tapi karena kurang keren makanya diganti jadi civil war...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang ini agak lebih oke dibanding film2nya Captain Amrik yg pertama sm kedua sih kata gue. Jadi ga percuma dah nonton hhahaa

      Hapus
    2. Tapi superhero bisa diadu domba..lebih mendidik si dora yg ngk peenah berantem sama si boot dan kawan2nya..
      Dan satu lagi..ko si tuan stank yg katanya superhero paling kaya tapi cuma perisai aja masih perhitungan sama si kept ame..padahal sama temen sendiri..hhahha

      Hapus
    3. Curiga kamu penggemar berat Boot sama Dora ini mah hahahaa

      Hapus
    4. Iya saya penggemar berat dora dan kebetulan saya temenan juga walopun udah lama ngk ketemu..
      Si dora itu tulisannya makin keren dan makin produktip aja..hhahha

      Hapus
    5. Ooh jadi kamu Boot? Atau si Peta?

      Hapus
  7. Kayaknya bukan gara-gara ngungkapin identitas deh, tapi lebih ke "menjaga kekuatan" supaya kalo abis berantem gak berserakan ke mana-mana. TAPI EMANG SERU ANJIR FILMNYA! MUAHAHAHA!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tp menjaga kekuatan dengan undang2 yang ditetapkan pemerintahnya itu yang jadi bikin debat kwkwk. Tapi bener Seru.

      Hapus
  8. wkwkwkwk udah nonton nih gua,, yang resep pas berantem di bandara, trus si spidermannya banyak bacot hahahay :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep makanan tradisional? Kwkwkkww

      Hapus
  9. Filmnya emang seru, dan gue suka banget. Di Civil War karakter favorit kakak apa? Kalau saya Captain America.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada yang gue favoritin ahahaha

      Hapus
  10. Kalo karakter yang bagus sih yang ant man itu keren banget.. :D,

    jangan lupa mampir ke blog ku ya kak http://anakUKDW.blogspot.com/ jangan lupa juga ninggalin jejak apa saja disana yaa :*

    BalasHapus