KELAKUAN ABSURD PENUMPANG ANGKOT

by - 21.51

Di era globalisasi gini, siapa yang ga tau angkot? Salah satu moda transportasi yang saban hari berseliweran dan ngetem sembarangan. Ampun dah. Di negara ini kayaknya apa-apa sembarangan. Pipis sembarangan, buang mantan sampah sembarangan, buang upil ga pada tempatnya, sampe nikung pun ga liat-liat sikon dulu langsung geber aja. Angkot juga gitu. Nyalip ga tau aturan, berenti seenak udel, kadang narik bayaran juga ga sesuai tarif standar. Ga pernah gagal bikin darah naek pokoknya.

Selain eneg sama sopirnya yang sebagian ugal-ugalan dengan dalih kejar setoran, para penumpangnya juga sering bertingkah ajaib. Gue juga ga paham kenapa mereka bisa segitu bebasnya melakukan hal-hal aneh di dalam angkot. Jelek-jelek gini otak gue masih berfungsi. Gue bakal mikir dua kali dulu sebelum ngelakuin apa yang mereka lakuin. Misalnya:

Menjadi penumpang palsu. Awalnya si kenek koar-koar dengan rayuan gombalnya yang bilang "satu lagi neng, langsung berangkat niiii..." dan itu bikin gue langsung tergoda. Cape jalan kaki, naek angkot langsung ngeeeeng. Itu harapan gue. Gue juga liat emang di dalem angkot penumpang udah hampir penuh (bak mandi kali, penuh). Tapi nyatanya? Cuma gombal belaka. Beberapa penumpang yang daritadi berpose alay tiba-tiba keluar angkot dan ninggalin penumpang lain gitu aja. Apa-apaan, nih? Diketahui bahwa mereka bukanlah penumpang sebenarnya, tapi temennya si kenek. Sopir aslinya pun baru nongol 15 menit kemudian. Pengin gue banting sebenernya. Taktik kotor. Mengais penumpang dengan cara kagak elit. Kampret.

Nyusuin anak. Ini nih. Pernah ga sih di angkot nemu mahmud alias mamah muda yang netek-in bayinya tapi ga disensor? Bebas aja gitu ngeluain bakpaonya tanpa ngerasa berdosa sama sekali. Kalo cowok sih malah asik-asik aja ketiban rejeki. Gue? Malu. Pernah suatu saat si mamah muda netek-in dan penumpang cowok di sebelahnya malah ngeliatin gue. Salah gue apaan? Mahmud yang netekin kenapa gue yang kayak jadi tersangka? Gue gagal paham di sini. Maksudnya ngebandingin cup punya si mahmud sama gue atau si cowok naksir gue? Untung si ibu bawa anak cuma satu. Kalo kembar kan bakal dikeluarin dua-duanya. Malu kuadrat. Kalo gue jadi si ibu, gue ogah tuh kayak gitu. Bakpao gue, aset gue. Ga boleh diumbar sembarangan apalagi gratisan. Ini adalah jalan ninjaku.

Selain banyak banget orang yang jadi penumpang palsu dan mamah muda yang ga peka, angkot sejatinya adalah salah satu alat transportasi bagi alayer dan cabe-cabean. Dapet terpaan bau ketek ga semengenaskan dikasih pemandangan cewek-cewek dandan menor pake bando kuping kelinci. Ya Allah dosa gue segunung kali ya sampe dikasih hukuman segini beratnya. Blom lagi kalo hape mereka bunyi, ringtone-nya malah dangdut campursari yang liriknya ga kalah kampret sama lirik lagu Kufaku. Ngeliat pemandangan kayak gitu gue pun bersyukur ga pernah ada di zaman cabe-cabean. Alhamdulillah.

Tapi semua itu blom seberapa dibandingkan dengan adanya cowok mesum yang kerjaannya ngeliatin dari bawah-atas, atas-bawah dan minta kenalan. Kirain emang guenya cantik, ternyata sales minyak firdaus dan nawarin dagangannya tanpa peduli penumpang laen ngetawain gue. Siaaaal. Pantes aja cowok gue bilang kalo kecantikan gue hoax. Ternyata emang bener. Gue ogah-ogahan tapi si cowok mesum tetep nawarin dagangan. Gue jadi makin tau bahwa masyarakat negara ini emang kadar kepekaannya berbanding terbalik dengan jumlah jomblo yang ada saat ini. 

Pernah nemu yang kayak gitu juga ga, guys?







You May Also Like

18 komentar

  1. Banyak banget kejadian di angkot yang kadang kita sendiri sampai geleng-geleng melihatnya. Tapi ya.. dengan begitu kita jadi bisa tahu apa saja yang terjadi di mana-mana. haha. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan belajar supaya ga kayak gt hahaa

      Hapus
  2. wah bagus nih mba nya jadi pengguna angkot. ikut menjalankan program pemerintah untuk make transportasi masal daripada naik kendaraan pribadi.
    Gue sih dulu sering naik angkot sama emak. tapi sekarang udah ga lagi. karna waktu itu masih belum ngerti apa2 jadi ga terlalu merhatiin kelakuan penumpangnya.
    btw mahmud yg ngeluarin bakpaonya itu sampe sekarang masih naik angkot ga? Gue penasaran hahahaha :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini panjang lebar ujungnya kagak enak banget ye? HAhahaha masiiiiiih.

      Hapus
  3. Hahahaa itu apa bangte ibu-ibu yg dengan bangga ngeluarin tetenya. Pemuda di samping lu juga kenapa langsung ngeliatin lu. Hahahaa mesum ih itu.
    bhahaa cabe cabean banget, pake bendo kuping kelinci. :'D

    Aku udah lama ngga naik angkot. Sejak SMP hahaa
    kangen naik angkot deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga jarang naek angkot. Sekalinya naek penumpangnya pada gitu hahahaa

      Hapus
  4. Lagian udah jamannya Gojek lu masih aja neliti angkot .. hmmm
    ya dari jaman Nabi Adam sampe Adam Malik .. angkot ya kelakuannya suka gitu .. bwahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa sih mentang2 lu sukanya boncengan sm abang gojek hhaaah

      Hapus
  5. Anjay kalo ketemu mahmud yang netekin suka pengen jadi anak kecil lagi wkwk. BTW ada lagi tipe perokok tanpa dosa sama mbak-mbak atau ibu-ibu bau ketek hmm sedep banget dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh ibu-ibu bau ketek mah sumpaaah ga tahan hahaha bikin kepala puyeng

      Hapus
  6. begitulah dunia per-angkotan di negara ini. belum lagi berita2 kriminal bersliweran terkait angkot ini.
    kaum hawa perlu berhati2..

    gue sih, kemana-mana lebih suka naik motor. cepat, gesit, bisa nyelip2 :D angkot mah kelamaan ngetime -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah tapi motor suka grasak grusuk jg sama kayak angkot ah. Kemaren gue liat pengendara motor jatoh gitu serem kasian berdarah gitu

      Hapus
  7. yang liatin ka tuh kayanya ngasih kode tuh.. suruh buat disensor neteinnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha arah amat emang gue badan sensor nasional

      Hapus
  8. Absurd selalu deh, gi ..
    Bener banget tuh yang masalah mahmud,ngeganggu -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama ni kita. Bener ya, malah kitanya yang risih kalo ada mahmud kayak gitu

      Hapus