TIPS ASIK MENGHINDARI BEGAL

by - 10.09

Begal. Iya, begal. Saat ini begal termasuk dalam jajaran top 10 kejahatan paling brutal nomor 2. Nomor 1 nya yaitu menganiaya jomblo dengan intimidasi super nyinyir. Begal zaman sekarang ga mau kalah apdet sama Dijah Yellow. Sama-sama meresahkan dengan tingkah lakunya. Kalo Dijah Yellow ngeblokir semua orang yang bilang bibirnya kurang seksi, begal beda lagi. Mereka jauh lebih agresif dan ga segan-segan melukai, entah itu hati atau fisik.

Sebenernya begal itu apa, sih? Gue sempet nyari di kamus tapi ga ketemu. Gue baru sadar kamus yang gue buka adalah kamus bahasa Jimbabwe. Pantesan sebulan nyari sampe ketek gue basah tetep ga ketemu. Gue pun dapet akal. Gue berinisitif untuk bertanya kepada orang paling pinter sedunia, ngalahin kepintaran Einsten. Yup, siapa lagi kalo bukan Kangmas Gugel.

Dari sana gue tau kalo begal itu adalah sekumpulan manusia-manusia kurang ganteng yang kerjaannya nikung sempak motor orang dan merampasnya tanpa belas kasihan. Begal juga sangat pede. Mereka ga butuh kostum khusus ketika menyabet korbannya. Ga kayak kolor ijo yang pake sempak warna menyala atau maling jemuran yang biasanya pake sarung yang dimodif jadi model ninja. Begal sih ngga. Selain itu, begal ga sungkan atau malu-malu kucing melukai korbannya pake senjata tajem. Biasanya mereka menggunakan jarum pentul, trisula, gunting kebon, silet, juga clurit. Duh, serem amat.

Tapi jangan cemas, guys. Setelah mendapat wangsit dari Dora The Exploader, gue ditugaskan untuk mengungkap tips-tips absurd dan asik agar terhindar dari begal yang meresahkan jiwa. Yuk kita intip.

Pulang bareng. Begal biasanya nyari target yang pulang sendirian, tanpa sanak saudara atau pasangan. Para jomblo harus lebih waspada soal ini. Cari orang-orang yang pulangnya satu arah sama lo. Kalo bisa lo satu tempat kerja sama tetangga biar pulangnya bisa nebeng. Jangan ambil resiko apalagi ambil air wudhu di rumah orang tanpa izin. Pokoknya jangan sendirian deh. Bisa-bisa dikira kesepian atau baru putus. Pulang bareng lebih aman ketimbang seorang diri. Boyben aja bergerombol masa menghindari begal ga kerjasama? Lebih bagus kalo pulang barengan pake bis sekolah. Dijamin, begal ga bakal ngedeketin!

Jangan lewat jalan sepi ketika berkendara. Begal masa kini ga hanya beraksi malem hari, tapi juga pagi atau siang. Udah makin berani karena urat malunya keburu putus kesambit pisau dapur. Pulanglah lewat pasar atau area tawuran anak-anak SMU. Lebih bagus kalo yang lagi tawuran udah pada tepar semua. Jadi lo bisa leluasa lewat tanpa ketimpuk batu bata atau batu akik ukuran pispot. Jangan sok berani lewatin jalan sepi ketika malam hari. Di situ begal udah nunggu sambil maen gapleh atau kerokan. Melewati jalan sepi sama aja lo pasrah disakiti.

Antisipasi pembalasan. Kata ustad yang biasa ngerukyah gue, melawan kejahatan itu fardhu ain. Kalo lo ga bisa karate atau salto depan salto belakang, bawalah sesuatu di tas yang bisa dijadikan senjata untuk ngelawan. Jangan cuma bawa pembalut atau parfum doang. Semprotan cabe bisa jadi andalan. Kalo ga ada, bisa bawa bayigon atau cuka yang dioplos merica. Itu sangat yahud jika tiba-tiba lo ketemu penjahat. Dalam hal ini, misalnya suatu hari dibegal, keluarkan cairan yang udah disiapkan lalu semprot tepat ke mukanya. Jangan ke kaki karena ga bakalan ngaruh.

Jangan pake motor. Nah, tujuan begal membegal bukan untuk jadi artis atau office boy. Tujuan mereka hanya satu, yaitu merampas kendaraan korbannya terutama motor. Kenapa? Soalnya kalo delman susah dijual lagi. Begitu pula dengan skateboard. Mereka ga bakalan berminat membegal orang yang lewat pake skateboard karena bukan anggota klub skateboard. So, cara paling oke menghindari hasrat para pembegal mencuri kendaraan lo ya cuma satu. Jangan pake motor. Lebih baik pake sepeda roda tiga yang udah bocel-bocel di sana-sini. Meskipun lo pulang lewat jalan sepi, sendirian dan di sana pembegal udah nongkrong, mereka ga bakalan mau ngebegal elo. Tongkrongan lo aja sepeda roda tiga, kalo dijual pun ga banyak yang bakal beli. Nah, lumayan kan bisa menghindar dari begal dengan cara simple?

Jalan kaki bergerombol. Inilah tips yang paling jitu menghindari begal. Jalan kaki, barengan, pegangan tangan, sambil kasidahan. Pembegal bakal terharu liat kalian begitu relijius, apalagi sambil bawa gendang dan pake sarung plus baju koko model terbaru. Bukannya ngebegal, bisa-bisa mereka ikutan nimbrung nyanyi juga. Setelah itu mereka pensiun jadi pembegal lalu beralih profesi sebagai penjual rujak cireng. Ah, sungguh indah kan kalo itu terjadi? 

Semoga aja tips-tips dari gue bermanfaat ya, guys. Selain berantisipasi sebaik mungkin, kita juga wajib ngedoain biar begal musnah sampe ke akar. Kejahatan emang ga akan abis sebelum Spiderman dateng. Tapi ga ada salahnya sebagai warga yang baik kita pun mencoba mengatasi dengan berbagai cara. Setuju?

You May Also Like

10 komentar

  1. Tips terakhir dan kedua terakhir keren. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm pasti pernah mraktekin beneran nih. Pasti!

      Hapus
  2. baca ini sambil cengigisan g karuan...makasih ya tipsnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah silakan dipraktekkan yaaa biar joss!

      Hapus
  3. Makasih yaa . . berkat tips lo . . gue resmi dapet pacar seorang pembegal . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah asik tuh bang. Moga langgeng yaaa jangan kayaknyg kemaren-kemaren ya...jadiannya cuma satu jam

      Hapus
  4. Jalan bareng dan gandengan tangan. Oke mblo, sekarang kita tahu solusi menghadapi begal.....

    Yaaa toyibaa yaa toyibaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jilbab...jilbab pitiiih syalala lalala

      Hapus
  5. tips terakhir itu malah kayak acara jalan-jalan bersama, kayak jaman SD dulu.. jalan jalan bareng sekelas pas hari jumat :3 btw itu kenapa jomblo dibawa-bawa ? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga dibawa-bawa kok, berat. Gue titipin di penitipan sendal hahahaa

      Hapus