CINTA DUA ARAH

by - 11.38

Dalam cinta, dua arah itu penting. Kalo cuma satu arah, biasanya ga bakalan nyambung. Ada hal-hal paling utama yang harus mencakup dua arah kalo udah menyangkut percintaan. Kejujuran, pengertian, perhatian, kepercayaan dan komunikasi. Salah satunya timpang bisa ditopang sama sisanya. Tapi kalo semuanya hanya dilakuin satu arah, mendingan putus aja dah. Kagak bakalan berhasil.

Pertama, Kejujuran. Jujur dalam suatu hubungan itu gampang-gampang susah.

Cowok: Yank, aku...suka ngupil sambil dipeperin ke meja dosen

Cewek: Ga apa-apa, Sayang. Aku seneng kamu jujur. Aku juga mau jujur sama kamu

Cowok: Apa?

Cewek: Aku sering cepirit tapi suka ga ngaku, yank.

Cowok: Apaaa???

Meski menyakitkan, kejujuran dua arah sangat krusial. Jangan sampe kebiasaan-kebiasaan jelek ditutupin. Buka aja, biar saling paham satu sama lain dan saling memaklumi. Kekurangan seseorang dan kita memakluminya tanpa keberatan adalah tanda bahwa kita akan siap hidup dengan si dia apapun konsekuensinya.

Kedua, pengertian. Jika yang pengertian cewek atau cowoknya doang, yang ada salah satunya akan memendam perasaan ga nyaman yang justru berujung kesetresan (lah, bahasanya kesetresan). Ini bahaya. Ngapain punya pasangan tapi curhat aja ga bisa? Speak up. Biacarain semua yang lo suka dan ga lo suka dari pasangan. Ini masih tetep berkaitan denga kejujuran cuma nambahin bumbu aja. 

Mengerti pasangan ga bisa dipelajari dalam waktu singkat. Butuh waktu dan penyesuaiannya pun ga semudah membalik telapak kaki. Kaki mantan. Misalnya, si cewek tipe terbuka yang punya sahabat cowok. Si cowok, keranjingan game bahkan suka maen sampe tengah malem. Pengertian yang harus dipupuk di sini, si cowok membebaskan pasangan untuk berteman dengan siapa aja dan si cewek menjaga batas. Si cewek memahami hobi si cowok maen game dan si cowok mengatur durasi maen gamenya. Dua-duanya nyaman. Gampang, kan?

Ketiga, perhatian. Ini bukan masalah sepele. Perhatian timbal balik emang paling yahud untuk setiap hubungan. Jangan sampe perhatian hanya dikasih oleh ceweknya aja, atau cowoknya aja. Jika salah satu ngerasa kurang perhatian, ga ada jaminan dia akan tahan. Efek buruknya, yang kekurangan bakal nyari tambahan, dan itu dari orang lain. Serem, kan? 
Keegoisan emang harus dienyahkan soal perhatian ini. Memberi perhatian ga melulu harus berupa materi. Nanya udah pipis atau belum, udah bayar kosan apa belum adalah salah satu contoh perhatian. 

Keempat, kepercayaan. Entah itu long distance atau ngga, kepercayaan sangat dibutuhkan. Dua orang yang saling sayang, beda kampus, beda tempat kerja, beda lingkungan pertemanan dan beda kebiasaan ga bakalan berjalan dengan tenang kalo ga ada kepercayaan di dalamnya. Ketika berjauhan, pasti akan bertanya-tanya si dia lagi apa, dengan siapa, di mana. Percaya dan ga nebak-nebak seenak jidat adalah tindakan yang tepat. Saling jaga kepercayaan keuntungannya gede. Sama-sama nyaman, ga khawatir dan hubungan terus berjalan.

Kelima, komunikasi. Komunikasi satu arah sama aja kayak ngomong sama tembok. Komunikasi bagi sebuah hubungan harus ada tiap hari. Omong kosong banget yang bilang ga usah komunikasi tiap hari karena udah paham hati masing-masing. Ga perlu ketemu setiap hari mungkin bener, tapi komunikasi tetep harus ada. Ga ngabarin sebulan? Putusin. Ngabarin cuma sepatah dua patah kata dan ga mengindahkan omongan lo? Putusin. Penginnya hanya selalu didengerin tapi ngedengerin lo ga mau? Putusin. Komunikasi dua arah akan menjaga kestabilan hubungan. Percaya atau ngga, komunikasi yang kurang intens bakal ngasih celah sama orang lain yang bisa melihat kesempatan untuk masuk. Kagak mau, kan?

Hubungan dua orang itu rumit-rumit simple. Rumit kalo hal yang simple dibikin ribet, tapi bakal simple kalo hal ribet ga ditambah sehingga menjadi keruwetan yang sebetulnya bisa diatasi oleh kelima hal di atas.

You May Also Like

12 komentar

  1. Bagas : Yank tadi aku liat kamu berteduh di depan Cafe Luwak. Sayangnya aku gak bisa nyamperin, kalau keluar dari Bis bisa basah kuyup. Pinginnya sih ngopi berdua anget2 ma kamu..he (Via BBM)

    Suci : Oh, makanya, pas aku berteduh tadi tiba - tiba kuk kepikiran kamu yank. Ternyata dirimu diam - diam melintasi hatiku.(Via BBM)

    Bagas : Alah, bisa gombal kamu yank, yaudah yawh aku bubuk dulu, Antuzzz...ZZzzZZ (Via BBM)

    Suci : Iya Anton, met bubuk juga. Boleh kuk besok lagi traktir aku di Cafe...he (Via SMS)

    Bagas : Loh yank, kuk balasnya lewat sms. Lagian anton siapa? Ooo, jadi kamu tadi ternyata..@#$%^&&*(( (Via BBM )

    Nah, kasus diatas enaknya dinamai Cinta Segitiga atau Cinta Tiga Arah Bunda???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kebablasan bang hahahaha parah amat itu selingkuh dah

      Hapus
    2. hahahaa salah kirim membawa duka, keceplosan haha

      Hapus
    3. Membawa [etaka banget itu hahaa

      Hapus
  2. Ini teori yang mungkin semua orang udah pada tau, tp paling sulit diterapkan di kehidupan nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia point-nya. Pada mraktekin ga?? Hayooo

      Hapus
  3. Cinta itu tidak bisa dg teori dan masing masing berbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan cuma teori, soalnya pengalaman gue juga ni

      Hapus
  4. wkwkw, teori yang udah pada tau x yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski pada tau tapi cuma dikit yang mraktekin kwkwkwk ya kaaan?

      Hapus
  5. Mantap blog dan Artikelnya senang bisa menyimak . .. TOP BGT dan salam kenal aja !

    BalasHapus