AADC2: PUAS GA PUAS

by - 20.14

Kepuasan itu nomor dua. Nomor satu adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Lalu selanjutnya baca aja sendiri. Pasti hapal. Kalo ga hapal, berarti kudu belajar sama Zaskia Gotik. Belajar goyang. Soal puas dan ga puas emang susah diungkapkan dengan kata-kata. Biasanya memang terpancar dari teriakan. Nah mumpung beberapa hari lalu gue nonton AADC2 yang diperankan oleh mantan gue yaitu Nicholas Saputra, maka kagak ada salahnya gue ngulas film yang satu itu.
Sebelum nonton gue sempet berantem sama cowok gue.

Pokoknya gue pengin nonton AADC2. Titit!

Titik, Gi! Titik!

Eh, iya itu maksudnya. Titik!

Civil War aja mendingan

Habis ADDC2 Civil War, oke?

Satu aja, napa.

Gue maunya dua! Yakult aja gue minum dua

Ga ada hubungannyaaaa!! Oke sekarang pilih aja deh. Civil War apa AADC2?

Oooh, nantangin? Oke. Jatah lu ntar malem gue hapus!

Lah kok gitu?

Take it or leave it

Cewek licik

Bodo

Itulah percakapan romantis antara gue dan si yayank. Sebagai cewek, tentu aja gue menang karena cowok emang ga akan pernah tahan kalo ga dikasih jatah. Jatah makan. 

Bicara soal AADC2, gue nonton hanya karena penasaran aja. Jujur gue ga terlalu suka film Indonesia. Gue sukanya film bok...eh ngga deh. Maksud gue, film-film Indonesia cuma dikit yang bagus. Sisanya silakan tanya sama mantan. Tapi semenjak ada kabar kalo AADC bakal ada sekuelnya, gue sama kayak sebagian besar masyarakat negeri ini. Penasaran. Sebenernya gimana kelanjutan kisah Cinta sama Rangga? Jadian? Batal nikah? Nggantung? Apa gimana?

Awalnya gue menerka-nerka kalo ending film ini bakal tragis. Ada beberapa opsi yang gue bayangin soal akhir film AADC2 ini.

Satu. Rangga akhirnya beneran pisah sama cinta. Di tengah jalan pas lagi baper sambil garuk-garuk selangkangan dia ketabrak odong-odong. Ternyata sopirnya cewek. Mereka lalu berantem, liat-liatan pake bekson dangdut murahan eh lama-lama naksir terus nikah.

Dua. Cinta ga jadi kawin sama Rangga karena Cinta keranjingan drama India Uttaran. Rangga ga suka film India. Dia sukanya film Thailand. 

Tiga. Rangga nikah sama Cinta pake adat Padang

Empat: Rangga sama Cinta jadian. Rangga jadian sama gue dan Cinta sama Edi Brokoli, temen sebangku Rangga semasa SMA.

Soal ending ternyata ga bikin gue terlalu puas. Jadinya gue rada galau. Tau kan kalo cewek ga puas biasanya uring-uringan? Gue juga gitu. Satu-satunya yang muncrat dari mulut gue cuma: Oooh gitu. Jadi Cinta sama Rangga itu....tonton sendiri biar tau.

Menurut gue AADC pertama udah cukup dan ga usah dibikin sekuelnya lagi. Ada sesuatu yang justru memuaskan ketika di AADC pertama kita dibikin kesel akibat Rangga yang tetep pergi ke Amrik daripada batal berangkat demi Cinta. Kisah mereka yang terhenti menyisakan pertanyaan yang justru persepsi kelanjutannya bisa diciptakan oleh masing-masing penonton. Keputusan Rangga ke Amrik pun udah betul. Masa bokapnya sendirian di Amrik? Terus masih SMA Cinta sama Rangga pastinya blom bisa nikah. Kerja aja blom punya. Emang ntar mau dikasih makan apa? Batu akik? 


Di AADC2, ada beberapa yang gue rasa, ga sekuat AADC pertama. Ekspresi dingin Rangga udah agak berkurang. Mungkin gara-gara global warming jadi agak meleleh. Cinta makin cantik, bikin para cowok ngayal jorok habis keluar bioskop. Milly tetep lucu, Muka si Maura tetep seksi, dan Karmen gagal gabung menjadi pemaen basket bareng Tetsuya Kuroko dan Kagami Taiga. 

Tapi banyak juga yang bikin gue kagum soal film ini. Soundtrack dan puisi di film ini masih legit menggigit. Pantes lagu-lagunya oke soalnya digarap apik oleh Melly Goeslaw, bukan Andika Kangen Band. Lagu Ratusan Purnama-nya Melly, buat para cewek pasti bikin baper. Atau Bimbang punya Melly yang diaransemen ulang sama Goodbye Felicia & Stephanie Poetri. Taste-nya masih kayak AADC pertama, tapi dikasih bumbu yang bikin lagu ini lebih dinamis dan anak muda banget.

Di tengah-tengah pelem, gue makin antusias. Penonton depan gue juga antusias pelukan sama ceweknya. Habis itu mereka ga fokus. Gue juga ga fokus karena disuguhi adegan syur di tengah film AADC2 yang bersih dari pornografi, palingan cipok basah doang. Terus gue noleh dan ternyata pacar gue malah tidur. Payah. 

Yank, bangun ih. Ini pelemnya seru tau
Hoahmm...ah palingan tokoh utamanya mati. Kalo udah kelar bangunin ya?

Gue lanjut nonton lagi dan disuguhi puisinya Rangga yang masih nempel di ingatan tapi bikin gue sebel.

Lihat tanda parkir itu
Jurang antara kebodohan dan keinginanku
Memilikimu sekali lagi

Halah Ranggaaa...sok-sokan pengin milikin lagi. Bertaun-taun elu ngapain aja di New York sampe ga sempet ngabarin? Jualan bajigur?

Satu lagi yang bikin gue makin jengkel adalah dengan entengnya degan Cinta dan Rangga kebetulan ketemu di Jogja terlalu klise. Coba ketemunya di pasar Tanah Abang gitu. Rangga lagi jualan baju koko grosir sedangkan Cinta pembeli yang lagi nego harga sambil gendong anak hasil pernikahannya dengan entah siapa. Jadi inget pas gue ketemu mantan secara kebetulan. Tapi ga cipika cipiki atau saling nraktir tahu bulat. Itu terlalu mainstream. Ah, tapi adegan-adegan di Jogja jadi bikin gue pengin kembali ke kota itu. Jogja adalah salah satu kota favorit gue, dengan makanan angkringan super murah, taman pintar dan suasana hangat.  

Over all, film AADC2 bisa dibilang ga sia-sia untuk ditonton karena cukup bagus dan menjawab pertanyaan yang ada di benak orang-orang. Penonton pasti memang pengin tau akhir dari cerita Cinta dan Rangga itu gimana ya, kan? Di sini, semua terjawab, beda dengan di AADC pertama yang endingnya masih ganjel. You know, yang ganjel itu biasanya emang ga enak. Yang enak mah minum sirop tengah hari bolong. 

You May Also Like

6 komentar

  1. Jadi pemilik blog ini sebenernya cewek apa cowok ?
    oke gue jadi penasaran nih abis baca review ini, apa bener selama ini rangga di newyork jualan bajigur, semoga di film AADC 2 ini saya menemukan jawabannya. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm buktikan sendiri dengen menontonnya. Kwkwkwkw

      Hapus
  2. gi, sumpah ini aku bingung komen apaan hahahaha, itu si Rangganya ke Amrik cuman ninggalin si cinta, kasian amat sih, jujur aja aku ga updet film indo 😜 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ciiin gue juga ga apdet2 amat kalo film indo. Ini pas kebetulan aja lagi heboh hahaha latah dah nonton juga

      Hapus
  3. gi, sumpah ini aku bingung komen apaan hahahaha, itu si Rangganya ke Amrik cuman ninggalin si cinta, kasian amat sih, jujur aja aku ga updet film indo 😜 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha komennya dua kali iniiii

      Hapus