KSATRIA BAJA HITAM VS ULTRAMAN

by - 18.55

Ksatria Baja Hitam dan Ultraman adalah serial Jepang yang jadi idola anak-anak taun jebot. Tapi meski sangat terkenal, Ksatria Baja Hitam dan Ultraman ternyata ga beken-beken amat. Buktinya Justin Bieber kagak tau dia mereka berdua. Tapi sama sih, gue juga ga kenal sama Justin. Lebih tepatnya, dia yang ga kenal gue. Okesip.

Ksatria Baja Hitam dan Ultraman disebut Tokusatsu. Kalo di negara kita mah sejenis serial gitu. Udah lama mantengin Waku-Waku Japan, gue baru liat lagi serial dengan tokoh utama Kotaro Minami dan Daigo ini. Jujur, dari sekian banyak seri-seri Ultraman, yang paling gue demen adalah Ultraman 3, karena gue emang ga nonton seri yang lain. Meski pas udah gede gini tau bahwa apa yang terjadi di serial-serial itu bullshit semua, tetep aja gue masih kagum bin takjub pas ngeliat Kotaro berubah jadi Ksatria Baja Hitam, Baja Hitam RX, lalu bertransformasi jadi RX Robo dan RX Bio. Gue juga masih bilang wow pas Daigo mencet tombol pulpen terus berubah GEDE. Jadi Ultraman tentunya. Masa jadi lemper?

Disamping kagum, nonton serial-seral ini bikin gue geleng-geleng kepala. Beda dengan Ultraman yang pas berantem sama monster raksasa semua warga Tokyo tiba-tiba raib, di Ksatria Baja Hitam justru gue ga nemu satu pun warga di situ. Sepi. Ga tau pada ke mana. Tiap berantem pasti di lapangan, deket gunung atau kebon. Gue salut sih sama Kotaro dalam pemilihan tempat bertarung. Ga ada gedung ancur, ga ada rumah yang diinjek monster atau pohon-pohon yang kebakar. Bayangin berapa YEN yang kudu dirogoh dari atm buat membayar semua kerusakan itu. Dan gue juga curiga Ultraman ga pernah bisa bayar. Tiap episode ancur mulu gedungnya. Pasti mahal.

Kotaro dan Daigo sama-sama ganteng. Baju yang dikenakan cukup ikonik. Pantesan kakak gue ngebet pengin beli baju kayak Kotaro. Jaket putih, celana putih, sarung tangan putih juga jilbab putih padahal dia cowok. Eh ngga deh. Soal jilbab itu bohong.







     DAIGO vs KOTARO







Buset kece-kece amat yak? Liat kostum yang dipake. Cling kayak baru keluar dari londri. Gue heran tiap dibantai musuh, baju Kotaro tetep aja putih. Apa rahasianya, ya? Gue juga pengin singlet gue tetep putih gitu meski guling-guling di gundukan pasir. Kostum Daigo ga kalah yahud. Dengan pestol di tangan kanan tapi muka romantis, ga disangka pahlawan yang satu ini kalo berubah ternyata punya lampu yang nempel di dada. Listriknya nyolok ke mana itu, ya? Mungkin bener kata orang-orang kalo lamu Ultraman pake batere dan seringkali lowbat jadi suka kedip-kedip.

Beda lagi sama Ksatria Baja Hitam. Gue masih ga paham bagaimana bisa pedang panjang muncul dari udel Kotaro? Gila epik banget! Tapi Daigo lebih beruntung dibanding Kotaro. Kotaro jomblo mulu, sedangkan Daigo merit sama Reina, temen kantornya yang juga kerja sebagai pembasmi monster ngebantuin Ultraman kalo baterenya hampir abis. Kasian Kotaro. Apa gunanya punya motor Belalang Tempur dan mobil kalo sampe akhir dia tetap sendiri?? Ahhh, Kotaro.

Gue rasa, serial-serial kayak gini harusnya lebih banyak disiarin di tipi. Perjuangan melawan kejahatan dan ga selalu mulus adalah representasi dari kehidupan nyata, yaitu ngelawan hawa nafsu dan bahwa menggapai kesuksesan itu ga semudah membalik sempak di jemuran. Bujug udah kayak mamah Dedeh aja gue. Sayangnya sekarang tipi diisi sama tontonan kurang kerjaan macam drama India yang sekarang lagi booming di kalangan emak-emak. Anandi, Uttaran, Selatan, Barat Daya dan entah apa lagi. Serial macam Ultraman jauh lebih oke. Ga ada scene tentang perselingkuhan, dialog lebay, ekspresi ngeselin, isinya cewek mewek mulu, durasinya ga kira-kira. Tiga jam! Segitu mendingan dipake bobo bareng aja. Sama guling.

Kalo serial kesukaan lo apaan, guys? Share yak!







You May Also Like

8 komentar

  1. Wah filmnya diperankan versi lama, itu wakuwakujapan bisa diterima dengan parabola ga ya?

    Soalnya film lama jarang banget disiarkan oleh tv nasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus, langganan indovision aja

      Hapus
  2. Hehehe.. Film yang dari awal sudah bisa ditebak jalan ceritanya.

    BalasHapus
  3. dulu paling demen gue sama baja hitam rx, apalagi rx robo dan rx bio, gue ngerengek-rengek minta kaos baja hitam rx bio dan robo. sekarang gue jadi penasaran, di mana ya beli baja warna hitam itu. kali aja bisa mengubah status pengangguran gue tiba-tiba dapet kerjaan. #pfft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain mau mengubah status jomblo hhaa. Di pasar ada kayaknya tuh

      Hapus
  4. Waku-waku jepang = channel untuk mengenang masa lalu, :D

    BalasHapus
  5. Sekarang susah. Adegan berantem2 gitu bykan disensornya

    BalasHapus