RUMAH NENEK GUE ADA ANUNYA

by - 21.20

Judulnya ngga banget, yak? Anunya. Ada apa dengan anunya rumah nenek gue? Nyok ah crot!
"Cu...nanti nginep di rumah Eyang, yak?"

"Ng....iya, Eyang..."

Tiap kali nenek gue minta gue nginep, sebenernya ada rasa enak ga enak. Enaknya tuh rumah nenek gue gede, dua tingkat, kamarnya banyak, dan gue bisa bebas maen petak umpet di situ. Di sana gue boleh lakuin apa aja. Mau apa-apa tinggal minta dan supermarket gede ga jauh dari rumah. Ga enaknya, udah sejak lama rumah nenek gue punya aura kayak tempat syuting Uka-Uka, Dunia Lain dan Jejak Paranormal. Dan kabar terburuknya, gue adalah manusia penakut. Amat sangat penakut.

Rumah nenek gue emang dulunya rumah orang Belanda yang udah dirombak beberapa kali alias banyak ngalamin renovasi. Temboknya yang buluk aja dicat ulang entah berapa kali. Paling bentuk jendela doang yang masih sama. Sayang gue ga punya fotonya. Tapi kalo diilustrasiin, rumah nenek gue kayak gini tapi dua lantai:
Sekarang tuh rumah udah dijual dan nenek bangun rumah baru di kawasan Cimahi. Di rumah nenek yang arsitekturnya Belanda itu, tepatnya di ruang tengah, tipi ga pernah berenti nyala, tengah malem pun om-om gue masih pada mantengin dan ketiduran di depan tipi itu. Sekalinya dimatiin, suasana sepi makin kerasa. Kakek gue udah lama meninggal saat gue berumur 5 taun gara-gara stroke. Jadi di rumah itu cuma ada nenek, tiga orang om gue yang waktu itu blom pada merit, satu sopir dan dua mbak-mbak yang bantu-bantu. Rumah nenek kagak pake AC, secara Bandung udah dingin. Tempat yang paling gue hindari di rumah nenek adalah area belakang di mana kalo mau ke sana gue harus nyusurin koridor sepanjang empat meter. Sepi. Serem. 

Nenek gue siang-siang biasanya dengerin sandiwara di radio kesayangannya. Sedangkan gue biasanya duduk deket beliau sambil baca buku dan nyemil. Suatu hari pas gue SMP, gue nginep selama tiga hari di rumah nenek. Gue inget banget itu hari Kamis jam 9. Gue nonton tipi sambil makan es krim. 

"Ceu, kok ngelapin bufet? Bukannya tadi pagi udah?" tanya gue saat ngeliat Ceu Entar depan gue.
Ceu atau euceu adalah panggilan nonformal buat orang yang lebih tua. 

"Elaah ya udah sini aja nonton bareng."

Ceu Entar orangnya pemalu banget, tiap gue ngomong pasti cuma senyum doang. Hadeeh.
Lama-lama gue ngantuk. Gue ketiduran. Bangun-bangun jam 11. Anjir pagi-pagi malah tidur. Gue bangun, ngulet, dan nyari penghuni rumah. Mang Dede lagi bersihin mobil. Ceu Sumi lagi masak buat makan siang. Gue bosen. Gue lalu nyamperin nenek gue di kamar. Gue liat nenek gue lagi ngaca sambil pake baju baru. Lagu-lagunya tuh baju mau dpake ke kondangan. Kondangan mantannya.

"Eyang...temenin nonton tipi yuuu..."

"Eyang lagi milih baju, Cu. Minta Ceu Sumi aja ya.."

"Lagi masak. Lagian Ceu Entar malah ninggalin."

"Loh, Ceu Entar lagi pulang kampung, Cu...lusa baru pulang."

Lah yang tadi ngobrol sama gue siapa??

Glek!

Gue nelen ludah. Gue merinding. Bulu roma gue berdiri. Bulu-bulu yang laen juga. Sempak jadi berasa ga nyaman. Sial gue takuuuuut. Tapi gue ga bilang apa-apa sama nenek gue. Dulu nenek emang pernah bilang kalo ada yang aneh di rumah jangan dianggep. Tapi berhubung gue penakut, setelah kejadian itu gue kagak mau bobo sendiri. Gue minta bobo sama nenek gue. Muka Ceu Entar yang entah itu Ceu Entar asli apa bukan masih kebayang sampe malem. Senyum malu-malu. Anjaaay napa gue ga bisa tiduuuur???

Kejadian aneh jadi lebih sering gue alami di rumah itu. Mau ga mau akhirnya gue buka mulut. Misalnya ada suara cekikikan yang berasal dari ruang baca dan ga ada orang di sana, ada orang nangis tapi sayup-sayup, juga kadang ada barang gue yang pindah-pindah. Tadinya di kamar, tau-tau di ruang tamu. Tadinya di meja belajar ga ada apa-apa, tiba-tiba ada bunga. Serius, buat penakut hal-hal kayak gitu sukses bikin pipis di celana.

Gue ngadu sama nenek. Ga tahan tiap kali nginep gue selalu aja ketakutan. Nenek gue bilang emang yang kayak gitu udah ga asing lagi sejak keluarga nempatin rumah itu. Untungnya meski takut, nenek gue selalu nemenin. Kalo ngga, gue terpaksa melambai ke kamera. Gue nyerah. Gue nyerah!!

You May Also Like

29 komentar

  1. Pikiran pertama gue waktu baca anu... eh, sudah lah.

    BalasHapus
  2. Anjirrr, serem sih tapi untung gue bacanya pagi-pagi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha hayooo penakut juga yaaaa?

      Hapus
  3. rumah nenenknya asri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bandug masih banyak banget model rumah kayak gitu bang..sampe sekrang masih banyak

      Hapus
    2. ow gitu... kapan main ke sana deh. guidenya kamu yah

      Hapus
    3. Lah udha dijual..kan gue tulis tuh pegimane sih

      Hapus
  4. yehh kalah sama nenek nenek nih haaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriusan takut gue. Ga berani tidur sendiri kalo nginep di rumah eyang gue. Serem hahaha

      Hapus
  5. kirain anu2 apa. ternyata nyeritain anunya hantu ya.
    oh iya, kan itu rumah bekas jaman belanda noh, pasti anu hantunya juga gede2, secara belanda punya gitu..




    eh, anu dijudul itu maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wedeeeh si abang rmang tau anunya Belanda kyk gmn? hahaha gabtau, judulnya kepikiran gt aja..daripada ga ada judulnya ya kan? ahahah

      Hapus
  6. hmm kalau model rumahnya emang kek gitu sih ane mah suka, adem aja gitu liatnya. pokoknya rumah-rumah yang modelnya dari jaman dulu itu keren menurut ane. wah tapi sayang yah udah di jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang...adem tp emang kebanyakan agak horor gt. Auranya beda kl tmh bekas belanda mah

      Hapus
    2. nah itu yang menjadi salah satu daya tariknya juga mb, dan menurut ane itunya juga yang membuat sedikit lebih adem selain struktur bangunannya

      Hapus
    3. Nah bener. Seingat gue, emang adem bangt mana Bandubg dingin jadi makin dingin

      Hapus
  7. kirain gue anu itu, anunya./.... ah syudahlah

    BalasHapus
  8. lah serem yaa (/,\)
    padahal model rumahnya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya rumah kek gitu serem2. Rumah tante gue jg bentuknya gitu serem jg aneh pokoknya

      Hapus