FAKTOR X SEORANG MANTAN

by - 19.11

Dalam ilmu matematika, simbol x diartikan sebagai angka yang belum diketahui alias ga jelas. Jadi kesimpulannya, x-boyfriend dan x-girlfriend sama-sama orang yang ga jelas.

Keresahan salah satu sobat gue yang masih aja dihantui sama arwah jadi-jadian sang mantan bikin gue tergerak untuk bikin tulisan ini. Dia diputusin orang tersayang secara tiba-tiba tanpa pesan, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Memang, mantan adalah jenis makhluk yang punya faktor x. Faktor di mana setiap yang pernah menjalani kehidupan dengannya ga paham dengan apa yang terjadi. Udah pacaran lama, tiba-tiba putus tanpa tau kenapa bisa begitu. Biasanya sih karena perbedaan prinsip, cemburu, bosen, atau perbedaan jenis kelamin. Persis tali kolor tetangga gue yang penyebabnya sangat remeh. Dan sebenernya kadang suatu hubungan pun bisa berakhir bukan di pelaminan akibat faktor x yang belum terpecahkan. Mungkin sebaiknya kita semua minta bantuan sama Sinichi Kudo atau Kaito Kid biar semuanya clear.

Gue lumayan prihatin sama sobat gue yang ga bisa melupakan mantannya sama sekali. Liat tukang cireng atau mbak-mbak warteg, mukanya jadi muka mantan. Liat makalah kuliah, tulisannya membentuk nama mantan. Bahkan dudukan wc pun mengingatkan dia pada si mantan. Entah apa maksudnya itu. Gue sih menyarankan agar dia ga melupakan si mantan karena percuma. Diinget aja terus, asal idup juga move on...jangan terjebak di tengah. Tengah jalan. Ntar mati. Ngerepotin orang.

Ngeliat kelesuan di wajahnya yang kurang gairah, gue pun menyarankan si sobat untuk menenggak obat kuat. Dia ga mau. Katanya lebih baik dia nenggak viagra daripada obat kuat. Gue pun ngejitak dia pake baskom retak dari radius kurang dari satu meter. Gue rasa dia ga pernah diberitahu sama apoteker bahwa viagra adalah obat kuat, bukan obat untuk numbuhin kumis. See? Gara-gara mantan, sobat gue yang sebenernya cerdas mendadak jadi bego.

Gue: Sedahsyat apa sih si mantan sampe lo berantakan gini? Lo udah kayak zombie. Mati ngga idup ngga.

Sobat: Itu dia gue juga bingung. Padahal mantan gue ga cantik-cantik amat. Sama elo juga cantikan elo ke mana-mana. Bedanya cuma satu. Lo gila, mantan gue waras.

Gue: #$*%^_()#@& 

Ternyata bener. Ada faktor x yang sangat tersembunyi dari mantan sampe bisa bikin sobat gue kayak yang ga punya nyawa. Mukanya pucat pasi, kayak manusia yang baru aja ketemu ibu kost yang nagih uang bulanan sambil teriak-teriak. Dan menurut gue, faktor-faktor x tersebut bisa disimpulkan seperti ulasan di bawah ini. Ehem...

X1: Mantan adalah orang yang paling ngertiin apapun keadaan diri kita. Ga ada seorangpun yang mengerti jiwa kita kayak si mantan. Tukang kredit, temen kosan, satpam kampus sampe tukang parkir ga ada yang ngertiin kita. Hanya mantan yang bisa. Hanya mantan. Uh.

X2: Cinta pertama. Kalo mantan yang berkesan ternyata cinta pertama, ini bisa jadi faktor x penentu mengapa dia susah benget disuruh minggat dari hati dan kepala. Kata orang cinta pertama bakalan melekat seumur hidup dan ga bakal bisa dihapus. Ga kayak nulis jawaban di kertas ujian. Salah tulis bisa dicoret atau ditimpa pake tipe-x. Mantan dan dia cinta pertama? Jangan harap. Ibarat nunggu negara ini bersih dari korup, lupain mantan adalah kemustahilan.

X3: Kehilangan. Biasanya dibangunin mantan buat ngeronda, diingetin makan tiga kali sehari, diingetin minum obat cacingan setiap enam bulan sekali, eeeh sekarang udah ga ada yang kayak gitu. Paling-paling cuma dapet sms ancaman dari dosen pembimbing soal revisi. Itu pun ga bakal terlalu digubris. Mau gubris gimana, orang lagi patah hati sesengklek-sengkleknya, semua urusan jadi ga penting dan ga bakal dipikirin.

X4: Masih pengin punya banyak waktu bersama. Tadinya ke mana-mana bareng. Ke jamban, ke kafe, ke kolong jembatan, ngerjain tugas, ngerjain hasta karya berupa sempak dengan inisial nama masing-masing...eeeh sekarang apa-apa sendiri. Udah ga beda sama lagunya Caca Handika. Mengenaskan.

X5: Teka-teki. Diputusin tiba-tiba kayak sobat gue itu, mau ga mau bikin penasaran. Ga punya salah, ga punya utang dan ga punya malu kenapa bisa diputusin secara sepihak? Itu ga adil. Kenapa? Ada apa? Apa yang terjadi? 
Pertanyaan-pertanyaan itulah yang berkecamuk di benak sobat gue. Dia bingung kenapa diputusin. FYI, sobat gue itu ganteng dan bukan homo. Dia termasuk cowok dengan otak cemerlang, ga pernah macem-macem. Nyuri kotak amal di mesjid aja ga berani. Paling cuma nyolong mangga pak haji, itu pun pas dia SD. 

Nah, faktor-faktor di atas bisa menjadi hal yang bikin banyak pikiran. Jelas aja sobat gue frustasi begitu. Mantan dengan faktor x-nya bener-bener bikin otaknya loyo. Dalam hal ini, membujuk atau ngasih hiburan blom bisa bikin seseorang move on. Waktu-lah yang bisa nyembuhin, meski sedikit. Ah, sobat....sabar ya...!



You May Also Like

34 komentar

  1. kenapa gue gak ngerasian semua faktor itu ka ? padahal gue gak punya mantan loh.. giamana tuh solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kaliiiiiii hadooooooh ya allah semoga gue sabar ngadepin nih bocah. Hiiiiks

      Hapus
    2. ini efek samping saran mu juga loh ka.. suruh ngejomblo ... hahaha

      Hapus
    3. BAGus, biar ga kayak sobat gue tuh hadeeeh beneran kayak zombie cm gara gara mantan

      Hapus
  2. Faktor X nomor dua sama tiga gua banget, wkokwowkwokkokk...taik nih tulisan, mantap bener... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHahhaa blom move on ni ya????

      Hapus
    2. Gua sih udah move on Gi, cuman kadang² kenangan itu lewat sendiri tanpa permisi. Kan brengsek tuh, gag sopan!

      Hapus
    3. HAHhhah wah bagus tu kl udah move on...ga kayak sobat gue noh

      Hapus
  3. Move on hampir berhasil, tetapi ada satu kata 'hai' dari mantan di PM membutarkan semya. Hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHHAaha wah yang itu pernah gue bahas tu bulan kemaren

      Hapus
  4. Byk jg yg ngebahas mantan ya anak muda sekarang, alhsmdililah aku ga punya mantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gue mah netral say, punyanya suami. Hahhaha jadi yang dijadiin objek tulisan klo soal mantan ya temen2

      Hapus
  5. Matematika dan Mantan, 11 12 tuh, dua duanya ga enak buat di inget~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahhhh kayaknya sebel banget ni sama mantan

      Hapus
    2. HAHahaha kalo yg itu gue jg sebel

      Hapus
    3. sama matematikaaa kan lo terakhir komen nyebut itu. Logikanya ga mungkin percakapan loncat ke kalimat jauh sebelumnya, pasti yg terakhir yg paling deket. hadoh

      Hapus
    4. maksudnya, kalo sama mantan gimana ? -__-

      Hapus
    5. Orang ga punya mantan haahaa kan gue merit tanpa pacaran dulu

      Hapus
    6. iye iye mbak, nyerah gue nyerah -__-

      Hapus
  6. Hahaha :D kalau X banner itu gimana ? termasuk sosok ga jelas ga ? :D

    BalasHapus
  7. Kalo x1 ditambah x2 itu bakalan jadi mantan yang gimana yaa kak? Haha

    BalasHapus
  8. Duh teka teki dan misteri itulah si mantanku yang itu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih misterius dari permainan monopoli

      Hapus
  9. Gue udah nggak ngotak-ngatik mantan lagi ah :D

    BalasHapus
  10. Mantan itu kisah usang masa lalu yang berputar menyebarkan kenangan -_-

    BalasHapus