EBOOK GRATISAN

by - 08.31

Hari gini dapet gratisan? Apa kata mantan? Kentut dan batuk di jamban umum aja bayar. Tapi jangan salah. Di saat orang-orang mulai mengkomersilkan segala hal, masih ada orang yang dengan ikhlas bagi-bagi rezeki secara cuma-cuma. Bukan berupa duit atau cowok ganteng, tapi ebook. Apa??? Ebook? Iya ebook. 

Beberapa hari yang lalu gue dapet surat kaleng di twitter dari seseorang bernama Doni Jaelani. Doni ini temen gue di dunia maya. Mirip sama pewangi pakean yang tiap sasetnya cuma 1000 perak. Eh, itu sih Downi. Assudahlah. Namanya sakral banget ya geas? Sesakral mukanya sampe-sampe gue ga berani nampangin tuh muka di lapak ini. Dia nawarin gue sesuatu.

Doni: Gi, lo mau dapet barang gratisan ga?

Gue: Wah gratisan? Serius, bray? Bukan sempak bekas, kan?

Doni: Kagak. Ini masih gres langsung dari pabrik.

Gue: Apaan? Sempak anyar?

Doni: Dasar otak sempak. Barang gratisan yang gue maksud adalah Ebook yang gue tulis sendiri.

Woooh, ini yang gue suka. Ebook itu tulisan. Tulisan berasal dari kreasi otak yang diolah sedemikian rupa biar enak dibaca. Jarang-jarang ada yang mau bagi-bagiin ebook tanpa harus bayar, tulisan sendiri pula bukan ditulisin sama emaknya. Bener-bener pemuda kekinian. Gue pun tertarik dengan karya anak bangsat yang satu ini.

Gue: Mauuuuuu....!!! Gue mau ebooknya.

Doni: Tanpa bayar alias gratis tapi lo harus kasih opini mengenai blog gue dan alesan kenapa pengen ebook gue lalu kirim ke email ya.

Alaaah gampang. Meski ternyata ada syarat dan ketentuan yang berlaku kayak promo sembako di Indomerit, gue ga keberatan. Ini ringan karena ngirim opini dan alesan kenapa pengin ebook lewat email lebih gampang ketimbang ngirim lewat pos. Kebetulan gue suka banget nyari-nyari alesan sejak duduk di bangku SD. Oh ya, blog Doni Jaelani yang dinamai Dijeh Theory adalah salah satu blog yang selalu gue tunggu kehadirannya, gaes. Blog cowok ganteng asik alumni Institut Pertanian Bogor ini bisa dibilang salah satu blog yang setiap tulisannya selalu menginspirasi gue. 

FYI, tiap dia posting lalu gue baca, ide yang mampir di otak suka tiba-tiba muncul tanpa diduga. Persis kayak mantan. Sering banget gue dapet ide nulis setelah baca tulisan-tulisannya, tentunya dimodifikasi tanpa ada indikasi nyontek sama sekali. Bagi gue, blogger keren adalah blogger yang mampu meramu tiap ide entah original atau terinspirasi dari orang tapi lahir dengan bentuk dan model baru alias kagak niru. Aiiih sedap banget kan kayak tempe orek di warteg?

Setelah membaca doa mau makan dan ayat kursi gue pun langsung kirim email. Email yang gue layangkan adalah gombalan mengenai pendapat gue tentang blog milik Doni dan alasan ga masuk akal mengapa gue layak dapetin si ebook gratisan. Soal ngemodus mah gue udah terlatih. Gue banyak belajar cara gombal dari blog dia. Jadi dengan hanya ngedipin mata, Doni pun bersedia ngasih ebook gratisannya ke gue dan meluncurkannya lewat email balesan. 

Soal tulisannya? Hahaha bikin ngakak! Ebook Dijah Theory kebanyakan diambil dari blog miliknya, bukan dari jemuran gebetan. Sebagian besar isinya udah gue baca dari blog, tapi tetep aja gue seneng karena bentuknya ebook. Punchline dan komedinya dapet banget. Judul-judul tulisannya pun lumayan catchy dan ada yang gue jadiin favorit. Misalnya Pelajaran dari Tukang Parkir. Dari tulisan itu gue akhirnya tau bahwa Doni mirip sama tukang parkir apalagi kalo cuma pake celana bola, baju lusuh, sendal jepit dan muka yang belom diupgrade. Kata dia itu juga. Pelajaran yang gue ambil sih, gue ga bakal pake celana pendek ke Indomerit atau Alpamacet. Gue kan jilbaban. Masa iya pake celana pendek. Serem.

Selain itu, tulisan mengenai Maroon 5 bener-bener bikin gue guling-guling kagak berenti. Gue bersyukur Doni bukan gitaris atau drummer Maroon 5. Kebayang ngenesnya saat tiap kali bikin pidio klip dan Adam Levine selalu jadi modelnya, Doni bakal gigit jari. Jarinya Adam. Adam suaminya Inul. Aaaarghh!! Abaikan!

Adegan-adegan begituan yang dilakoni Adam hanya bisa dipantengin doang dan Doni kagak bisa ikut mereguk kenikmatan dunia bersama model cantik yang jadi pasangan Adam di pidio klip. Lagian kalopun Doni ikutan nampang ngelakonin adegan syur, si model cewek gue yakin kagak mau. Dia pasti lebih milih jadi modelnya Kufaku Band daripada berpasangan sama Doni. Asli ngenes.

Ada juga tulisan tentang MCR atau My Chemical Romance, salah satu band kedemenan gue yang sayangnya udah bubar. Lagu MCR yang dikaitkan dengan putusnya Doni dengan pacarnya sungguh sangat epik. Gue jadi ngeh bahwa Doni selama ini hanya setengah jomblo karena sempet pacaran sama cewek. Turut berduka atas putusnya tali pusar asmara Doni dengan sang mantan. Tenang aja, bakalan ada gantinya yang jauh lebih kece kok, sampe pelaminan dah pokoknya. Tapi ada yang kurang menurut gue. Seharusnya Doni nulis juga tentang Dijah Yellow secara namanya mirip. Dijeh Theory. Dijah Yellow. Tapi kenapa dia ga mencantumkan nama cewek itu? Ini menimbulkan spekulasi, asumsi dan imunisasi. Jangan-jangan mereka berdua....aaaassudahlah.

Over all, gue suka sama ebook gratisan yang Doni kasih. Lawakannya pas, ga kelebihan garem atau kurang gurih. Ada banyak typo tapi ga terlalu masalah buat gue meski tentunya harus diperbaiki. Dan...gue malah kepikiran untuk duet novel sama nih bocah. Hmm...who knows.



You May Also Like

12 komentar


  1. Sini bagi ebooknya ke gue. Diem2 aja jngan kasih tau si dijeh yellow nanti marah dia. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha izin dulu napa ntr gue kasih gratisan daaaah hahahahahaha

      Hapus
  2. Wadaaaw! pantesn kuping panas banget, ada yang ngomongin toh

    Btw makasih reviewnya mbak agi :) Cihuuy banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget ebooknya broooh...gue suka. Untung yang panas kuping lo doang ya bukan bagian yang laen.

      Hapus
    2. sini bagi juga don ebooknya haha

      Hapus
  3. ada rencana nerbitin ebook sendiri mbak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue lagi nulis novel nih bang buku ketiga. Lagi ngerjain revisian dari editor sebelum diserahin lagi jadi blom sempet bikin ebook.

      Hapus
    2. real book even better, good luck!

      Hapus
  4. Hahaha, keren sampe dibikinin review. Gue juga udah baca, tulisannya emang selalu menginspirasi. Hmm, kalo menurut gue ada beberapa yang kurang nonjok. (Efek udah pernah baca di blog kali ya) jadi senyum-senyum aja. Kalo cerita dia yang sama cewek alim itu baru fresh banget. Gue ngakak. Hahaha.


    Wih, mau bikin project bareng. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gue mau kelarin naskah novel gue dulu bray

      Hapus