MALES NULIS

by - 08.57

 
Gue lagi males nulis dan males ngapa-ngapain. Mandi? Males. Liat cowok ganteng? Males. Baca buku stensilan? Males. Makan? Dua kali sehari plus ngemil es krim dua biji. 
Gue mendesah pelan di atas kasur yang berantakan. Gairah untuk nulis lagi turun di level mata kaki. Kalo udah gini, biasanya gue butuh liburan ke pantai atau gunung.
 
Pernah ga sih lo ngalamin males nulis dan males ngapa-ngapain? Sebagai blogger, hal itu mungkin jadi hal memalukan yang kudu cepet-cepet diatasi. Ide numpuk tapi jari lagi ga mau diajak berkonsiliasi. Mood gue penginnya leha-leha, jari jemari ga mau nyentuh keyboard laptop, tapi otak tetep maksa agar pihak-pihak yang males segera bergerak. Crash. Ga ketemu solusi.
 
Masalahnya, kalo males nulis dibiarin, bakal susah untuk memulai lagi dan gue pernah ngalamin itu. Dengan alesan sibuk dan ga nulis sebulan, butuh beberapa hari bagi gue untuk memulihkan segala sesuatu. Gaya nulis, kebiasaan, ngolah ide sampe bikin joke-joke garing di tiap tulisan. Ini sama banget dengan kondisi ketika putus cinta, lama-lama terbiasa, akhirnya jadi males untuk memulai hubungan baru. 
 
Gue pernah nulis bahwa penulis atau blogger yang baik itu adalah orang yang konsisten. Bodo amat tulisannya mau jelek atau bagus. Setiap blogger pun punya jadwal masing-masing agar bisa konsisten. Ada yang nulis seminggu sekali, seminggu dua kali, tiap hari, atau setaun sekali. Konsisten banget tuh. Malesnya.
 
Menurut gue kalo latihan nulis secara berkala tapi ga putus-nyambung, tingkatan teknik dan eksekusi ide bakalan meningkat bahkan bisa melesat. Tapi kalo nulis aja males dan ga konsisten, mana bisa disebut blogger yang mendedikasikan dirinya untuk nulis? Anjaaaay edan banget bahasa gue.
 
Biasanya setelah jalan-jalan ke pantai lalu teriak di hutan kemalasan berkurang dan siap tempur lagi. Kalo lo, biar mood nulis kembali pulang, apa yang lo semua lakukan?
 
 

You May Also Like

24 komentar

  1. Setuju banget kalo males nulis dibiarin susah untuk memulai lagi.

    Kalo cara gue untuk mengembalikan mood nulis sih ya dengan liburan ke tempat yang adem, misalnya puncak gunung atau perkebunan gitu, biasanya tiba-tiba ide-ide buat nulis bermunculan hehe. Terus juga sama baca-baca informasi yang bikin ketawa-ketawa gitu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama nih. Iya gue juga kudu liburan dulu di tempat adem biar cool. Kalo di tempat panas gue suka jadi hot.

      Hapus
  2. Setuju dengan konsisten.

    Kalo gue biasanya, tidur. Terus paksa nulis. Biar mood nya balik sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tu kadang kalo ga dipaksa bisa bisa males mulu

      Hapus
  3. semangatt mba teruskan demi menulis

    BalasHapus
  4. blogger yang juga punya kegiatan di dunia nyata, umumnya punya rasa malas untuk menulis, tapi kalau saya lagi rajin, nulis beberapa artikel yang di publish seminggu sekali, jadi blog akan update tulisan terus seminggu sekali, padahal blogger lagi malas nulis, *buka rahasia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah yang laen juga gitu bang bukan rahasia hahahaha

      Hapus
  5. Aku lagi ngalamin males nulis Nih. Ide numpuk. Parah banget udah jarang ngepost. Harus cepet diatasi! :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Gue lagi ogah-ogahan...ga tau nih apa sebabnya.

      Hapus
  6. Bener banget. Piknik adalah koentji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Hahahhahaa kunci kebahagiaan

      Hapus
  7. Lah mbanya gimana dah ? katanya malas nulis. Kok ini malah publish tulisan ? hehehe.

    Saya juga sering banget males nulis. Kalo saya, faktor motivasi yang cukup berpengaruh membuat saya malas nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang selama ini motivasinya apaan?

      Hapus
    2. Dulu sih motivasinya pengen dapet hadiah/uang atau biar dimuat di media cetak, justru setelah itu saya jadi malas. Karena lebih sering ga berhasilnya hehe.

      Hapus
    3. Hahaah kl gue malah biasanya ga suka ngarep

      Hapus
  8. sering sih ngalamin gini.. apalagi akhir2 ini di mana kandungan makin gede, jd mood nulis udh drop serendah2 rendahnya.. tapi aku slalu maksain mba.. semales apapun, at least BW deh 5 blog sehari, spy blog ga debu2 amat nantinya :D..

    BalasHapus
  9. Waaahhhhh iniii.... aku sering banget ngalaminnya. Syndrom males nulis. Bisa gitu kadang sebulan ngilang gak pernah posting sama sekali padahal tiap harinya juga buka laptop dan konek internet. Tapi blognya dicuekin dan malah streaming nonton drama. Hahahaaa....

    Buat balikin semangat nulisnya biasanya liat-liat blog sendiri dulu. Ngeliat kapan terakhir ngepos. Kalau jaraknya udah kelamaan (kadang) jadi ngerasa bersalah trus tergerak buat nulis lagi.
    Atau bisa juga dengan BW ke blog2 orang2. Kali aja jadi dapet ide dan inspirasi buat nulis dari tulisannya orang-orang.
    Heheheee...

    Btw, ini kunjungan pertamaku di blog ini.
    Salam kenal yaaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sampe sbulan biasanya suka ada rasa bersalah gt hahaa. Wah makasih atas kunjungannya yaa..mau berkunjung balik ni

      Hapus
  10. biasanya sih buat ngebalikin mood nulis pulang itu, ciptakan aja kesenangan yang dapat diceritakan, seperti nyoba-nyoba bikin video di youtube, lalu berbagi pengalaman nya gimana =))

    ditunggu ya kunbal nya di www.freeday212.blogspot.co.id/2016/02/akun-channel-video-dan-kamera-baru.html
    happy bloging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyoba bikin video? Boleh nih video panas...video gue lagi bikin kue cucur depan oven

      Hapus
  11. Cara yang paling ampuh bagi gue ialah: ngopi dan corat-coret kertas! Kalau udah ngopi dan corat-coret kertas, mood bakal balik lagi. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah unik nih idenya corat-coret dapet bahan nulis hahahaa siiip bro

      Hapus