DERITA JOMBLO KOSAN

by - 19.18

Seminggu lalu saat gue asik ngejilat-jilat es krim, ponsel gue berdering nyaring dan tampak nama sobat gue di layar. Gue angkat dan bilang halo. Suara dari seberang pun nyahut. Tapi dari nada suaranya yang tersendat-sendat dan menggema, gue rasa dia sedang ada di jamban dan entah ngapain. Yang pasti gue denger suara aer keluar deres dari keran. Gue curiga dia sedang melakukan tindakan ilegal yang mengakibatkan sabun cepet habis. Gue pun mengerutkan dahi. Anak kosan sembrono banget ngabisin sabun awal bulan gini. Suara si sohib masih terdengar horor, maka gue minta dia nelpon beberapa menit kemudian.

Ponsel gue pun bunyi kembali. Ternyata sobat gue itu habis muntah-muntah akibat sakit. Katanya baru diputusin oleh cewek yang udah 2 taun menjalani hubungan. Hubungan pertemanan. Oh, ternyata dia kejebak friendzone dan merasa diputusin karena si cewek ditembak orang dan nerima. Akibatnya dia frustasi lalu mengalami kepusingan yang menyiksa.

Hal yang mengenaskan dari dirinya adalah, selain statusnya yang jomblo, dia pun tercatat sebagai salah satu anggota jaringan kosan nasional yang jauh dari orang tua. Kasian. Gue pun nge-pukpuk dari jauh dan mendoakan semoga dia ga ada niatan gantung diri di pohon jagung karena percuma.

Gue mendesah pelan, mikirin si sobat yang nasibnya ga jauh beda sama Pat Kay. Dari obrolan gue sama dia, diketahui bahwa sakitnya akibat terlalu banyak makan makanan berlemak. Rendang, iga penyet, sate, pecel dan kari ayam. Dalam bentuk mie instan. Putus cinta mah alesan doang. 

Gue jadi prihatin. Sejak cabe-cabean blom lahir sampe hestek kami tidak takut muncul, derita anak kosan berstatus jomblo ga pernah berubah. Gitu aja terus. Monoton. Stagnan. Ga ada yang ngingetin makan, malming kesepian, bobo sendirian, transferan telat, dompet krempeng, muka suram, diomelin ibu kos, dan akhir bulan cuma bisa makan nasi bungkus. Bungkusnya doang.
Gue jadi sedih. Gimana kelangsungan hidup temen gue dengan kondisi yang memprihatinkan kayak gitu? Apa dia sanggup bertahan? Apa dia masih punya gairah untuk nyabun bangkit dari keterpurukan? 

Beberapa hari setelah itu pun gue memantau dirinya lewat wassap, ngingetin dia sholat juga menghibur dirinya yang tengah gundah gulana. Paling ngga, support gue berikan biar sobat gue ga melulu sedih lalu muterin tiang listrik sambil nyanyi lagu india. Tapi tiba-tiba, beberapa hari kemudian, sesuatu tak terduga terjadi.

Gue pikir dengan situasi dan kondisi rumit yang dia alami, si sobat bakal frustasi dan jadi begal becak. Gue salah. Ternyata sobat gue bisa seger kembali. Entah berapa bungkus kuku bima yang dia tenggak.


Sobat: Gi, gue mau bangkit. Mau berdiri. Meskipun gue jomblo dan ngekos sendirian, gue ga takut. Gue cuma geli sama kecoa terbang.

Gue: Serius lo udah baikkan? 

Sobat: Iya. Gue ga mau letoy apalagi lemah syahwat. Gue harus kuat, Gi. Gue ga mau lagi kejebak frenzone. Gue ga mau sakit lagi. Mulai sekarang gue sendiri yang harus memotivasi agar kejadian kemaren ga terulang kembali.

Gue: Baguslah kalo gitu. Btw lo lagi nyetel lagu Bagindas? 

Sobat: Iya, Gi.  

Gue geleng-geleng kepala. Tapi gue salut. Persepsi gue tentang derita jomblo kosan ternyata ga semua mengenaskan. Masih ada yang bisa tegar menghadapi cobaan, contohnya sobat gue itu. Ga tau kalo yang lain.


You May Also Like

12 komentar

  1. Ini kenapa bisa ada cewek ngeblognya lucu begini ya?

    Diputusin setelah 2 taun menjalin hubungan, hubungan pertemanan lah. Makan nasi bungkus, bungkusnya doang lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ga suka ngegalau soalnya bang. Makasih selalu mampir ya. ITu si Saitama udah ada lawannya? AHahahhaa

      Hapus
    2. Nah kan, sama nih sama pertanyaan gue kemaren...

      Hapus
  2. Oh gitu ya?? Bagus deh. Saya bakal mampir terus kayaknya. Sambil berharap nemuin punchline di sini. Biar bisa jadi lawan Saitama, One Punchline.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini cuma ada ODOJ bang. One day one jomblo

      Hapus
  3. Kasian bet kena prenjon. Yaoloh. Dua tahun lagi.

    HAHAHAA nggak tau kenapa, itu pas bagian akhir nyetel lagu bagindasnya bikin ngakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagian katanya udah bangkit tapi nyetelnya lagu begituan hadeeeh gagal fokus tu bocah

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih. Kata tetangga saya juga gitu hhaa

      Hapus
  5. intinya sih mup on aja xD


    jarang2 cewek tulisannya kocak dan asik kaya gini heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Move on itu hampa...hampa adalah kosong. Gitu sih kata Tong Sam Chong

      Hapus