JENIS-JENIS PENUMPANG DI PESAWAT

by - 19.47

Jenis-jenis penumpang di pesawat itu sama kayak jenis-jenis jomblo. Banyak banget. Beberapa ada yang beres, beberapa agak eror dan sisanya ampuh bikin naik libido darah. Berada di dalem pesawat biar selamat tentunya harus taat peraturan. Dulu gue berpikir kalo naek pesawat sama kayak naek angkot. Tinggal duduk, molor, selesai. Ternyata ngga.

Sebelum pesawat take off, biasanya pramugari yang bodinya bikin ngacai siap-siap meragain cara pake sabuk pengaman, cara pake pelampung dan masker oksigen.  Gue nunggu kapan si pramugari meragain cara move on tercepat. Ternyata ga ada. Ada tambahan buat orang yang duduk persis di samping pintu darurat, yaitu waktu berbeda dan khusus saat pramugari ngejelasin di kondisi apa pintu darurat kudu dibobol.

Gue beberapa kali duduk di deket pintu darurat. Pengin nangis rasanya pas pramugari bilang: Apakah anda bersedia membantu membuka pintu dalam keadaan darurat?

Gue melongo. Cara nimbang orok di posyandu aja gue kagak ngarti, ini disuruh bantu buka pintu darurat. Dan artinya ada bahaya kalo sampe si pintu kudu dibuka. Ya Allah selamatkan hambaMu iniii...! Aamiin.

Ingatan gue melayang ketika pertama kali naek pesawat dan pamitan sama ortu.

Nyokap: Bawa minyak angin, pembalut, pipis dulu sebelum naek. Kamu kan beser.

Gue: Iya, Mum.

Bokap: Ati-ati. Baca doa dulu, Nak. Dan ingat....

Gue: Apa, Pap?

Bokap: Pas pesawat udah take off jendelanya jangan dibuka. Ada AC kok jadi kamu ga bakal kepanasan

Gue pun ngunyah meja di ruang tamu. Segitu kampungannya kali gue sampe sudi ngebuka jendela pesawat. Tapi kalo disambungin sama judul, ini korelasinya deket banget sedeket jomblo dengan sabun. Gue sering banget nemu penumpang jenis ini, yaitu kampungan pas naek pesawat selain diri gue sendiri tentunya. Selain kampungan, jenis-jenis penumpang di pesawat gue klasifikasiin sebagai berikut. Cekicrot!

Penumpang Cool
Jenis penumpang yang satu ini biasanya udah sering banget numpangin pesawat. Jadi udah biasa banget dengan segala tatacara naek pesawat mulai dari pesen tiket di internet, check in, ngurus bagasi, sampe tau gimana cara manggil awak kabin kalo lagi ada perlu. Gue pernah nemu penumpang yang manggil pramugari dengan cara teriak. Padahal mah pencet tombol di atas aja. Beres. Penunpang itu adalah gue.

Penumpang Bikin Panik
Udah jelas kalo naek pesawat ga boleh nyalain hape. Kalopun nyalain, pake airplane mode. Gue pernah dibikin jengkel sama bapak-bapak saat pesawat udah mau tinggal landas, dia masih aja internetan.

"Pak, hapenya matiin, Pak..."

Si bapak diem aja. Budek kayaknya.

"Pak, maaf...udah jalan ni pesawatnya. Hapenya di flight mode aja, Pak.

Si bapak malah ngeliatin gue.

" Pak, mau saya matiin bapaknya, Pak?"

Serius. Bisa aja gara-gara makhluk ga penting itu keselamatan semua penumpang terancam. Apa dia ga tau kalo di dalem pesawat pasti ada jomblo yang belum merasakan sentuhan kebahagiaan? Mentang-mentang tua, malah egois. Setelah dirayu pramugari, baru si bapak mau matiin hapenya. Daritadi kek, Paaaak!

Penumpang Jamban
Jenis penumpang ini biasanya penasaran sama jamban pesawat. Kerjaannya bolak-balik toilet lima menit sekali. Pengin banget gue kasih tau kalo jamban di pesawat sama aja kayak jamban di tempat laen. Ada wc-nya. Pengin banget gue bisikin di kupingnya kalo ke jamban mulu ga bakalan bikin tampangnya berubah jadi kayak Zac Efron. Rese bener dah ah. Tapi gue juga pernha sih bolak-balik ke jamban pesawat. Masalahnya gue terpaksa terbang di saat kena diare. Meski lega gue kasian sama pengguna jamban setelah gue. Gue harap dia ga kena radang paru-paru.

Penumpang yang Bikin Takut
Selain yang bikin panik, penumpang yang ini ga kalah bejat. Di postingan beberapa hari lalu gue cerita kalo ada bocah bule yang ngerusuh. Dia bilang takut karena pesawatnya bakalan jatoh. Di kepala gue bayangan-bayangan serem berkelebat. Blom lagi gue naek pesawat setelah nonton pelem World War Z. Gue inget adegan zombie ngamuk di pesawat. Gimana kalo di pesawat yang gue tumpangi ada zombienya?? Suer ngeri. Ditambah penumpang ga berperasaan kayak gitu, khayalan gue melayang lebih tinggi. Yassalaaam...penumpang kayak begini enaknya diapain ya?

Penumpang Jomblo
Gue pernah duduk sebelahan sama penumpang berstatus jomblo. Kami kenalan. Ujung-ujungnya dia curhat akibat kejebak friendzone. Padahal saat itu gue ngantuk dan pegel-pegel. Harusnya dia curhat sambil mijetin gue. Tapi yang dia lakuin malah baper. Gue pasrah. Sampe pesawat mendarat, dia masih aja cerita tentang kejombloannya yang mengenaskan. Ada-ada aja jomblo.

Sebenernya mau penumpang pesawat, kereta atau bus, jenis-jenisnya hampir mirip. Cuma transportasi yang digunakan aja yang berbeda. Gue jadi ga sabar travelling lagi. Kira-kira...nemu penumpang kayak apa lagi ya?



You May Also Like

15 komentar

  1. Wah gue ga sering2 banget sih naik pesawat, jadi ga terlalu merhatiin banget.
    Dan kalopun naik pesawat belum pernah kenalan sama penumpang sebelah.
    Walaupun masih single tapi kenalan di pesawat itu rasanya awkward deh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga jarang kalo kenalan di pesawat. Cuma dua kali

      Hapus
  2. Jangankan naik pesawat, ke bandara aja belom pernah. Gak tau deh gue bakal jadi penumpang jenis apa...kira-kira penumpang apaan gue ya Gi?

    ps : siapa lagi itu Zac Efron?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis alay kayaknya elu mah. Zac efron? Mantan gue!

      Hapus
    2. Wiii...sudah sehat ya Gi. Coba deh di ruqyah sapa tau aja ada setan lawang sewu lagi nempel di pundak loe ini.
      Gue jadi bayangin setannya juga alay gak ya naek pesawat pulang bareng loe..haha

      Hapus
  3. belum pernah naik pesawat, jadinya gak tau haha

    BalasHapus
  4. yang serem itu penumpang jomblo, awas bahu lu bisa jadi bantalan tangisannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bahaya dah kalo itu sampe kejadian

      Hapus
  5. Napa sih.. Ujung2 jomblo... Terus.. Apa yg salah sama jomblooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan...kan...kaaaan....jomblo mah sensi iiiiih hahahaha

      Hapus
  6. Hahahaha Sy yg mana ya? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaaha coba yang manaaa???

      Hapus
  7. hahaha, mungkin gw adalah penumpang cool :"D udah sering bolak-balik sampe hapal segala sudut di bandara. ngelayap sana sini pun dijabanin dah..

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus