RITUAL MALMING PARA JOMBLO

by - 19.23

Jomblo adalah manusia yang sangat mandiri dan ga bergantung pada orang lain kecuali ibu kos, kuota internet dan petugas PLN. Daripada ngabisin duit dengan keluar rumah, mereka lebih memilih untuk melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat anti mainstream. Memang, kegiatan yang dilakukan ga menghasilkan uang atau memunculkan pacar, tapi setidaknya menghasilkan kebahagiaan yang hanya bisa dirasakan oleh hati. Tetangga dan orang lain ga bisa ngerasain. Privasi. Seorang diri.

Waktu gue jomblo dulu kala, sekitar 50 tahun sebelum masehi, gue pun biasa melakukan ritual-ritual yang sangat jauh dari dunia keglamoran saat malam minggu tiba, yaitu nonton sepakbola sampe pagi, tidur dan nonton pelem di laptop. Tapi di zaman kekinian kayak gini, kegiatan yang dulu gue lakuin udah basi. Kini anak muda yang belum terlalu mikirin belahan hati (baca: jomblo) biasanya lebih kreatif dan inovatif dalam mengisi kekosongan malam minggu mereka.

Gue pun mengadakan observasi terhadap para jomblo di sekitar, yaitu tetangga dan temen-temen kampus juga temen dunia maya. Gue pengin tau apa aja sih yang mereka canangkan untuk membuat malam minggu yang sepi menjadi meriah dan ga kalah menarik dengan perayaan ulang taun bocah SD? Yuk kita simak.

Music performance. Ini keren banget. Dengan bermodal gitar dan suara pas-pasan, seorang jomblo bisa bikin gebrakan. Tetangga gue jago banget dalam hal music performance. Lagu-lagu yang dibawakan biasanya lagu sendu nan romantis, bikin sedih dan terenyuh. Namanya aja malam minggu jomblo, ga sedih ya ga afdhol. Umumnya jomblo tampil live dalam music performance-nya di depan kosan. Kalo ga hujan, penampilannya ga basah. Kalo hujan, ya masang terpal, juga masang muka malesin. Yang nonton pun biasanya pak rt dan masyarakat yang tersentuh dengan kejombloannya. Kalo beruntung, pasti dapet persenan. Lumayan, buat beli nasi uduk keesokan paginya.

Be a chef. Seorang jomblo pada malam minggu sangat menikmati peran gandanya yang sebetulnya udah diketahui khalayak. Yup, jadi koki. Masak indomie rebus atau goreng dengan berbagai topping yang menarik agar ga ernasib sama dengan dirinya. Sendirian. Kesepian. Butuh kasih sayang. Misalnya si mie dikasih sosis dan telor, sosis doang, telor doang, atau cuma bawang goreng kalo ekonomi dompet lagi susah. Kreatif ya?

Sholat Istisqa atau minta hujan banyak dilaksanakan oleh para jomblo. Waktunya sih ga terjadwal di papan pengumuman kantor karang taruna. Seenak jidat mereka aja maunya kapan yang penting minta hujan. Ada harapan terselubung ketika para jomblo melaksanakan shalat istisqa ini. Bukan ingin menghancurkan malming para manusia yang punya pasangan, tapi mereka ingin yang ga jomblo juga bersimpati atas apa yang mereka rasakan. Sekali-sekali ga malmingan agar duit hemat kan perlu juga. Ternyata, jomblo itu sangat mulia ya, guys?

Ngopi. Jomblo berkualitas selalu nyeduh kopi dengan air panas, bukan dengan aer tajin. Kalo kopinya macam cappuccino dingin juga oke. Ngopi adalah fasilitas yang disediakan alam semesta yang menghadirkan kepuasan total. Badan rileks, pikiran seger, kantong juga ga terlalu bolong karena harganya murah meriah. Tapi beda cerita kalo ngopinya di Setarbak. Habis ngopi di sana langsung jadi gembel.

Nonton drakor. Hidup itu dramatis, gan. Untuk lebih mendramatisir seluk beluk jomblo di malam minggu, kegiatan yang ini bagi beberapa orang sangat mengasyikkan. Nonton drakor atau drama korea. Sebetulnya bagi para jomblo khusus lelaki, nonton drama ginian tujuannya bukan mengikuti alur ceritanya. Sebagian sih memang iya. Tapi kebanyakan dari mereka suka mantengin muka-muka aktrisnya yang mulus abis. Laler aja sampe kepeleset lalu menderita encok kalo mendarat di pipi mereka. Dengan nonton cewek-cewek cantik itu, paling ngga ada hiburan tersendiri untuk dinikmati.

Kesurupan. Kalo kegiatan yang ini biasanya bukan kegiatan yang sengaja dilakukan. Jomblo hobinya ngelamun, jadi pas malem biasanya jiwanya kosong kayak bak mandi habis dikuras dan memudahkan mereka untuk dimasuki makhluk tak kasat mata. Kalo udah kesurupan biasnaya nyiumin tembok kosan atau guling bulukan sambil teriak: Mana pacaaar...? Mana pacaaaaar? Gitu. Tapi tenang, hal menakutkan ini akan berenti saat subuh tiba. 

Jadi jomblo meski keliatannya ngenes, sebetulnya membawa manfaat yang amat besar bagi diri. Ga harus pusing ngadepin omelan pacar yang mendadak PMS, ga mengalami ejakulasi bangkrut dini karena duit bulanan awet dan ga harus drop out dari kampus akibat berantem mulu dengan pacar dan membuat tugas kuliah terbengkalai. Paling kepake buat beli paketan internet. Jomblo masa kini jauh lebih beruntung. Gue dulu cuma bisa melototin tipi sambil bikin telor dadar. Sekarang? Banyak alternatif yang bisa dilakukan. Jomblo juga bisa lebih punya banyak waktu mikirin masa depan dan lebih punya jam produktif yang lebih leluasa. Untuk dapetin pasangan, akan ehem-ehem pada waktunya kok. Kalo udah punya bekal cukup, hidup akan lebih fresh dan ga terlalu terbebani. Nah, jomblo itu ternyata keren, kan?






You May Also Like

24 komentar

  1. "Waktu gue jomblo dulu kala, sekitar 50 tahun sebelum masehi," Dari kalimat itu aku simpulkan umurnya kamu ternyata lebih tua dari umur patung pancoran haha :D

    btw soal malam minggu, sebagai seorang jomblo.. aku sukanya nyeduh kopi, masak mie, baca buku, ngeblog, atau juga nonton bola bareng pacar .... orang X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih kan mas juga lahir 70 tahun sebelum bumi terbentuk hahaha. Wow kegiatan yang sangat yahud tuh hahaha

      Hapus
  2. Gue malem minggu malah pusing mikirin hari minggu jam 10 pagi ni ujian geografi jordan yg ga tau kenapa gue bisa milih matakul ini. Hah... Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren paraaaaah ada ya matkulnya kayak gt? Ckckckkckc

      Hapus
  3. Gue jomlo. Kalo malming suka posting lewat blognya gebetan. Biar gak dikira jomlo ....aaaaaakk.

    Salam kenal.

    Betewe, ngomong ngomong minta supportnya mbak cantik, boleh? Hehe.. :D
    http://nuniekkr.blogspot.in/2015/03/cerber-mami-hayday-papi-pokemon-ketika.html?m=1

    BalasHapus
  4. Itu udah jadi kebiasaan gue "ngopi" :)

    BalasHapus
  5. saya pingin jomblo seumur hidup karena pingin dapetin bidadari surga

    BalasHapus
  6. Ngopi, masak mie, nonton bola, ngeblog lalu mojok di kamar. Galau lagi hahahaha....

    BalasHapus
  7. Gue kalo malam minggu, diisi bisnis forex bareng kolega di Washington

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 taun dari skarang itu harus terwujud loh. Jangan lupa sama gue tapi yaaa kl sukses jgn sombong okeh?

      Hapus
  8. Untung gue baca ini nggak pas malem minggu , , jadi nggak kerasa2 amat nyeseknya . .
    Gue kalo malem minggu, seperti biasa seorang single lakukan . . jatuh cinta sendirian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AHAHahaah jatuh cinta sama tembok

      Hapus
  9. Waktu zaman jomblo dulu, palingan cuma nonton TV...

    BalasHapus
  10. begadang jangan begadang kalau gak ada jomblonya... begadang boleh saja kalau banyak jomblonya... wasyikkk... hahaha

    main PES ampe subuh ka.. soalnya stock drakor abis.. kalau punya bagi dong.. hahaha

    BalasHapus
  11. Malming itu apa ya? Bukannya cuma mitos?
    *langsung ngacir ke Setarbak, pesen espresso, dan meratapi pahitnya hidup*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis dari setarbak jadi gembel, soalnya uangnya abis buat beli espresso

      Hapus
  12. kalau saya,, malam minggu hibur orang,,
    orang utan. hahahahahah

    BalasHapus