HAL-HAL YANG BIKIN JOMBLO BAHAGIA

by - 12.01

Menjadi jomblo sebetulnya ga ngenes-ngenes amat, cuma gampang dibully dan dicap belom laku. Padahal jomblo itu mulia karena rajin menabung dan ngga sombong. Apa yang mau disombongin gebetan aja kagak ada. Kalo dipikir, kehidupan jomblo patut diteladani dan ditiru. Banyak jomblo yang sukses di dunia. Dunia lain. Misalnya aja Dijah Yellow. Gue bener-bener angkat topi sama para jomblo yang bisa meng-cover sisi kengenesannya dengan senyuman palsu. Ga gampang untuk kuat di hadapan setiap orang. Ga gampang nyembunyiin mata sembab habis nangis di bawah shower rusak saat berada di kerumunan. Bayangin aja berapa banyak kamuflase yang harus dirancang sama jomblo untuk menutupi penderitaan selama ini. Ahhh...!

Tapi penderitaan jomblo berbanding lurus dengan kebahagiaan yang didapet. Segala sesuatu itu punya dua sisi kayak kanan sama kiri, kayak cowok sama cewek, kayak gue sama elo, kayak sisi atas bawah koin gopean atau side A dan side B dari kolor yang lo pake. Jomblo juga gitu. Kadang apes, kadang bikin gemes. Kadang sengsara, tapi pernah juga bahagia. Nah, biasanya jomblo itu merasa bahagia dikarenakan hal-hal ini nih:

Dompet Tetep Tebel

Pacaran itu menguras keuangan. Cewek, apalagi ketika pedekate, hanya dikit yang mau disogok pake kue cubit atau cireng isi. Sisanya pengin makan di kafe yang seporsinya bisa 50 rebu blom termasuk minuman dan oleh-oleh buat nyemil di kosan. Jomblo bisa lebih punya banyak kesempatan untuk menabung. Palingan nraktir temen-temen cuma di awal bulan doangan, itu juga di angkringan. Kalo ngedate sama pacar bisa-bisa terjadi tiap malam minggu dan di tempat elit. Dompet sekarat, kiriman duit dipending sampe bulan depan gara-gara panen gagal, blom lagi nunggak uang kuliah dan kosan. Astabajiiim dirukyah aja mendingan dah.

Hemat Energi

Cewek: Sayang, anterin aku ke salon ya...tapi tungguin sampe aku kelar..3 jam kok ga lama. Ga apa-apa, kan? 

Cowok: Iya, siaaap.

Cewek: Sayang, high heels aku yang 15 senti udah rusak. Anterin belanja ya...

Cowok: Oke no problem, beb

Cewek: Beb, aku ada ujian di kampus jam 7 pagi. Rumah kamu kan jauh, jadi berangkat habis subuh buat jemput aku yaaa...

Cowok: Hoaahm...iya...tapi ini masih jam 3 pagiiii...

Cewek: Yank anterin aku ke mall dong mau hang out sama geng aku. Kamu tunggu di parkiran aja yaaa...

Cowok (Dalem hati): Lama-lama gue ga ada bedanya sama sopir Gojek.

Jomblo ga bakalan merasakan kenistaan seperti kejadian di atas. Segimanapun cowok bilang kalo anter jemput pasangan itu oke-oke aja, di hatinya mah pasti ngeluh juga. Apalagi kalo ceweknya model manja level akut kayak gitu. Gue rasa kaki si cewek habis dipotekin Naruto sampe ga bisa jalan sendiri. Kadang cewek mikir kalo cowoknya itu pengangguran, ga kuliah, ga kerja, ga butuh maen sama temen-temennya dan ga perlu ngerjain tugas dari dosen. Beda cerita kalo cowoknya ga mau diputusin. Disuruh ngepel jalan tol juga bakal dilakonin.

Jomblo masih selamat dari peristiwa melelahkan seperti itu. Bener-bener hemat energi. Ga hanya energi di tubuh tapi juga energi kendaraan yang bisa dihemat sampe beberapa bulan ke depan. Dompet makin utuh dah. Asik.

Bebas 

Jomblo mah bebas ga ada yang ngelarang. Mau ngupil sembarangan, ga mandi pagi, bobo sampe siang, maen PES sampe mata jereng, ga akan ada yang ganggu. Kalo soal makan, pacar ga perlu dijadiin senjata. Suara mengaum dari dalam perut udah cukup sebagai pengingat. Kata jomblo mah nyantai. Seperti kata pepatah bernama anonim, semua akan ikeh ikeh kimochi pada waktunya. Iya. Semua akan bahagia pada waktunya.

Ga Pernah Berantem 

Ga seperti orang pacaran, jomblo mah pantang berantem sama pasangan karena emang ga punya. Berantemnya sama begal, sama ibu-ibu naek motor yang php saat menggunakan lampu sen, pegawai Indomerit dan ibu kos yang nagih uang bulanan di tanggal tua. Ga pernah berantem sama pasangan merupakan kebahagian tersendiri. Tapi lebih bahagia lagi ngeliat pasangan lain berantem di sosmed. Syukur-syukur sampe putus. Ga kenal sih, tapi liat yang pacaran adu mulut di temlen rasanya adem bener. Begitu kira-kira ungkapan hati jomblo mengenai pertengkaran antar pasangan. Mau ga mau hal itu bisa diambil hikmahnya. Jangan sampe kalo udah dapet pasangan, ngumbar kemesraan seenak jidat di sosmed, berantem juga terang-terangan. Dasar pasangan alay.

Skripsi Cepet Beres

Salah satu alasan kebahagiaan jomblo adalah kesuksesan nyelesein skripsi. Berantem sama pacar bisa bikin mood terjun bebas dan ga berselera ngelakuin aktifitas apapun. Apa-apa ga nafsu. Males makan, males mandi, males ngerjain tugas, males ganti celana dalem sampe males mikirin dunia. Dunia fantasi. Jangankan makan, ngelap ingus aja ditunda. Tapi jomblo punya otak yang lebih luang, ga dijejali dengan pikiran mengenai pacar. So, wisuda pun tinggal beberapa langkah aja.

Ga Ngerasain Sakitnya Putus Cinta 

Ini nih yang membahagiakan para jomblo. Ga ngerasain sakit hati diputusin. Apanya yang putus cinta jadian aja kagak. Meski pastinya ngiler dimanjain seseorang, jomblo lebih bisa siap untuk lebih dewasa tanpa merasakan pedihnya putus tali kasih yang dibina sejak lama. Pacaran lama, duit abis, badan kurus kering, eeeeh putus di tengah jalan. Heran mau-maunya. Ga takut ketabrak bajaj kali ya putusnya di tengah jalan kayak gitu? Coba di teras depan rumah aja. Udah adem, ada kursi, sekalian bisa minta sirop sebagai pereda kesedihan. Ajib kaaaaan?

Nah, ada lagi yang mau nambahin?

You May Also Like

10 komentar

  1. HAHA jomblo memang bahagia, namun terkadang ada saja sisi yang membuat kita bertanya, jadi kita bahagia dengan siapa? bahagia sendirian? karena menurutku bahagia yang menyedihkan adalah ketika bahagia seorang diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahagianya sesaat doang hahahhaa

      Hapus
  2. klo saya, jomblo bahagia itu jomblo karna kemauannya sendiri, kalo jomblo tapi pengen punya pasangan itu baru namanya jomblo g bahagia

    BalasHapus
  3. tambahin

    bisa ngerebut pacar orang

    hasekk, hajar bleh. . .

    BalasHapus
  4. hahaha jomblo itu irit seirit-iritnya.. yah paling ngak ngak perlu ngutang banyak2 klo keuangan lagi ngak sehat.. itu *ter-mario teguh*

    BalasHapus
  5. iyasih sebnernya banyak senengnya kalau jomblo . awet duit, awet tenaga, awet waktu juga .. banyakan me time deeh ... haha

    BalasHapus