RITUAL WAJIB SEBELUM UJIAN

by - 19.24

Lo tau ujian kan? Kegiatan sesat yang menentukan lo termasuk manusia yang lulus ganteng atau ngga. Aktifitas yang jadi tolak ukur lo cantik atau satu strata sama Dijah Yellow. Gue ga bilang Dijah ga cantik. Hanya saja membuat gue sebagai sesama jenis nangis tiap malem di bawah pohon rambutan. Oke, stop ngebully-nya. Ujian ga akan bisa lo lalui dengan sukses jika beberapa hal di bawah ini terjadi:

Lapar
Diare
Bisul meleduk
Lupa arah sekolah atau kampus jadi telat nyampe
Ngantuk
Beser
Jomblo

Masih banyak lagi yang laen. Silakan kalo mau nambahin. Kejadian-kejadian di atas sangat mungkin membuat ujian dilalui dengan resah, gelisah, bibir pecah-pecah dan susah move on. Kalo ga belajar sih alesan paling akhir yang dijadikan senjata pamungkas. Ngga belajar bukan peristiwa tragis. Berantem sama gebetan atau calon gebetan lebih bikin sakit hati, apalagi setelah itu si gebetan ga mau berhubungan lagi. Durasi jomblo jadi makin panjang dan melelahkan. Itu bisa berpengaruh terhadap konsentrasi saat ujian.

Bagi gue, ujian di sekolah atau kampus harus disiapkan sebaik-baiknya. Ada ritual khusus yang bakal gue bagi-bagi secara gratis di sini. Tujuannya agar lo bisa melaksanakan ujian dengan sumringah. Pertama, minta restu sama kedua orangtua. Cuci kaki ibu lo pake Mamah Lemon biar lemak membandel yang mungkin nempel hilang dan luruh. Doa Ibu itu mujarab banget loh, sampe dijadiin nama resto padang. Dengan adanya restu dari ortu, bukan hanya ujian aja yang bakalan joss, kejombloan yang selama ini mengerak pun bisa hilang tanpa bekas.

Kedua, minta maaf sama semua mantan yang pernah lo sakitin. Setelah putus, mungkin beberapa mantan lo frustasi, depresi, terintimidasi, terdiskriminasi dan laen sebagainya. Mungkin diantara mereka pun ada yang harus ngendon di rumah sakit jiwa akibat putus dengan lo. Sebagian lagi mencoba bunuh diri dengan menenggak bensin yang dioplos sirup stroberi, sisanya jadi pemulung atau gembel. So, untuk meringankan beban mereka, minta maaflah. Ga ada ruginya kok. Lumayan bisa bikin otak lo jernih dan bisa mengerjakan ujian dengan lega dan tenang.

Ketiga, siapkan alat-alat perang untuk ujian. Maksud gue, peralatan ujian kayak pulpen, penghapus, tipe-x, tisu, obat sakit kepala, juga obat kuat harus ada. Tanpa pulpen lo ga akan bisa ngerjain ujian. Ga mungkin lo tulis semua jawaban menggunakan spidol yang ga ada isinya. Tipe-x juga sangat berguna untuk menghapus masa lalu jawaban yang keliru. Misalnya ada pertanyaan: Siapakah pendiri Pesbuk? Tadinya lo mau jawab Mark Zuckerberg malah Haji Lulung. Haji Lulung kan tetengga sebelah gue. So, kalo ga ada tipe-x kebayang paniknya elo karena ga bisa menghapus jawaban tersebut. Tisu harus ada. Kali di tengah ujian lo kegerahan sampe ketek dan paha lo basah. Bersihkan dengan tisu tersebut. Selain bersih, lo juga akan merasa seger. Obat sakit kepala ga boleh ketinggalan. Biasanya mahasiswa atau siswa SMU bakalan pusing di tengah-tengah ujian. Minum obat dulu, biar joss. Kalo obat kuat sih buat jaga-jaga, kali pas lo nyontek ada guru mergokin dan lo mendadak lemah. Minumlah obat kuat tersebut. Agar hati lo kuat, guys.

Keempat, berdoa. Udah belajar tapi ga berdoa sama aja lo ga butuh Tuhan. Padahal segala sesuatu terjadi atas kuasaNya. Lo jomblo pun atas kehendakNya, jadi terima aja. Baca ayat kursi, Yasin dan doa mau ujian. Kalo kagak hafal, boleh kok pake doa masuk jamban. Yang penting doa lo tulus. Senyap-senyap aja ngucapin doanya, ga usah pake toa mesjid karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan.
 
Kelima adalah makan, minum dan BAB. Tanpa makan, tenaga lo untuk mengerjakan ujian hanya ada di level loyo. Habis makan jangan lupa minum. Sama pasangan aja ga lupa bilang sayang, masa habis makan lupa minum? BAB juga penting. Lo ga mau kan fokus ujian diganggu dengan konstipasi yang menyiksa? Jadi sebelum ujian dimulai ada baiknya lo izin kepada guru untuk BAB dulu di jamban sekolah atau kampus. Kalo jambannya rusak semua, bisa kok nyelonong ke jamban guru. Biasanya lebih bersih dan ekslusif. Ada AC dan disediain majalah flora fauna di sana.

Ada lagi yang bisa nambahin? Go ahead. Moga setelah membaca postingan gue ini yang ganteng makin ganteng, yang cantik makin bohay, yang jomblo tetap tawakkal. Aamiin.


You May Also Like

32 komentar

  1. Saya akan melakukan sebaik-baiknya :)

    BalasHapus
  2. Saya akan melakukan sebaik-baiknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komennya dua kali. Ulang ah. Bagus. Kamu ksatria sejati

      Hapus
  3. kalo gue ritual wajib sebelum ujian cuma satu. siapin payung wkwkwk

    BalasHapus
  4. Sebelum ujian tuh mandi dulu biar ga bau... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya kadang gue lupa yang satu itu

      Hapus
  5. Kalo aku dulu sih ditambah dengan "bawa rumput". Biar bisa ditanyain waktu pengawasnya lagi goyang. *ini garing level maksimal*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rumput yang bergoyang mas haaaaw

      Hapus
    2. HAHhhah mas ericoeg ga paham? Sama gue juga

      Hapus
  6. Oke, jangan kebanyakan minum entar beser malahan.... Hahaha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo minum sebelum ujian setengah gelas aja jangan segalon

      Hapus
  7. Dari kemaren pembukaannya selalu nge-bully dijah yellow nih . . awas lo ntar kena kutukan dijah yellow . Hahaa . .
    Waktu mo ujian gue ngePES sampe malem, biar pikiran jadi fresh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa pesan, dia maen blokir gue aja hahhaha ya udah gue bully. Ngepes bukannya bikin ganteng ya?

      Hapus
  8. Rasanya yang kedua itu gak harus dilakukan, apalagi kalau gak punya mantan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jomblo terpaksa melipir hahhaha

      Hapus
  9. Ujian ? Ujian ? ujian itu cuma mitos kan.

    BalasHapus
  10. yg paling sering adalah kebelet, waktu dapet soal susah

    BalasHapus
  11. kalo kepepet mah tidur dulu nunggu contekan datang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa...mintanya sama dosen hahaha

      Hapus