SEDIH ITU...

by - 13.17


Gue lagi sedih banget, guys. Beberapa hari ini gue ngurung diri di kamar bersama tipi, kue-kue coklat lezat, laptop yang terus-terusan nyala, dan tempat tidur gede. Gue lagi sedih karena ada beberapa hal yang terjadi belakangan ini. Hal yang bikin gue nangis semangkok. Hal yang bikin gue teriak sambil menengadahkan kepala ke atas lalu bilang: KENAPAAAAA????

Dua hari lalu gue asik cibang-cibung. Gue pake sabun dan ga lupa keramas dan cuci muka. Saking semangatnya karena merasakan kesegaran habis mandi, gue menyambar handuk di gantungan dengan gerakan super mantap. Handuk, sempak, beha, dan baju ganti gue ambruk ke lantai jamban. Semua basah, ga ada satu pun yang kering. Sedih gue mah. Gue ga pernah ngebayangin akan jadi kayak gitu. Sendirian, di jamban, ga punya sehelai benang pun untuk nutupin badan. Gue ga mungkin terus-terusan berada di bawah pancuran. Gue harus keluar kalo ga mau kedinginan. Tapi gimana caranya? Gimana? 

Skip yang itu dan jangan tanya gimana cara gue melesat ke jemuran untuk bawa handuk anyar. Berhubung kamar mandi di kamar gue kerannya rusak, gue terpaksa melaksanakan ritual basah-basahan di kamar mandi lantai satu. Jemuran di lantai dua. Jangan tanya pokoknya. JANGAN!

Itu masih mending. Gue dapet komen di blog kayak gini:

Tulisannya oke dan inspiratif. Eh jangan lupa ya berkunjung balik di blog gue.

Sebagai blogger baik dan tulus gue biasa berkunjung ke lapak orang. Dengan senyum manis gue klik link si komentator. Sedih gue mah. Blog si komentator ternyata kagak ada isinya! Kagak ada postingannya satu pun! Terus ngapain lo minta gue berkunjung, kampreeeeet???

Itu masih belum seberapa. Hal sedih lainnya adalah saat gue sadar bahwa berbuat baik itu emang bagus, tapi kadang ngerugiin. Nyusahin. Kemaren habis jogging, gue biasa mangkal di tukang nasi uduk kesayangan. Meski jauh gue jabanin dah secara nasi uduknya enak banget. Kalo ga ada nasi uduk gue lari ke tukang bubur. Tapi hari itu entah kenapa gue kangen banget sama gurihnya nasi dan santan, dipadu telor dadar suwir dan bawang goreng di puncaknya. Ahhh surga dunia. Gue udah girang ngantri karena emang selalu begitu tiap hari. 

Di belakang gue ada bocah SMP dan buibu. Perasaan gue ga enak saat noleh dan muka mereka memelas memandangi gue. Sial. Gue pun nanya:

Adek mau sekolah?

Ngga, Kak. Adek mau ngepel jalan raya! Ya iyalah sekolah! Kagak liat gue pake seragam gini?? Dasar bego!! Pernah makan bangku sekolahan ga sih lo??

Eh ngga gitu sih. Yang bener dia jawab gini:

Iya, kak. Tapi ngantri gini...takut terlambat terus disetrap.

Dalam hati gue mencibir. Guru elo baek amat, Tong. Disetrap? Gue kalo telat malah suruh nyabutin rumput di pekarangan sekolah. Gue senyum jahat. Hahahaha sukurin elo nanti bakal disetrap. Sukurin! Mampuuuus!!

Tapi itu cuma wacana. Gue mempersilakan si adek SMP untuk maju ke depan, merelakan nomor antrian gue disabet kayak gitu. Mata gue agak berkaca-kaca, tapi ga apa-apa lah, itung-itung amal jariyah. Gue noleh lagi ke belakang, giliran buibu menatap gue dengan tatapan sayu. Apa-apaan, sih? Mau gue persilakan ngantri depan gue? Jangan harap! Gue ga peduli! Bodo amat! Emang gue pikirin! Antri aja lo di belakang gue sampe lumutan! Emang lo ga pernah mainin lampu sen nyala di kanan belok ke kiri?? Gue ga bakal biarin antrian gue disabet lagi! Ga bakaaaal!!!

Bu, silakan duluan...saya ga tega liat ibu berdiri lama

Makasih ya, Nak

Iya, Bu.

Ah, tapi ga tau kenapa gue malah lega. Gue udah bantuin dua orang padahal masih pagi. Hati gue serasa damai dan tenteram. Alhamdulillah...ternyata gini rasanya nolong orang dengan ikhlas. Gue jadi ngerasa kayak artis yang lolos kesting sinetron hidayah.

Bu, nasi uduk satu tambah ayam goreng, ya...

Aduh maaf, Neng. Nasi uduknya abis.

KENAPAAAA??? KENAPAAAA???

Sedih gue mah. Sedih banget. Mana laper, mana jauh sama rumah, mana udah berdiri lama. Gue bener-bener ga nyangka ada cobaan kek gini beratnya. Gini amat hidup. Ya Allah apa salahku?? Apaaaa??

Tubuh gue pun lunglai ke tanah pake adegan slow motion. Tangan gue mengepal. Aer mata gue netes dikit. Lalu gue megangin perut sambil teriak: Lapeeeeeer!!!!

Sejak itu gue belajar tentang satu hal, bahwa sedih itu sederhana. Iya. Sedih itu sederhana.

You May Also Like

12 komentar

  1. Aku ngga bayangin yg paragraf kedua dan ketiga kok..hehe tapi salut dg yg cerita terakhir mau menolong 2 orang meskipun berkorban enggak kebagian nasi uduk :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut mbahmu mas. Gue laper mas lapeeeer

      Hapus
  2. Sahabatku yang super. Pernyataan anda 100% benar sekali. Sedih itu memang sederhana, tetapi janganlah lupa jika 'sedih itu pilihan'.
    Anda telah melakukan sesuatu yang mulia dengan mengalah antrian pada anak sekolah dan ibu tadi. Jangan sesali tapi syukurilah nikmat pahalanya. Tuhan akan menambah nikmat kepadamu jika anda bersyukur, jika anda mengingkarinya maka azab-Nya sangatlah pedih.
    Bijaklah dalam menyikapi apa yang Tuhan berikan kepada anda. Selalu bersyukurlah dan lihat apa yang akan terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Luigi mah gitu, dibilangin sama kakak Mario malah ngelawan.
      Btw kasihan amat tu 'blogger tanpa postingan'.

      Hapus
    2. Iye kasian tapi ngeselin sumpah.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Tapi ga sekasian elo. Dasar jomblo kwakakakak

      Hapus
  4. Pernah ngalamin juga kejadian serupa kayak begitu. Cuman bedanya gue nolong nenek-nenek sama cucunya yang lagi ngemis di depan warteg, gue kasih aja nasi lengkap 2 bungkus + minuman, padahal waktu itu akhir bulan. Dan hari itu akhirnya gue ngutang ke temen untuk bertahan hidup. :'D

    BalasHapus
  5. sedih itu.. uang terakhir yang kita punya ilang begitu aja XD

    ditunggu ya kunbalnya di http://freeday212.blogspot.co.id/

    Happy Blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal uangnya buat beli nasi uduk ya hahhaha

      Hapus