CINTA PERTAMA

by - 21.26


Cinta pertama. Cinta yang sanggup bikin manusia jadi bego mendadak, bikin manusia jadi sok ngerasa dewasa sebelum waktunya, sebelum dia tau apa arti dewasa yang sebenernya. Juga, ngerasa paling berpengalaman hanya gara-gara menjadikan file 3gp sebagai serial favorit. Dan memang, manusia kadang mungkin ga akan pernah dewasa kalo menyangkut tentang first love. Tentang perasaan perdana pada lawan jenis. Lawan jenis yang entah kenapa liat dia ngupil aja kita girang banget sampe nulis di diary. Huweeeek!

Cinta pertama. Cinta di mana untuk dapetin perhatiannya, semua hal konyol bakal dijabanin entah itu berhasil atau ngga. Cinta yang bakalan selalu diinget. Cinta yang ga bakal bisa dilupain. Cinta yang akan selalu nyimpen kenangan-kenangan campur aduk. Manis, pait, asin, pedes, kecut, juga asem kayak keteknya satpam depan komplek.

By the way, lo semua masih pada inget ga sama cinta pertama yang lo alami? Apa episode-episode cinta pertama lo manis?

Masih inget ga gimana sensasinya papasan sama si dia di depan tukang teh botol lalu di cie-in? Masih inget ga moment jadian lalu ngedate di teras mall? Ah, serasa dunia milik berdua dan yang laen ngekos doangan. Pokoknya di mana ada elo di situ ada dia. Di mana ada dia di situ ada elo. Komplit dan sempurna dah kayak nasgor karet dua.

Tapi, proses cinta pertama juga banyak yang ngenes. Masih inget titip-titpan salam tapi ternyata salah sasaran? Masih membekas ga gimana rasanya pas mau nembak dia tapi keburu ditikung temen? Ahhhh...ga ada duanya. Sakit! Perih! Kayak jari kejepit pintu, berdarah, terus ditetesin betadin. Cowok mana pun pasti bakal nangis meski nangisnya sembunyi-sembunyi, persis kaya lagi kentut. Diam-diam...kemudian bau.

Cinta pertama adalah batu lonjakan untuk mencapai kesadaran bahwa ga semua hal itu menyenangkan kayak pas zaman anak-anak dahulu kala. Bangun tidur, nonton tipi, hujan-hujanan sambil bugil kagak ada yang protes, main dokter-dokteran sama anak tetangga juga asik-asik aja. Palingan nangis itu kalo ketinggalan satu episode Power Ranger. Soal cinta pertama? Beda jauh!

Tapi soal perasaan, ga bisa maen-maen. Ngeliat saingan banyak, konsentrasi bejalar keganggu. Padahal mempertahankan rangking 22 dari 25 siswa udah lumayan menguras nyawa. Ngeliat dia jalan sama cowok laen, rasanya kayak ditikam sama tusuk sate 100 biji bekas makan Suketi. Nyeri. Blom lagi nerima kenyataan bahwa yang ditaksir sama sekali ga ngelirik kita gara-gara kita banyak kekurangan. Kurang ganteng, lah. Kurang tajir, lah. Kurang ajar, lah. Banyak alesan pokoknya. 

Tapi ga ada yang lebih mengerikan dibandingkan cinta pertama yang harus kandas disaat sedang unyu-unyunya, sayang-sayangnya, cinta secinta-cintanya. Dua-duanya saling cinta, tapi perbedaan dan keadaan harus memisahkan. Entah gara-gara dijodohin sama orang lain atas pilihan orangtua, gara-gara beda agama, beda prinsip juga beda status sosial. Hal-hal kayak gitu mau ga mau masih aja kerap terjadi di dunia persilatan. Eh, percintaan. Dan ketika ga ada jalan keluar, perpisahan menjadi pil segede gaban yang harus ditelan. Air mata pun jatuh. Netes ke dada, paha, lalu dua insan yang tadinya saling sayang statusnya jadi sama. Sama-sama jadi Mantan.

Tapi ketika mengingat cinta pertama dan segala penderitaan yang ada saat mengalaminya, kita bakal dapet hikmah. Itu udah pasti, meski banyak di antara kita yang ga terima atau si hikmah blom juga nongol. Yang ada cuma kenangan dan utang mantan yang ternyata blom dibayar. Cinta pertama mengajarkan bahwa semanis apapun, harus selalu dijadikan memori terbaik. Sepahit apapun, ga boleh disesali. Cinta pertama, bagi sebagian orang mungkin ga berhasil. Tapi ga akan bisa dipungkiri bahwa cinta pertama adalah satu fase dalam hidup yang tidak akan pernah tergantikan.

You May Also Like

8 komentar

  1. Cinta pertama akan selalu hidup, tapi cinta sejati akan menenggelamkannya hidup-hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuuuh lagu-lagunya udah ketemu nih smaa cinta sejatinya ya bang? hahaha

      Hapus
  2. eleuh-eleuh..
    Ya cinta pertama mungkin bakal jadi kisah yang paling sulit dilupakan, mau sepanjang perjalanan ketemu sama cinta-cinta yang lain tapi kalo ketemu sama cinta pertama lagi pasti rasanya tetep sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa apes amat ketemy mulu tuh. Pasti salting

      Hapus
  3. Wadaw bener banget ini mah. Cinta pertama fase yg nggak mungkin kita lupakan meskipun jarang ada yg berhasil pada cinta pertamanya.

    Hahahaa bener banget. Dulu mau telanjang bulat mandi hujan di luar juga nggak papa, nggak ada mikirin tentang cinta-cintaan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((telanjang bulat)). Ngga persegi aja?

      Hapus
  4. Cinta pertama itu kalo diinget inget ya kadang bikin senyum senyum sendiri sih. Lucu aja ngingetnya ketika kok bisa ya ngelakuin hal konyol semacam itu dulu. Meskipun emang secara gak langsung ada sisi pelajaran yang bisa diambil dari kejadian itu sih #edisibijak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edisi curhat haha. Oya emang gitu tu cinta pertama. Ga bs dilupain.

      Hapus