TIPE-TIPE MEMBER GRUP WASSAP

by - 16.19

Zaman sekarang udah canggih. Mau kopdar? Reuni? Silaturahim? Atau sekalian ngedate? Gampang. Pake chat via ponsel aja, yang bisa ngumpulin berpuluh bahkan beratus orang di satu akun. Sebut aja salah satunya wassap. Gue punya beberapa grup wassap yang seru abis. Sisanya garing dan nyebelin. Tapi seseru apa pun, isinya pasti macem-macem. Ga hanya orang yang nyenengin, ada juga yang bikin keki, selain diri sendiri tentunya.

Biasanya grup chat ada untuk memudahkan orang berkomunikasi. Grupnya juga macem-macem. Grup kampus, komunitas, keluarga, de el el. Biasanya gue lebih fokus sama grup kampus dan grup komunitas yang orang-orangnya ga gengsi buat blak-blakan, ga nyolot atau ngejudge dengan dalih agama. Suer, itu bikin gue males buat nimbrung. Setelah gue baca beberapa artikel tentang orang-orang yang bakal ditemui kalo punya grup wassap, gue nemu banyak banget tipe yang memang ada dan nyata. Kayak gini nih:

Admin super kece

Admin itu termasuk anggota juga. Di grup wassap kampus gue, adminnya super kece. Di mana grup yang tadinya kayak kuburan bisa diubah jadi kuburan yang di sampingnya ada tukang jualan. Rame. Ada aja caranya biar percakapan jadi heboh. Biasanya hal-hal apdet dijadiin tema grup Misalnya pas akhir-akhir ini AADC2 trailernya udah muncul, tiap member dipancing untuk bikin obrolan kocak tentang AADC2. Endingnya, plotnya, sampe meme-nya. Tapi ada admingrup  yang cuma admin aja. Ga ngapa-ngapain. Ga bikin grup rame. Grupnya jadi biasa aja. Iya. Biasa aja.

The Mesum Ones

Di tiap grup wassap pasti manusia yang kayak gini selalu ada. Kerjaannya ngobrolin tema 17+. Ga ada hari tanpa ngomongin JAV atau kalimat stensilan. Bagi grup yang ada member "sholeh or sholehah"-nya, orang kayak gini bisa aja dianggap ga bener. Padahal jujur, gue ga abis pikir dengan pola pikir orang yang seenak jidat ngecap orang layaknya dia Tuhan. Terus dia sendiri udah bener? Heloooow. Aneh aja. Beda kalo orang-orangnya nyantai dan bisa ngeliat dari sudut lain apa yang sedang diomongin. Misalnya dari segi kesehatan reproduksi. Think simple is easy.

Silent Reader

Biasanya si silent reader ga ikut nimbrung karena beberapa alesan. Males karena ada member yang ga disukai muncul, males karena yang ngobrol cewek semua sedangkan dia cowok sendiri yang lagi on, sibuk, ga sempet ngikutin obrolan, atau gara-gara yang diomongin kagak nyantol sama sekali di otaknya. Daripada salah nimpalin mendingan diem. Gue pernah gitu. Elo juga, kaaan? Hayo ngakuuuu...!

Mario Teguh Wannabe

Model kayak gini ga bakalan punah. Pasti selalu aja ada satu atau dua orang di grup wassap yang kerjaannya ngasih motivasi. Motivasi biar nikah muda, dapet pasangan, motivasi dapet kerja atau berkarya. Bagus banget, cuma kadang ada yang ga liat-liat sikon, jadi jatohnya malah nyebelin dan terkesan menggurui. Nyepik emang jauh lebih gampang daripada temenan lagi sama mantan. Bukankah begitu?

Miss and Mister Baper 

Tiap nongol pasti curhat. Tiap nongol pasti bawaannya lebay. Tiap muncul entah kenapa aura grup jadi lesu dan ga bergairah. Entah mungkin gara-gara kurang piknik jadi setiap hal sepele pun digedein. Ga diperhatiin sama anggota yang laen? Baper. Ga punya duit? Baper. Omongannya ga ditanggepin? Baper. Ditikung temen? Baper. Nah, yang gini gue dan elo pasti pernah jadi pelakunya. Mari kita akui, sob. 

Miss and Mister Left

Ini akumulasi dari kebaperan yang ditumpuk lama. Kadang cuma gara-gara hal kecil langsung left tanpa diskusi langsung sama admin grup. Orang kayak gini biasanya masuk kategori sensi. Satu hal kecil dia ga suka dari grup, langsung keluar tanpa basa basi. Kalo ada yang left gitu, biasanya member grup terbagi jadi beberapa kubu.

Kubu satu biasanya yang langsung respon dan emang sedih anggota grupnya berkurang. Kayak gini, nih:

Kok Siti left?? Kenapa?

Iya ih kenapa? Sayang banget padahal udah lama gabung. Coba bujuk lagi yuk

Kubu dua biasanya yang cuma ikut-ikutan kaget padahal ga kenal sama yang left. Bentuknya gini:

Ya ampun kok left? Kok bisa? Eh siapa sih yang left?

Kubu terakhir biasanya sebodo amat kalo ada yang left. Ga kenal dan ga suka sama orang sensian. Bentuknya biasanya ga ditunjukkin di kolom chat, tapi di dalem hati doang.

Pak Ustat

Sukanya dakwah, nyebarin hadits dan kata-kata mutiara islami. Tapi kadang suka salah lapak. Gue punya grup yang isinya ga cuma muslim, tapi dari berbagai bekron agama dan kalangan. Kalo model ginian masuk, bukan ga mungkin malah bakal terjadi perpecahan. Zaman sekarang orang biasa pake peci aja udah memproklamirkan diri sebagai ustadz. Padahal kalo diartiin ke bahasa endonesah, ustadz itu ya guru, beda sama alim ulama. Gue lebih milih grup yang di mana semua anggotanya bisa terbuka dan nyaman. Tiap ga nyaman langsung diomongin saat itu juga. Tapi ada beberapa grup yang ketika tukang dakwah muncul, ga ada yang protes. Ntar dicap dosa. Hihihi.

 Miss and Mister Info

Kerjanya apdet foto makanan dan tempat-tempat kece. Bagi grup yang emang pada deket secara personal dan haus akan info kuliner dan spot-spot lucu, anggota yang gini selalu ditunggu. Tapi bagi mereka yang ga terbiasa, bakalan nganggap info tersebut sebagai ajang pamer. Manusia emang gitu, ya? Maju salah mundur salah. Tapi jangan salah. Selain emang yang murni pengin ngasih info, ada juga yang sukanya pamer biar ditanya: 

Ihhh lucuuu tempatnya. Itu di mana? Itu kok ada souvenirnya juga?

Di Jimbabwe. Kebetulan sepupu gue ke sana mau ziarah ke makam Nelson Mandela

Ih keren bangeeet. Mau dong boneka voodoo nyaaa...

Di dalam hati: Yes...pada tertarik semua dengan apa yang gue posting.

Well, dude. You make it!

The Funny ones

Grup yang nyenengin itu biasanya yang terbuka soal jokes apapun. Ga ada hari tanpa ketawa. Lelucon apapun bisa diterima. Tapi ga semuanya. Ada grup yang ketika kita kasih meme atau jokes, yang ada cuma bunyi jangkrik. Krik...krik..krik...lalu hening. Entah mereka yang ga pernah nonton stand up comedy, terlalu alim, atau yang ngasih jokes salah lapak. Ternyata iya. Dia ngasihnya ke grup yang isinya anggota majlis ta'lim Mamah Dedeh. Pantesan.

Si Easy Going

Tipe ini adalah member yang bisa berbaur ke semua orang, ke semua obrolan dan bisa deket sama siapa aja. Ga terpengaruh dengan apa yang terjadi, dia tetep jadi orang yang eksis tapi ga nyebelin, juga aktif dan jarang berdebat dengan anggota member laen. Yang kayak gini biasanya langka. Kayak anoa. 

Tukang Share Foto dan Suara yang Donlotnya Lama

Ini termasuk member yang bikin gue sebel. Tiap kali nongol kerjaannya ngasih donlotan suaranya dia sendiri. Entah pengin dibilang bagus atau apa gue ga tau. Apalagi yang ngeshare foto lalu kita diminta jawab foto dari film apakah itu? Pas kita nyerah ga bisa jawab, malah dia sendiri yang jawab. Super aneh. Orang kayak gini bagusnya emang dibina. Dibinasakan.

The Emotes

Ada topik yang lagi diobrolin. Panjang. Lama. Member yang ini tiap komen cuma emote. Gue curiga dia kagak bisa ngetik. Ada yang kayak gini ga?

Debaters

Tukang debat akan selalu ada di setiap grup dan biasanya selalu pengin menang sendiri. Argumennya ga boleh dibantah seakan cuma dia yang bener dan yang laen salah. Apa yang dia share kudu diiyain. Kalo ngga, bakal dicekokin dengan pendapat-pendapatnya yang super absurd biar semua orang menerima. Yang ga terima pastinya protes dan debat pun berlanjut sampe beberapa episode. Epik!

Grup wassap selalu punya kelebihan dan kekurangan. Tapi bener-bener bisa bikin kita nyaman kalo kita tau grup mana yang paling klik dengan kita. Jangan salah pilih. Milih grup wassap bisa jadi batu loncatan buat milih jodoh. Ga usah gabung kalo emang ga nyaman. Tapi kalo mau dicoba dulu, silakan. Langkah selanjutnya? Terserah. Mau stay, or out.

Ada yang mau nambahin?



You May Also Like

4 komentar

  1. udah lengkap kalo menurutku mah hehe. Tp mario wannabe sama pak ustad mirip mirip lah ya,. sama sama ceramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma pak ustad lebih garang....beda pendapat dikit kita dikata dosa wakakakak

      Hapus
    2. Hai cewe cantik nan anggun, lam kenal yaww
      Bukan buat loe Gi, jangan Ge eR, buat yang di atas loe.

      Hapus