MBAK AGNES, TULISAN ARAB DAN DOA JOMBLO

by - 12.48


Sebelum heboh teror bom Sarinah, Mbak Agnes Monikah sempet lebih dulu bikin geger dunia. Dunia lain. Pada tau kan sama Agnes Monikah yang ganti nama jadi Agnes Mo setelah mengadakan syukuran bubur merah dan bubur putih? Padahal lebih kiyut Agnes Monikah aja kata gue mah, secara pas masih jadi Agnes Monikah, bodinya ga berotot kayak sekarang. Jadi serem gitu. Tapi meski gue bukan fansnya, gue juga bukan haternya. Gue sih penggemar berat nasi uduk.

Mbak Agnes yang beken lewat lagunya Goyang Dombret berhasil bikin sebagian netizen menghujatnya gara-gara pake kostum transparan bertuliskan bahasa Arab di sebuah acara. Gara-gara kejadian itu, dia dituding melecehkan agama Islam. Padahal setelah ditelisik, tulisan Arab yang ada pada bajunya Mbak Agnes itu ga ada hubungannya dengan konten Alquran, cuma kosakata biasa doang yang artinya kurang lebih adalah United atau persatuan. Sama halnya kalo di roknya Agnes ada tulisan Akuwh Ch4YanKz K4moh b4Ngetzzz, bukan berarti dia menistakan cabe-cabean dan terong-terongan. Itu mungkin cara si Mbak menghargai abege-abege frustasi di negeri ini. Ga ada salahnya, kan?

Gue sempet geleng-geleng kepala dengan keawaman masyarakat sama hal-hal kayak gini. Fenomena awam relijius emang bisa bikin salah paham fatal. Blom diteliti langsung nyolot. Blom diselidiki langsung nge-judge. Blom nanya dia pacar orang atau bukan, langsung nikung. Padahal kalo cuma kata biasa dan bukan penggalan ayat Alquran atau hadits, bukan berarti menistakan agama. Gue malah sebel aja ngebayangin pake kostum Mbak Agnes itu. Kalo dia yang pake, para cowok suit-suit sambil mimisan plus nahan hasrat. Beda kalo gue yang pake, dikata mau mancing di empang gara-gara bawa jaring ikan. Suwe!

Soal fenomena awam relijius tadi, gue sempet keingetan sama cerita sepupu gue yang kebetulan fasih cuap-cuap pake bahasa Arab dan ngajak temen-temennya untuk terbang ke tanah suci buat umrah. Ini ketiga kalinya dia umrah, sedangkan temen-temennya yang berjumlah 3 biji baru pertama kali nginjek tanah Arab. Sebut aja mereka Yono, Kopet sama Didi. Sepupu gue? Aji.

Ketiga temen sepupu gue keliatan takjub pas mendarat di jazirah Arab meskipun orang sana ga ada yang takjub sama mereka. Sempet diam seribu bahasa ketika tiba sampe selese menjalankan umrahnya. Ga tau apa karena saking kagumnya atau gara-gara sepanjang mata memandang yang ada cuma pasir semua. Ada cewek Arab lewat, ribut suit suit. Ada cowok Ethiopia, diliatin sambil bisik-bisik. Liat gimana sibuknya para pedagang menjajakan barang jualan, berisik. Aji sih santai aja. Pas ditanya orang apa ketiga makhluk tadi temennya atau bukan, Aji bilang bukan. Bener-bener keren sepupu gue.

Esok harinya Aji sempet kelimpungan karena ketiga temennya ngilang entah ke mana. Pas dicari ke sana ke mari, ternyata Yono, Kopet dan Didi lagi khusyuk menengadahkan tangan. Bibir mereka yang pecah-pecah keliatan komat-kamit. Aji garuk-garuk udel lalu menghampiri dengan heran. Makin mengernyitkan dahi setelah liat Kopet nangis tersedu-sedu sambil berdoa minta jodoh. 

Aji: Kalian ngapain di sini? Gue cariin ke mana-mana daritadi.

Didi: Eh elo, Ji. Kita lagi berdoa, Ji. Gue minta biar bisa lanjut s2, si Yono minta biar bisa travelling ke Norwegia. Si Kopet minta jodoh.

Aji: Berdoa??? Di sini???

Kopet: Iya, Ji. Lo liat aja tulisan doa yang dipampang gede banget. Pemerintah Arab baek ya, Ji?

Aji ga tau harus ngapain saat itu. Pengin banget ikutan nangis kayak si Kopet ngeliat tingkah ketiga temennya yang asli bikin dia sedih.

Aji: Tulisan doa dengkul lo kopong pada!! Ini billboard iklan minuman! Bukan tulisan doa!!

Apaaaa???

Aji lunglai, berlutut sambil megangin kepala pake dua tangan. Ya Allah napa temen-temen gue pada somplak semua siiiiiiih??? Udah jomblo, otaknya kenapa sengklek juga? Kenapa ga nanya-nanya dulu???

Aji berusaha tegar ngadepin ketiga temennya. Dia ga bisa nendang mereka karena udah terlanjur menderita. Aji pun ngajak temen-temennya kembali ke hotel. Sebelum masuk, tiba-tiba Kopet minta izin untuk ketemu seseorang. Aji kembali penasaran dan kaget setengah mati waktu liat Kopet sun tangan sama seorang bapak bergamis putih dan bersorban. Si Bapak keliatan bingung.

Aji: Lo...lo ngapain sun tangan sama orang itu, heh???

Kopet: Dia pake gamis, bro. Pake sorban. Pasti sholeh, pasti imam mesjid di sini. Gue minta dia ngedoain gue biar dapet jodoh.

Aji membenturkan kepalanya berkali-kali ke tiang listrik. Sambil nahan syok, sepupu gue menjelaskan bahwa dia kenal sama bapak-bapak tadi. Dia bukan imam mesjid, sholeh ngganya ga tau. Profesinya? Sopir taksi yang biasa nganter jama'ah di sekitaran hotel. Cuma gara-gara pake sorban dan gamis, Kopet sun tangan kayak ketemu ulama besar. Kasian banget si Kopet. Lebih kasian lagi sih sepupu gue...punya temen bentuknya gitu amat. 
Segala sesuatu itu emang ga bisa disimpulkan hanya diliat dari luar sebelum dilakukan penyelidikan terlebih dahulu, sebelum bertanya dulu. Emang bener kata pepatah. Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian (loh).


You May Also Like

30 komentar

  1. Saya curiga. Agnez Mo itu kepanjangannya Agnez Mosidik. Komika jumbo itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi??? Selama ini agnes adalah....oh my god...ga nyangka. Trnyta dia bisa stand up

      Hapus
  2. Ciyee nasi uduk lovers nih hahaa

    Hahaa iya, agnezmo jd trending topic banget waktu itu. Nggak habis fikir aja sama orang-orang. Sebegitu hebohnya cuma karena ada tulisan arab di baju Agnes.
    Sedih -_-

    BHAHAHAAAAA YAOLOG ITU APA APAAN BERDOA DI DEKET BILLBOARD IKLAN MINUMAN. SUPIR TAKSI JUGA. HAHAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya itu hhaa pas diceritain ngakak gue. Lagian ga bisa bahasa arab sotooooy aja. kan bisa nanya dulu. kata aji sih itu iklan coca cola. ya harusnya si temen bisa nebak dong ya? Parah emang hhaa

      Hapus
  3. Sek sek .. bentar .. bentar .. gue mo tanya nih ..??
    SEJAK KAPAN AGNEZ MO NYIPTAIN LAGU GOYANG DOMBRET .. HOIII ...??
    Prasaan lagunya Lingsir Wengi deh yang hitz .. hmmm

    Bilangin sama si Aji kalo jangan terlalu sering minumin betadine .. agak shock mungkin otak dia ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya lingsir wengi? Hmmm gue ga ngefans sih bang jadi ga tau. Soal si Aji, dia ga minumin betadine bang tapi porstek

      Hapus
  4. Itu temennya Aji pada kurang nutrisi apa gimana si? kebanyakan main di emper sawah apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan makan micin mbak

      Hapus
    2. pati jadi kaya mi lidi abang-abang kebanyakan micin.

      Hapus
  5. Ceritanya gokil abis neng,,👍😀😀
    Salut buat aji yg bisa ngemong temen nya di sana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si aji setres mas kasian hahahaah

      Hapus
  6. Hahahaha jangan-jangan bungkus indomie juga disimpen nggak boleh dibuang, karena ada tulisan arabnya, dikira ayat alquran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah iya nih bener jangan-jangan samoe disakuin juga tuh ckckck

      Hapus
  7. Menurut aku yang ngejudge mbakAgnes itu berlebihan yaak #akubukanfansmbakAgnes

    Ah temennya sepupumu koplak bener,gokil tuh pas yang berdoa di depan papan iklan

    BalasHapus
  8. Hahaha iya. Tau tuh bertiga. Udah pada ga waras kayaknya

    BalasHapus
  9. Anjir ngasal abis doanya di papan billboard. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngasal bangeeet kurang piknik ituu

      Hapus
  10. banyak pro dan kontra mengenai AgnezMo,Btw semoga sepupu lo gak jomblo lagi yee wkwkwkw

    BalasHapus
  11. aku juga tau Agnez Mo dari lagu Goyang Dombretnya yang fenomenal. Semoga nggk salah paham lagi ya, orang Indonesia mah dikit2 nge-judge :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fenomenal banget sampe gue aja hapal banget loh lagunya. Di video klipnya juga mbak agnes lumayan woke

      Hapus
  12. tulisan arab emang sering dijadikan simbol tentang agama Islam. ya gitu.. btw nice post :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma orang kita ga neliti dulu maen samber aja

      Hapus
  13. tulisan arab emang sering dijadikan simbol tentang agama Islam. ya gitu.. btw nice post :D

    BalasHapus
  14. Simbol dari sensasi juga bisa jadi sih itumah, hvt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha seterah dia aja lah bang gue mah mendingan makan nasi uduk

      Hapus
  15. Simbol dari sensasi juga bisa jadi sih itumah, hvt.

    BalasHapus