TRAGEDI MAKHLUK DALAM TAS

by - 19.14

Meski sudah menyandang status sarjana, gue masih suka nonton Tom and Jerry. Dan pas nulis ini gue masih ga ngerti apa korelasi antara mahasiswa yang udah lulus dengan nonton kartun. Tapi yang pasti, di kartun itu Tom didapuk jadi tokoh antagonis, sedangkan Jerry jadi peran baik yang selalu mempecundangi Tom. Padahal kadang Tom ga selalu usil. Cuma kurang beruntung aja. Kayak jomblo. Meski ending dari kartun ini mengenaskan, gue baru sadar kalo harusnya yang jadi tokoh baik itu Tom dan bukan Jerry.

Di kartun tersebut, Jerry itu imut. Kulitnya coklat karamel, warna kulit yang paling gue demen dari seorang cowok. Ekspresi mukanya lucu dan ngegemesin. Sayang banget itu cuma film. Asliya, Jerry yang notabene tikus adalah makhluk yang ga pernah gagal bikin gue nangis. Persis kayak mant....oke skip.

Ngomong-ngomong soal Tom and Jerry, gue jadi inget kejadian beberapa taun lalu. Gue nginep di rumah sepupu di daerah Cimahi. Rumah itu termasuk rumah baru. Dua lantai, minimalis, bercat putih, ada jamban dan gentengnya. Gue seneng tiap kali nginep di situ. Gratis. Tiap gue nginep, sepupu gue biasa mengadakan pesta piyama biar kayak orang-orang meski personilnya cuma dua biji. Tenang aja, ga ada acara mabok-mabokan minum bensin atau ngundang makhluk Mars ke rumah, cuma pake piyama terus nonton pelem sambil ngemil dan ditutup dengan ngobrol sampe hampir subuh. Habis subuh tidur. Begitulah kira-kira cewek kalo lagi happy. Kalo lagi sedih biasanya nimba aer sambil nangis.

Ceritanya sore hari sepupu gue pamit untuk beli cemilan. Kami pelukan dulu dan gue doain biar dia selamat sampai tujuan. Yah siapa tau kan dia keserempet cowok ganteng yang lagi naek otopet? Kan takdir mah kita kagak tau. Gue jadi sendirian. Ortunya sepupu entah ke mana. Ditelan Picollo atau apa gue ga tau. Yang jelas cuma ada gue berdua sama sepupu, sebut aja Kiki. Secara Kiki lagi melesat, gue langsung ganti piyama. Sengaja gue pakenya piyama dan bukan lingerie. Bahaya. Kasian orang yang ngegep, bisa-bisa matanya jereng ngeliat gue dengan akumulasi lemak tak terhitung pake kostum amat sangat terbuka kayak gitu. 

Setelah ganti piyama lalu nyalain laptop, gue perhatiin tas gue gerak-gerak. Seinget gue emang resletingnya kebuka, karena gue habis ngeluarin baju-baju gue yang gue taruh di kasur dan lupa gue tutup kembali. Gue jadi inget insiden kakak senior di kampus yang lupa ngeresletingin jeansnya dan gue jadi saksi bisu atas peristiwa tersebut. Tas gue masih gerak-gerak. Gue mencoba untuk ga suudzon karena kata pak ustat suudzon itu ga bagus. Yang bagus itu ngasih perhatian sama marbot mesjid. Gue rada keder saat itu, nebak apa yang menyebabkan tas gue gerak-gerak. Ah, paling cicak atau kecoa.

Dengan langkah ngesot gue ambil tas yang ada di lantai. Gue buka dan...

Huwaaaaaa.....!!!

Gue salto depan salto belakang sambil teriak. Sesosok makhluk loncat dari tas gue! Dia kecil. Panjang. Berbulu. Bermoncong. Dia sering dijadiin kelinci percobaan di laboratorium karena DNA-nya yang paling mirip DNA manusia. Iya. Dialah tikus. Tikus super jijay dan dia daritadi ada di dalam tas gue. Tas gue!! Kenapa bukan sapi aja , Ya Tuhaaaaan?

Setelah loncat si tikus sembunyi entah di mana. Yang pasti dia masih ada di kamar tempat gue tadi ganti piyama. Gue gemeter. Jantung gue deg-degan tapi gue bersyukur. Kalo deg-degan kan artinya masih idup. Tapi tubuh gue masih bergetar gara-gara kejadian itu. Tikus adalah makhluk yang paling gue benci. Gue lebih milih nangkep kecoa terbang atau meluk tiang listrik daripada harus berhadapan sama tikus. Nyali gue langsung ciut kayak cowok lemah syahwat. Ya ampun apa yang harus gue lakuin???

A. Nyuci sempak
B. Makan nasi uduk
C.Nonton tipi
D. Nelpon polisi
E. Pura-pura mati

Gue bingung. Opsi-opsi di atas sama sekali ga bikin gue nemu solusi. Gue pun berencana minta tolong sama tetangga. Gue ketok pintunya karena bel rumahnya ketinggian. Tangan gue kagak nyampe. Begitu pintu dibuka, muncul cowok kece. Alhamdulillah.

Bang, maaf mau minta tolong

Ada apa ya?

Tolong ke kamar saya, bang.

Sompreeeeet!! Kalimat gue salah! Gini nih kalo panik. Lidah suka keselipet dan mengatakan hal-hal ga becus. Si abang yang gue taksir umurnya sekitar 25 taun itu langsung kaget. Sore-sore didatengin cewek dan minta dia ke kamar. Gue ngutuk diri saat itu juga. Kenapa kalimatnya vulgar amat? Kenapa ngga:

Bang, tolong...periksa kasur di kamar saya.

Harusnya kan gitu! Gue emang bego! Bego!

Untung si cowok sempet nanya ada apa, ngga langsung mikir macem-macem. Gue bilang di kamar gue ada tikus dan minta dia nolongin karena dia tetangga sebelah rumah meski gue ga kenal. Untuk menghindari amukan warga, gue minta nyokapnya si cowok untuk ikut. Lumayan selagi tikusnya diburu gue ngerumpi asik sama buibu. Kebetulan mau gue tanya apakah si ibu suka ngesen kanan belok ke kiri tiap kali bawa motor.

Seperti yang gue duga, si cowok emang jantan. Dengan tangan kosong dia mampu menangkap tikus kampret itu. Sebelum dibawa pergi, dia nunjukkin si tikus depan muka gue. Pengin banget gue nimpuk tuh orang pake kursi ruang tamu. Dia malah senyum-senyum ga jelas dengan muka bersemu merah. Tapi gue berterima kasih. Si cowok dan ibunya pergi. Ah, rezeki anak sholeh emang nih. Lagi kena musibah ada yang nolongin. Gue tepok jidat. Kenapa ga sekalian gue minta nomor hape tuh cowok? Kalo ada tikus lagi, kan bisa minta tolong dia lagi. 

Gue senyum-senyum sambil kembali ke kamar. Gue tutup pintu, berbalik dan langsung kaget. Anjir!! Sempak berenda yang gue taruh di atas kasur blom gue beresin! Aaaaaaaahkkkk!!






You May Also Like

2 komentar