ORANG KEREN PANTANG NGOPAS

by - 19.59

Akun dagelan kembali disorot gara-gara lagi-lagi ngopas twit-twit yang nongol di linimasa, entah itu milik selebtwit atau bukan. Soal copas-mengcopas ini mengingatkan gue sama akun Dwitasaridwita yang isi twitnya hasil nyolong semua. Sama sekali ga kreatif dan kurang kerjaan. Pengangguran. Akhirnya jadi maling tulisan orang. Dapet duit, ketenaran, tapi ga berkah.

Soal copas mengcopas ini sebenernya udah ada dari zaman jomblo alay pake celana gemes dan juga udah muncul ke permukaan sejak 1919. Eh, itu sih jamu Nyonya Meneer. Maksud gue, tindakan ga terpuji yang nyolong tulisan orang tapi ga mencantumkan sumber udah marak terjadi sejak dulu kala. Tapi untuk akun Dwita dan Dagelan, gue baru tahu belakangan. Maklum, gue ga follow dua akun tersebut, ga kenal siapa penghuni akun-akun itu dan jujur aja...ga mau kenal.

Sebagai blogger yang kerjaannya nulis, gue nyadar kalo merangkai kata itu susah, lebih susah daripada nikung gebetan temen. Nulis selain membutuhkan konsentrasi, materi, juga sangat memerlukan kreatifitas. Kreatifitas dalam menulis itu ga nongol begitu aja kayak ketemu mantan di trotoar, tapi dilatih sedemikian rupa. Gue rasa sangat wajar kalo seseorang marah akibat tulisannya dicopas tanpa izin. Kalo dicantumkan sumber jelasnya, itu lain cerita. Minjem dan jelas siapa pemiliknya.

Gue pernah mengalami pembajakan tulisan. Untungnya pas ditegur, orangnya ga balik marah atau nyium gue. Dia tulus minta maaf dan berjanji ga mengulangi lagi. Gue maapin meskipun saat itu belum lebaran. Selain tulisan, nama pena gue Agyasaziya Raziev dicopas dan dijadiin nama akun pesbuk seseorang. Ketika ditanya, orangnya ga mau ngaku dan enggan mengganti nama itu. Gue yang aslinya emang cuek akhirnya memutuskan untuk ganti nama pena. Berurusan dengan copaser sejati asli bikin kepala gue peyang. Tapi satu yang pasti, copaser adalah peniru yang ga bakal jadi keren gimana pun banyaknya nyuri hasil karya orang lain. Penulis original akan bisa terus menelurkan karya. Copaser? Tetep terbelakang dengan keahliannya yang ga elegan.


You May Also Like

12 komentar

  1. Hahaha itu btw nama agiasa zarive bukan nama pasaran ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan laah cari aja kalo ga percaya

      Hapus
  2. mampir ke yolandayurizky.blogspot.com ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak kayaknya pas jadi mentor online buat ngeblog oh ya ntar lagi pulsa modem abis mungkin gak terlalu sering internetan

      Hapus
    2. sama follow blog aku ya aku

      Hapus
    3. Oia yang penting rajin nulis dan perhatikan tanda baca yaa

      Hapus
  3. psicopat (penjahat sistem copy-paste) is everywhere yaa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Harus hati-hati nih kita dari orang-orang kayak gitu dan sebisa mungkin kitanya juga ga ngopas.

      Hapus
  4. kadang copaser emang nyebelin. Mungkin yang fb itu karena ngefans sama mba :D

    nama penanya keren. Aku mah gapunya --

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara ngefans yang ga elegan...lagian ngapain ngefans cewek amburadul kayak gue hahha kayak ga ada kerjaan aja. Ayo nerbitin buku dong say biar pake nama pena

      Hapus