GAGAL

by - 13.18


Gagal itu pahit, guys. Emang sih, ga semua usaha yang kita lakuin akan berhasil. Kadang malah mungkin ga akan pernah sukses segimanapun kita berupaya. Gue setuju sama statement tersebut yang gue sadur dari kata-katanya Chia Yi, salah satu tokoh di film You Are The Apple of My Eye. Entah kenapa meski berusaha sekuat tenaga, tetep aja yang diusahain kagak sukses.

Gue nyengir saat beberapa temen gue bilang kalo jadi gue itu enak banget. Keliatan ga pernah gagal. Gue malah ngakak denger kalimat yang terakhir itu. Ga pernah gagal katanya? Ga pernah gagal, my ass!
Gue pernah gagal. Malah bisa dibilang sering banget. Bedanya tiap kali jatoh gara-gara menemui kegagalan super ekstrim, yang paling pantang gue lakuin adalah meratap di sosmed. Gue lebih suka nangis di bawah pohon beringin ketimbang curhat lebay di temlen twitter.

Ngomongin soal kegagalan, hmm...siapa sih manusia yang ga pernah gagal? Dari orang biasa sampe superhero pun pernah. Di film Harry Potter, doi gagal mencegah Bellatrix ngebunuh Sirius yang notabene ayah baptis yang dia sayang. Di film 500 Days of Summer, Tom gagal jadi cowok tegar akibat di PHP-in Summer yang -menurut gue- super bitchy. Kita juga kadang ngerasain kegagalan yang nyerinya hampir sama. Gagal mengeksekusi ide dan cuma jadi draft yang ga kelar, gagal wisuda, gagal boker, gagal kawin, gagal jadian, gagal nikung juga. Semua kegagalan itu ngefek dalem banget. 

Gagal mengeksekusi ide, udah bisa dipastiin nasib tulisan membusuk di laptop. Entah kapan tu draft bisa jadi tulisan utuh yang bisa dibaca. Gagal wisuda? Yang sedih bukan cuma mantan calon wisudawannya, tapi ortunya juga. Udah cape-cape nyewa orkes, eeeh anaknya ga diizinin wisuda gara-gara skripsi aja belom digarap. Gagal boker? Gue pernah. Udah mules di pucuk, pas jongkok ga keluar. Malah kaki gue kesemutan. Suwe.

Blom lagi gagal jadian, gagal nikung dan gagal kawin. Ini ngenes banget dan pasti bisa menimbulkan trauma. Menueurt pengalaman gue, biasanya kegagalan sering terjadi karena kita melupakan satu hal paling penting yang menjadi inti kesuksesan. Mau jadian, udah siapin pidato buat nembak, lupa kalo kagak punya gebetan. Fatal.

Gagal itu biasa. Kata Einstein, orang yang ga pernah gagal, yang ga pernah lakuin kesalahan, berarti dia kagak akan pernah mencoba hal-hal baru di kemudian hari. Iya banget. Dengan mencicipi kegagalan, kita bisa merenung sebentar. Apa yang kurang? Apa yang harus diperbaiki? Apa yang kudu diubah? Dan tiap kita gagal, kita bakal ditempeleng biar sadar bahwa apa yang kita lakuin kudu melibatkan Tuhan. Tapi gue yakin tiap kali gagal, kita punya satu tiket buat menebus kesuksesan. Gagal itu biasa dan ga bikin susah. Yang susah mah makan siomay pake sedotan.

You May Also Like

20 komentar

  1. Kalo menurut gua kegagalan itu kaya jamu, pait-pait bermanfaat, biar pait menyehatkan.
    Gua justru bersyukur pernah berkali-kali gagal, jadi pelajaran yang gua dapet jauh lebih banyak dari pada orang yang idup nya mulus-mulus aja.
    menurut gua sebuah kegagalan adalah sebuah check point station. Tempat kita berhenti bentar, mikir terus ngelanjutin perjalanan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi emang sih ga ada orang yg idupnya bener-bener mulus.

      Hapus
  2. Quote of the day : "Gagal itu sesuatu yang nggak berhasil" ~Hendra~

    BalasHapus
  3. Temen aku nggak pernah bilang 'seneng banget jadi lu co, sukses terus.' malah pada bilangnya 'kok lu sial terus co?'. Ngenes nggak bang?

    Tenang bang, kalo gagal wisuda itu, artinya belum jadi sarjana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun itu temen-temen elu sejati semua tuh hahahaha. Yakali baaaang gagal wisuda itu belum jd sarjana. Gagal nikung jadi apaan dong?

      Hapus
  4. Tuh kan, mending loe gagal dalam berusaha, daripada loe jadi pengecut yg nggak pernah mencoba.
    #sambilngaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaap makasih petuahnya ya mamah dedeeeh

      Hapus
    2. Mamah dedeh???
      Iya, bagus deh Del...Haalal..!

      Hapus
  5. Aku jadi teringat perkataan salah satu guruku, Kak.
    "Karena belum tentu semua dari mereka yang mencoba itu gagal."
    Jadi, gak ada salahnya buat mencoba terlebih dahulu. Let it flow~

    BalasHapus
  6. Ahaha,, sampe sekarang gue masih sebel sama Zooey Deschanel gegara dia jd si Summer!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau tuh...bikin pasaran cewek makin anjlok aja

      Hapus
  7. KEGAGALAN ADALAH KESUKSESAN YANG TERTUNDA. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR, APALAGI MAJU MUNDUR CANTIK. ITU MAH SYAHRINI....

    BalasHapus
  8. Kalau ga mau gagal ya ga usah lakuin apapun..... simple toh *dont try this* artikelnya sippp :)

    BalasHapus
  9. udah siapin pidato buat nembak, lupa kalo kagak punya gebetan. Fatal.
    HAHAHAAA

    Iya bener, nggak pernah ngeluh alay di temlen twitter, bukan berarti kita nggak pernah ngalamin kegagalan ya,Gi.

    Itu gagal boker, Bhahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget. Bukan berarti seneng mulu di twitter ita ga pernah sedih ya hahaha

      Hapus