LEVEL RIBET SEORANG CEWEK

by - 21.14

Cewek itu ribet. Itu bener dan sebagai bangsa cewek, gue rada malu. Gue tipe cewek yang ke mana-mana pake sneaker dan sama sekali ga punya tas make up. Gue ga biasa pake lipstik, ga bisa ngegambar alis yang bentuknya mirip cacing kremi, ga berbakat pake blush on, dan ga punya nyali untuk melukis kelopak mata gue pake eye shadow. Gue cuma pake bedak untuk muka. Itu pun bedak orok. Buat bibir, gue pake lip balm yang ga berwarna. Dan buat mata gue pake celak. Doang.

Cewek hampir semuanya selalu ribet mengenai banyak hal yang sebetulnya ga usah diribetin. Entah kenapa hal sederhana bisa jadi begitu ruwet kalo udah ada di tangan cewek. Cewek beda sama ibu-ibu. Meski ibu-ibu sama ribetnya, mereka lebih punya skill untuk mengatur segala sesuatu agar menjadi rapi. Tapi tetep ribet. Ah, susah emang jadi cewek.

Keribetan para cewek ga hanya tentang diri mereka sendiri, tapi juga orang lain. Level atau kelasnya pun beda-beda. Mulai dari kelas bulu sampe kelas berat 12 kilo. Udah mirip gas elpiji aja. Para cowok pun harus bersabar ngadepin cewek ribet. Berbahagialah makhluk maskulin yang punya cewek simpel, ga ribet seperti di bawah ini.

LEVEL 1: BAJU, SEPATU DAN TAS

Ga habis pikir sama cewek yang isi lemarinya penuh gaun, blus, tank top, rok sama celana  tapi pas mau pergi malah ngeluh ga punya baju. Ga masuk akal. Aneh. Gue pernah berdebat hampir satu jam sama sobat cewek yang punya kelainan jiwa kayak gini. Buat gue, baju ga terlalu penting. Beli 6 bulan sekali juga udah oke. Yang penting beli beberapa warna netral atau monokrom lalu padukan sama warna laen sesuai selera. Ga perlu harus baru.

Temen: Gi, gue pake baju yang mana dong ke kondangan ntar siang?

Gue: Tuh, yang biru bagus

Temen: Itu udah dipake minggu lalu

Gue: Ah elah. Yang pink aja udah. Cepetan ntar telat. 

Temen: Yang itu juga udah dua hari lalu. Ini kondangan sobat pacar gue. Kalo ada tamu kondangan yang bajunya sama kayak baju gue gimana? Ogah deh. Kan risih

Gue pun naik pitam: Telanjang aja kalo gitu! Lo jadi cewek ribet bener! Gue batal temenin ke kondangan atau pilih baju lo sekarang juga. Cepet!

Temen: *Manyun

Logikanya, itu kondangan sobat pacar. Berapa banyak manusia yang dia kenal di kondangan dan berapa banyak yang model bajunya bakal sama? Kalopun sama, kalian para cewek bukannya suka baju onlenan yang lagi ngetrend? Ngetrend artinya dipake banyak orang, kan? Kenapa juga harus cemas baju kalian kembaran? Untung gue masih rasional dan ga jedukin kepala temen gue itu ke bantal. Untungnya juga dia mau pake baju yang gue pilihin setelah gue santet diem-diem. Repot bener dah.

Blom cukup tentang baju, sebagian cewek terobsesi sama sepatu dan tas. Biasanya sepatu dan tas jauh lebih bikin ribet. Baju dan rok beda warna ga masalah. Kalo yang berjilbab kerudungnya dililit sampe ngebentuk trapesium pun terserah dah meski gue geli liatnya. Tapi tas dan sepatu yang ga matching bisa bikin cewek frustasi. Gue ga tau sinkronisasinya di mana saat cewek bisa sedih kalo tas dan sepatu yang mereka pake ga senada dengan baju.

LEVEL 2: MAKE UP

Cewek: Duh, sayang...gincu gue mana ya? Tadi gue simpen bareng eye liner, eye shadow, concealer, lip balm, lipstik, bedak tabur, bedak padat, blush on sama bulu mata palsu yang terbuat dari bulu ketek kambing.

Cowok: Kita udah harus berangkat, Sayang. Pelem Project Almanac mulainya sejam lagi

Cewek: Sabar dong, aku mau dandan dulu. Aku ga mau keliatan berantakan. Kamu makan pisang goreng aja dulu gih, udah aku siapin.

Oke. Mau nonton pelem ke bioskop yang notabene lampunya dimatiin ngapain juga dandan? Okelah terserah sih kalo yang itu. Tapi cowok mana yang ga syok denger kalimat mengerikan berisi alat-alat make up yang asing di telinga? Blom lagi pas dandan memerlukan durasi yang bisa melebihi durasi pelem India. Pas keluar kamar, si cowok udah mati, tergeletak di atas karpet dengan mulut berbusa. Pas dihirup, mulutnya yang berbuih itu bau Mamah Lemon. Ternyata saking keselnya nungguin si cewek dandan, cowoknya bunuh diri dengan menenggak cairan pencuci mangkok gambar ayam jago. Kasian amat. Cantik boleh, tapi sebenernya kebanyakan cowok lebih suka ceweknya dandan natural. Bedak doang udah cute kok, girls. Didempul setebel apapun ga terlalu ngaruh. Yang penting inner beauty. Percaya deh.

LEVEL 3: MAKANAN

Cowok: Aku lagi pengin makan bebek goreng, nih.

Cewek: Ah jangan, sayang. Itu kolesterolnya banyak banget, loh. Ntar aku gendut...

Cowok: Ya udah. Seafood aja gimana?

Cewek: Kamu lupa aku alergi seafood? 

Cowok: Ya udah deh kita makan roti aja

Cewek: Aku lagi diet karbo, Sayaaang...

Cowok: Okeeeeh fiuuuh. Makan salad aja daaaah. 

Cewek: Tapi salad kan ga terlalu enak, hambar gitu

Cowok: Hiyaaaaat!!!!

Akhirnya si cowok nendang kasur tetangga yang lagi dijemur lalu nangis ditahan sambil megangin dada. Nyesek! Cowok ga semuanya fokus di badan cewek. Mau kurus, gemuk, ga jadi soal asal sehat. Langsing tapi kremian kan ga asik. Langsing tapi hasil sedot lemak atau ga makan ini itu sama juga bohong karena menyiksa diri sendiri. Ribet ya? Enjoy life, girls!!

LEVEL 4: ISI TAS

Ini pernah gue bahas di postingan beberapa waktu lalu. Tas cewek isinya ribet. Semua barang-barang di rumah kayaknya dijejelin ke situ. Sisir, gadget, dompet, pembalut, tas make up, laptop, tisu, parfum, sarung, seprai, baskom, semua aja dibawa kayak mau kemping ke ujung kulon. Kenapa harus bawa benda sebanyak itu? Kasian bahu atau punggung cewek yang setiap hari disiksa dengan bobot tas super berat. Kalo gue jadi cewek (loh?) tas dengan benda bejibun kayak gitu mungkin bakal dibawa kalo mau pergi jauh. Kalo cuma ke kampus, bawa buku, dompet, hape dan tisu udah cukup. Simple is simple.

LEVEL 5: FRIENDSHIP

Temenan, sesama cewek. Saling tukeran rahasia, terbuka, ternyata suatu hari berantem. Siap-siap aja rahasia lo yang disimpen rapat tiba-tiba terbongkar ke seantero dunia. Blom cukup, lo bakal dibenci ga hanya oleh temen lo itu tapi juga sama sepasukan cewek yang ternyata temen-temennya dia. Oke, itu ribet. Amat sangat ribet. Beda banget sama peperangan antar sahabat cowok akibat rebutan gebetan. Adu jotos, sebulan saling diem, tapi seiring waktu bakal menyadari itu pertengkaran konyol lalu sobatan lagi.

Ribetnya cewek dalam berteman kayaknya jarang bisa diubah. Cuma segelintir cewek yang bisa berhubungan baik lagi setelah berantem. Dan gue ga paham sama cewek yang ngajak pasukan untuk membenci orang yang ga dia suka padahal si pasukan sama sekali ga punya urusan apapun, dan ga tau apapun. Itu menggelikan. Come on, kalo ga suka sendiri aja, jangan ngajak-ngajak sesat. Itu ga elegan, guys.
Belajarlah sama cowok tentang persahabatan yang dibumbui konflik. Cara mereka menyelesaikannya mungkin kasar, tapi lebih bisa memperbaiki. 

LEVEL 6: LOVE

Gue ga paham sama cewek yang sedemikian ribet menghadapi suatu hubungan, di mana keribetan itu diciptakan dari sisi internal alias diri sendiri. Cemburu, ribet. Berantem, ribet. Dicuekin? Ribet juga. Penyebabnya karena dia muter-muter saat berdebat, ga langsung pada intinya. Untuk urusan cinta, cowok emang udah dari sananya cuek, ceweknya aja yang belum terlatih paham. 

Gue baru menghadapi temen cewek bertingkah ribet gara-gara bbm yang dikirim ke cowoknya hanya di read dan ga dibales. Ternyata hal sepele seperti itu bisa bikin nangis sedih. Selain nangis, ngeluh di sosmed dengan ngetwit dan mensyen. Itu wajar seandainya kata-kata yang digunakan ga alay. Jelas mengganggu pemandangan. Bukan apa-apa, kasian aja liat cewek mempermalukan dirinya sendiri.

Keribetan bisa ringan tergantung diri sendiri, tergantung gimana seseorang membuat hal rumit jadi lebih sederhana. Keribetan pun bisa tambah memusingkan saat seseorang ga berusaha keluar dari zona repot yang diciptakannya sendiri.

So, pilih mana? Ribet, atau simple?


You May Also Like

13 komentar

  1. Balasan
    1. Iya ciiin gue sjuga saking simpelnya dikira mas mas hahahaah

      Hapus
    2. jangan2 lo mas2 berjilbab XD

      Hapus
    3. Ssssst jangan kenceng-kenceeeeng

      Hapus
  2. Cowok dan saya punya keribetan di level 3 soal tas itu. Hadeuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal cuma tas ya bisa ribet juga hahaha

      Hapus
  3. Kalo semua cewek ribet. Yang gue pilih siapa, dong...

    -_- Lagian, kenapa bisa seribet itu. Apalagi pas nonton, kan lampunya di gelapin, siapa yang mau liat...

    Apalagi soal temen. Bacanya aja, gue ngerasa ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi gue yang nulisnya. Kesel hahahaaha

      Hapus
  4. mbak level 3 nya kok ada 2 ? -_-
    cewek emang ribet, apalagi soal niat diet -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih hahaha makasih ya jeli banget. Udah dikoreksi kok...

      Hapus
  5. Aku cewek dan gak seribet itu. :v
    Atau mungkin belum aja ya. Eh, jangan :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah syukurlah heheee dan jangan sampe. Ngeri.

      Hapus
  6. ....dan aku nyampe level 4. ._.


    iamvinaeska.blogspot.com

    BalasHapus