PRINSIP EKONOMI JOMBLO SEJATI

by - 19.39

telor hemat 

Kata siapa jomblo kerjaannya cuma ngitung upil dan ngepel mushola? Siapa yang bilang kalo jomblo cuma bisa nyusahin karena ga punya prinsip? Itu salah besar, guys. Malah nih, prinsip hidup jomblo dan aplikasinya sama edan dengan prinsip ekonomi yang diprakarsai oleh mahasiswa-mahasiswa yang sehari-harinya penuh dengan perhitungan. Bedanya, jomblo memodifikasi prinsip-prinsip ekonomi yang udah ada menjadi prinsip baru yang jauh lebih revolusioner.


Jomblo sejati ga akan mungkin membiarkan jiwanya kopong akibat ga punya esensi. Sebagai anak muda inovatif, para jomblo biasanya justru penuh dengan filosofi. Mau tau apa aja prinsip ekonomi ala jomblo? Nih gue kasih bocoran.

NO TRADE OFF ALIAS GRATISAN

Kalo tiap orang diperbudak “ga ada yang gratis di dunia ini”, lain halnya dengan jomblo. Prinsip trade off ga ada dalam kamusnya. Kegratisan masih berlaku. Contoh: nyeduh indomie di kosan mantan. Selain gratis, bisa sekalian nostalgia ngomongin masa lalu, ngomongin betapa indahnya masa-masa pacaran sebelum si mantan dengan teganya selingkuh dan keputusan pahit pun harus diambil. Kalo mantan ga setuju jomblo nyeduh indomie dengan gas gratisan kompornya dia, masih ada cara lain. Pura-pura pingsan di kelas. Biasanya digotong ke UKS terus dikasih teh manis anget dah. Gratis!!


Berpikir irasional

Jomblo ga kebanyakan mikir. Mikir dikit aja langsung meriang. Biasanya prinsip ekonomi yang ada di negara ini berdasar pada bagaimana memutuskan suatu hal secara rasional. Kerja apa lanjutin s2? Kalo kerja dapet duit, tapi gelar cuma s1. Lanjutin s2, kemungkinan dapet kerjaan yang lebih joss bisa terjadi tapi duit buat kuliah dari mana? Berpikir rasional adalah pedoman para ekonom. Tapi beda dengan jomblo. Mencoba berpikir irasional karena ingin jauh dari kata mainstream. Kerja apa kuliah s2? Jawabannya? Beresin s1. Kan blom kelar. Padahal udah limit nih, 6 taun. Irasional banget dah pokoknya.


Hemat bin ekonomis

Sebagai jomblo anak rantau, sudah selayaknya hidup prihatin. Pagi minum energen, siang rendang dalam bentuk mie instan, malem promag dipotek setengah plus aer dispenser hasil mengiba pada ibu kos. Pergi ngampus jalan kaki, pulang nebeng temen yang jalannya searah, pas bobo matiin lampu dengan kostum kaos singlet dan boxer. Prinsip hemat sejahtera dan sangat ekonomis ini memang ga semua jomblo tahan menjalaninya. Tapi jomblo kuat biasanya mampu menyelesaikan tantangan ini sampe wisuda.


Membuat skala prioritas
   
Bagi jomblo, priorotas utama adalah hati. Mereka putar otak gimana caranya biar meski hati menjerit akibat digerogoti kesepian dan kesunyian tapi masih bisa bertahan hidup dengan penuh senyuman. Jomblo pun biasanya bikin daftar prioritas di mana tujuan mereka fokus pada hal-hal yang emang jauh lebih penting. Dibanding pacaran yang menguras emosi, prioritas mereka adalah bagaimana bisa tetep makan enak di akhir bulan. Dibandingkan pacaran yang isinya kebanyakan drama dan aer mata buaya, mereka lebih memilih sendiri karena mandiri. Makan ga usah diingetin seseorang. Perut bunyi udah bisa dijadiin alarm. Sebelum bobo ga apa-apa kalo ga ada yang ngucapin selamat tidur. Ntar ngantuk dateng sendiri, kok. Jadi ga usah repot juga ngabisin pulsa atau kuota untuk bales ucapan met bobo ya, kan?

Tawar Menawar Ala Jomblo 

Pokoknya gue mau nih barang semua harganya seribooo!
Prinsip ini biasanya diterapkan pada prinsip distribusi agar tidak terjadi defisit yang melilit. Soal tawar menawar, jomblo bisa disetarakan dengan buibu yang sukanya ngotot pengin dapet harga murah dan langsung ngiler kalo liat barang diskonan. Jomblo jago menawar harga sampe angka terendah agar isi dompet mereka ga terlalu banyak terkuras. Banyak alasan mengapa jomblo wajib menawar harga setiap kali mereka hendak membeli sesuatu. Transferan blom cair, utang ke sana sini blom nulas, blom mempersiapkan duit buat bayar kosan sebelum ditendang keluar. Tawar menawar pun biasanya berlangsung alot. Pedagang ga mau ngasih, jomblo ga mau ngalah. Tapi jomblo biasanya jarang ada yang nyerah. Demi kehidupan hemat, apapun bakal dijabanin.


Prinsip ekonomi itu banyak, tapi menurut survei, prinsip-prinsip di atas lah yang paling sering diaplikasikan jomblo di dalam kehidupannya. So, ga ada salahnya mengapresiasi usaha jomblo yang luar biasa mengagumkan itu. Mau coba juga?

You May Also Like

6 komentar

  1. Salut banget sama jomblo. Apa mau didoain supaya cepet dapet pacar?

    BalasHapus
  2. Tenang saja kang JOMBLO itu manusia biasa kang dia tidak akan gigit kok ... xixixi

    BalasHapus