BLOG YANG KAYAK GINI?

by - 19.58


Sebagai tukang ngeblog, salah satu cara biar ide tetep ngalir adalah dengan baca buku dan blogwalking. Hampir tiap hari gue berkunjung ke blog orang-orang entah itu blog temen gue atau blog orang yang blom gue kenal. Random. 

Tujuannya biar variatif aja, biar semua dapet giliran. Giliran dibaca. Jadi ga cuma blog si itu-itu aja, meski memang ada beberapa blogger favorit yang pasti ga gue lewatkan ketika mereka ngeposting tulisan anyar. Soal itu bakal gue tulis setelah yang ini, guys. Per hari biasanya ada 10 bahkan sampe 15 blog yang gue kepoin. 

Selalu aja ada cerita-cerita menarik di tiap blog yang gue kunjungin. Ada blog yang tulisannya absurd parah, super kocak, sedih, ga jelas, puitis, sampe yang ga bisa gue baca karena menggunakan bahasa alay. Pusing gue mantenginnya. Bikin kesel dan susah boker.

Setelah puas baca, biasanya gue tinggalin jejak kaki karena gue tau nulis itu susah. Yang ga susah mah nyukur bulu ketek. Ketek mantan. Tapi gue termasuk blogger yang ga bakal tertarik baca blog dengan artikel berbau politik atau gadget. Jadi bisa disimpulkan bahwa gue adalah blogger gaptek yang ga tau apa-apa soal pemerintah. Bodo amat.

Blogger sekarang udah pada kece banget. Mulai dari blog yang fokus sama beauty review, book review, travelling, pendidikan, review film, sampe blog absurd kayak punya gue. Setiap blog punya gaya nulis dan ke-khas-an sendiri. Tapi akhir-akhir ini gue resah, gelisah, dan basah. Kalo habis mandi. Gue nemu banyak blog yang ngeselin dan malesin. Alesannya macem-macem. Pernah ga sih kalian ngerasain hal yang sama kayak gue? Baca blog terus kesel karena satu atau beberapa hal?

Nih kalo gitu gue kasih bocoran dah blog yang kayak gimana yang bikin gue tepok jidat.

Blog yang loadingnya berat

Gue pernah tertarik sama judul blog yang topiknya emang lagi gue cari, yaitu tentang anime. Gue suka anime dan hampir tiap hari juga nonton. Mulai dari anime jadul same yang lumayan baru dan masih on going di Jepang sono. Gue excited dan bergairah ketika membuka blognya. Gue udah ngebayangin bakal dapet banyak info tentang anime-anime terbaru. 

Sialnya, si blog ga mau kebuka, cuma setengahnya doang. Bayangin kalo apa-apa setengah. Ga enak. Pake sempak setengah? Ganjel. Pake beha setengah? Sebelah kanan kembung sebelah kiri ga berbentuk. Pake sendal jepit setengah? Takutnya ada beling trus nancep. Lebih ga enak kalo lo pacaran sama cewek atau cowok setengah. Ngeri, cyiiiin!

Blog yang pas komen harus ribet dulu

Tulisannya bagus, berbobot, cuma beda platform doang. Gue blogspot dia wordpress.Kagak ada masalah seandainya pas masukin komen cuma harus nurutin moderasi komentar dengan ngeklik kolom kotak yang di sebelahnya ada tulisan "Saya Bukan Robot Tapi Mantan Terindah". Gue ga ada masalah dengan itu. Gue ikhlas. Yang ngeselin adalah ketika udah cape-cape nulis komentar panjaaang kayak omelan ibu kos, ternyata harus log in ke platform yang sama dengan yang dipake blog tersebut. Kudu daftar dulu gitu? Ribet amat. Batal dah gue komen. Gue tinggalin. Suwe! 

Atau ada blog yang tulisannya kece, eeeeh kagak bisa komen karena ga ada kolomnya, atau dimoderasi. Pastinya memang ada alasan khusus emngapa para blogger memilih untuk ga nampangin kolom komen. Kalo gue milih untuk membebaskan siapa aja ninggalin komentar. Mau bahasanya kayak apa gue terima dengan dada gue yang lapang selapang lapak futsal. Meski isinya kritik atau bahasanya ga enak, gue ga masalah. Itu bisa jadi pembelajaran juga buat gue.

Blog yang ga lengkap
Maksudnya apaan? Minggu depan insha Allah gue berencana travelling ke Semarang. Tiket pesawat beres, booking hotel beres, cuma jerawat gue aja yang kagak beres-beres. Gue gencar nyari info tentang tempat-tempat kece di Semarang selain pantai, gedung-gedung bersejarah, tempat makan enak, pokoknya banyak. Kebetulan ada blog yang judulnya catchy banget tentang travelling ke Semarang. Ini dia yang gue cari. Gue langsung klik. 

Blognya responsive, tulisannya rapi, tapi ga lengkap. Tulisannya cuma ngejelasin perjalanan dia dari Jakarta ke Semarang naek kereta, terus nungguin orang yang ngejemput, makan es krim, terus ke penginapan lalu bobo ganteng. Wait a sec. Terus apaan? Gue scroll sampe bawah ternyata udah beres. Tadinya gue ngarep nemu tulisan yang juga ngulas tentang harga makanannya, rute yang ditempuh dari penginapan ke tempat-tempat bagus, berapa lama waktu yang dibutuhin, sampe nama tempat makanannya. Ternyata ga ada. Gue pun cuma bisa naikin satu alis. 

Blog yang ga ada isinya
Beberapa kali pernah kena jebakan batman dengan mengunjungi blog yang punya judul oke tapi kagak ada isinya. Sama kayak Summer yang bisanya cuma nge PHP-in Tom sampe baper dan idupnya berantakan. Gue penasaran apa maksudnya punya blog, judulnya ada, tapi isinya kagak tau ada di mana. Padahal udah ngarep bakal dapet tulisan keren yang bisa ngasih inspirasi atau setidaknya kesan pertama yang mendalam. Tsaaah!

Blog alay
Menjadi alay itu lumrah, wajar. Wajar banget malah. Gue juga pernah alay sampe bikin bokap nyokap gue malu dan berencana membuang gue ke rumah tetangga. Tapi itu dulu saat gue masih mengenakan seragam putih biru, pas gejolak remaja lagi naek-naeknya, pubertas yang lagi ga terbendung dan fase di mana pamer dan hasrat pengin diperhatiin lagi mangkal di tingkat paling atas. Maklumin ajalah namanya juga abegeh. Untungnya saat gue esempe, cabe-cabean blom lahir. Gue ga pernah tuh naek motor bertiga pake celana gemes terus nangkring di flyover ampe maghrib. Kata emak gue kalo maghrib masih keluyuran ntar diculik wewe gombel, kalong wewe atau apalah itu gue ga paham. Pantesan cabe-cabean gitu bentuknya. Abis gaul sama wewe gombel kali yak?

Kembali ke  blog. Gue pernah baca satu blog milik seorang cowok usia 28. Kenapa gue tau? Karena bloggernya nyebutin itu di bio. Judul dan isi postingan per kata udah gue lupa karena udah lama. Tapi intinya masih gue inget sampe sekarang. Judulnya sejenis surat cinta buat sang pacar. Inti isinya kurang lebih kayak gini:

Adek sayang, Kakak kangen. Kangen senyummu yang merekah, kangen tawamu yang renyah. Dek, inget ga pas kemaren ketemu, Adek bilang sayang sama Kakak? Kakak bahagia Adek bilang gitu. Kakak janji akan menjadi pacar terbaik. Gimana bunga yang Kakak kasih? Semoga Adek suka. Dek, cintaku ke Adek akan selalu bersemi, mewangi dan akan terus tumbuh. Kamu nyawaku, Dek. Tetap sayangi Kakak ya, Dek. I love you forever.

Dari Japra, kekasih jiwamu (Nama disamarkan karena gue lupa nama aslinya)
Anjiiiir....!! Lo kalo ga muntah baca surat diatas, gue akuin jago. Gue aja langsung nangis saking sedihnya, mengingat usia si Kakak ini 28 taon, udah bukan waktunya songong kayak begitu. Sebetulnya itu adalah hak semua jenis pacar untuk nulis dengan kalimat apapun. Mau alay atau lebay sampe dengkul kopong pun itu bukan urusan gue. Masalahnya tulisan kayak gitu dipampang di blog. Coba pampang di tembok rumahnya si Adek, kek...di mading sekolahnya si Adek, kek. Tapi gue juga ga yakin si Adek baca. Kenapa kagak sms atau nelpon aja sih biar cepet? 
Segitu aja dulu. Ada yang mau nambahin?


You May Also Like

30 komentar

  1. aku tipe blogger yang jarang blogwalking, sebab sibuk *ini ngeles* tapi setiap ada yg komentar di blogku selalu kuusahakan untuk memberi fedback. untuk menghargai ketabahan hatinya.
    sebab jarang2 ada orang yang mau baca postinganku yang random banget :P.

    hai, salam kenal, ini kunjungan perdanaku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah sama blog gue juga random. Salam kenal juga yaaa

      Hapus
  2. Saya juga bete kalau komennya ribet, mesti login akun wordpress. Tapi masih ada alternatifnya kok. Login pake akun fb. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa masalahnya akun fb gue non aktifin, bro. Sekarang2 aja aktif lg cm buat ikut giveaway

      Hapus
  3. Kayaknya blog gue dapet salah satu kategori diatas tuh.. Ahaha.. Yg sabar aja kalo kena jebakan betmen nh.. Asal jgn jebakan mantan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm pernah kena jebakan mantan nih kayaknya ampe curhat gini

      Hapus
  4. Waktu itu saya pernah ya posting blog tapi gak ada isinya? Itu karena saya jadiin draft lagi. Hehehe. Nggak ada niat untuk ngejebak. Karena saya bukan Batman. Saya Ultraman Tiga.

    BalasHapus
  5. Aduh, berasa tulisan masih bau-bau alay. haha :D
    follback GFC broh. Thanks :)

    BalasHapus
  6. wkwk, klo blog nya berat itu entah di blog nya dipasang apa aja. maybe banyak gambar2 anime yang dipajang di blog nya... wkwk atau langsung ada video yang autoplay dan yg paling sering banyak script iklan nya :D

    btw, tulisan abang2 yg umurnya 28 tahun tu leh uga... wkwk jd mules

    BalasHapus
  7. Untuk blogger awam, blog gue kotak komentarnya termasuk ribet, karena pake Disqus. Untuk kotak komentar yang nggak ada, yang nulis pasti punya alasan sendiri. Kalo gue pribadi lebih milih nggak usah komen daripada lo komen asal-asalan atau komen cuma buat pengen ditau kalo lo habis nengokin blog gue. Gue gak perlu itu. Gue butuh komen yang jujur dan tulis, bukan biar dikunjungi balik.

    Buat yang terakhir, lo nggak masalah tapi kok dibahasin juga? :)

    Gitu aja sih. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah kan bukan beraryi ga dibahas hhaaa. Ooh iya gue pernh berku jung ke elo harus pake discuss gt. Ah tapi blogger mana sih yang ga mau dikunjungin balik? Gitu aja sih

      Hapus
    2. Gue kalo blogwalking gak pernah ngarep dikunjungi balik kok. Gue komen karena blog lo kontennya menarik dan gue ngerasa sebaiknya ngasih komen. Btw makasih udah berkunjung balik ke blog gue. :))

      Hapus
    3. Sayangnya, kita sama haha. Gue ga ngarep. mksd kalimat gue ada tujuannya kok. Pernah tu gue dilecehin sm blogger, gue dikata-katain muna. Yaa kalo dikomen balik emang seneng tp ga ngarep..cuma dia bilangnya jahat gitu haha. Untung gue inget kata pak ustat. Ikhlas aja...jgn ngarep apa apa

      Hapus
  8. yang ga susah mah nyukur bulu ketek. Ketek mantan.
    Gue ga setuju sama ini, karena ketemu mantan aja nggak pernah. Haha. Oke skip.

    Untuk yang blog ga lengkap, you should think twice when di pembukannya udah asal asalan mungkin itu blog semi diary bukan blog yang NIAT ngasih info. Karena banyak blogger begitu termasuk aku.
    Oke jadi aku nyebelin ya ?
    Cuma kalau untuk rute nih ya, ga banyak orang yang kasih 'hal itu' soalnya mungkin ada yang menuju suatu tempat naik mobil pribadi, dan pas di mobil cuma bobok cantik. Jadi ya gitu. Nggak tau jalan.
    hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya di judul jelas dia tema nya info travelling, ts pas awal paragfar ditulis ngebahas dari a-z. Gitu. kan bukan pembaca yg salah kalo kyk gitu hahaa

      Hapus
  9. Blog kagak ada isinya? emang ada? Kalo yang log in gitu, disqus yah? kalo gue sih gak masalah. Selama kontennya menarik. Kenapa, enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banget hahaha baru empat harian lalu gue diminta berkunjung ke blognya, ternyata kagak ada isinya. Ternyata kk kelas gue itu jail. hadeeh.

      bukan, klo yg discuss beda. Ini hrs lig ini beda platform dan ribet banget

      Hapus
  10. kagum ma gaya nulis mba ini... pesannya disampaikan dengan cara santai dan bikin senyum2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang selalu dateng ke sini...insha Allah berkunjung balik

      Hapus
    2. sama2. notif klo mo berkunjunga, biar disiapin sirup ma roti :) klo ditawarin kopi pasti parno :)

      Hapus
  11. Blog yg loadingnya berat itu biasanya kebanyakan iklan, maklumlah mereka kan makan dari situ, blog gue loadingnya super cepet Gi, karena... ah sudah lah
    Blog alay nya bikin keinget masa lalu gue, huueekkk
    Oke karena loe mau ke semarang, gue tunggu tulisan absurd loe tentang traveling ke semarang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog elu loadingnya super kilat soalnya kagak ada isinya ahahahhahaa. Pasti bang, cm bkn tulisan ttg info perjalanan yak haha kagak bisa kl nulis yk gt mah

      Hapus
    2. ya gak perlu diomongin juga kali, ntar orang malah jadi penasaran buka blog gue.

      antos, anjeun henteu percanten lamun abdi ieu senior anjeun pan?
      Hapunten nya, mung bercanda
      manah-manah teu kenging guguan kalawan batur
      Hapunten

      Hapus
    3. Naon atulah senior ti mana sih oanasaran jadina

      Hapus
  12. Hahahaha.. Bahasa pembahasannya kocak abis, bener sumpeh.. Entah kenapa setiap perkataan embak mengandung ehem ehem.. Hehehe..

    BalasHapus