COWOK DAN SEPAKBOLA

by - 23.07

Sebagian besar cowok suka sama sepakbola. Baik itu main bola atau hanya nonton pertandingannya aja di tipi. Sebagian lagi suka bola basket, voli, tenis, dan sisanya yang dikategorikan cowok tribun marjinal suka maen bola bekel. Awalnya gue heran dan bertanya-tanya kenapa cowok-cowok suka banget nonton bola. Katanya kalo ga suka sepakbola, si cowok kagak keren. Menurut gue ngga juga, secara suami gue sukanya basket dan dia sangat keren. Hidup anak basket!!
Meski berjenis kelamin cewek, gue familiar sama sepakbola karena bokap dan adek cowok suka banget mantengin pertandingannya. Biasanya gue yang nyediain popcorn dan minuman seger buat mereka jadi mau ga mau layar tipi gue lirik diem-diem.

Gara-gara penasaran, akhirnya gue memberanikan diri ikut nonton. Setelah liat, gue rasa nonton bola ga seseru nonton bioskop. Kadang permainannya ngebosenin, kadang yang disorot cuma Drogba, Anelka atau Etoo. Gue kan pengin liat yang rada putihan dikit. Biasanya kalo ada gol pun gue cuma diem dan bilang "oooh".
Tapi entah mengapa para cowok suka heboh sendiri kalo nonton bola. Kalo ga teriak ya gerogotin ujung meja. Kalo klub favoritnya menang, mengacungkan kedua tangan sambil muterin kampung atau tiang bendera depan kantor lurah. Kalo klubnya kalah, malah nyalahin pemaen lawan. Gue sih cuma geleng-geleng kepala dan ngabisin popcorn. Ada-ada aja.

Gue sempet ngeklik hot thread di kaskus tentang mengapa cowok-cowok suka banget sama sepakbola. Katanya nih, selain sebagai olahraga internasional, sepakbola identik dengan jiwa lelaki, bisa bikin tubuh berkeringat seksi, biar ga diledek temen-temen, juga nonton sepakbola gara-gara ga ada acara lain yang bagus untuk diliat.

Sebagai olahraga internasional, sepakbola emang lebih beken ketimbang gobak sodor atau sepak takraw. Para pemainnya pun beragam. Ada yang ganteng dan jago, ga ganteng dan jago, ganteng dan ga jago, atau ga ganteng dan ga jago. Pusing ya bacanya? Sama. Tapi yang terakhir lumayan apes. Prediksi gue, dia hanya akan jadi pajangan di bangku cadangan. Sabar ya, sob.
Pemaen bola sekarang udah setara sama seleb, bahkan banyak yang digaet jadi bintang iklan. Misalnya iklan sepatu, minuman berkarbonasi, parfum, t-shirt dan juga sampo. Gue sih nunggu ada pemaen sepakbola yang jadi bintang iklan obat panu. Pasti seru.

Para pemaen sepakbola hampir semuanya cowok. Hampir, karena indikasi ngondek bisa aja ada secara mereka tiap ngegolin pasti pelukan, bareng-bareng lagi. Ga mungkin ga ada perasaan tersembunyi. Gue yakin itu! Bahkan gue pernah liat ada pemaen yang dicium jidatnya segala. Untungnya gue ga pernah liat pemaen yang habis ngegolin cipika cipiki riang gembira. Uwoooh!

Sepakbola memang penuh keseruan. Tapi kadang gue kasian sama pemaen-pemaennya. Tau sendiri para cowok punya klub kesayangan masing-masing. Kalo si pemaen gocek bola dengan baik lalu ngegolin, pasti dipuji-puji sampe fanatik terhadap klub-klub tertentu. Pas si pesepakbola maennya jelek dan klubnya kalah, cowok-cowok pura-pura tegar tapi di kamar ga bisa bobo nyenyak dan nangis karena keesokan harinya pasti dibully sama temen yang klubnya menang. Biasanya kalo udah gitu para cowok suka ngejelek-jelekin si pemaen alih-alih pembenaran diri, tanpa nyadar seandainya mereka ada di posisi si pemaen. Bisa ga tuh gocek bole kayak dia? Diputusin ceweknya aja langsung minum molto. Di mana jiwa lelakimu, wahai cowok??? #KibasinJilbab.

Selain sebagai olahraga internasional yang banyak digandrungi, katanya sepakbola bikin badan berkeringat seksi. Tapi menurut gue nyangkul sawah satu hektar lebih bikin badan berkeringat deh. Cobain deh guys, 3 hari pasti langsung sixpack. Dan sebenernya ga usah takut diledek kalo memang cowok ga suka sepakbola. Kali aja lebih keren karena sukanya balap mobil macam Dominic Toretto. Lebih memacu adrenalin. Lebih ekstrim lagi kalo jadi tukang gali sumur. Mempertaruhkan nyawa tuh. Keren ga keren ga ditentukan dari olahraga mana yang kita suka.

Alasan lain kenapa cowok suka sepakbola adalah karena ga ada acara lain yang lebih bagus di tipi. Kalo ini gue setuju banget. Tayangan sekarang didominasi sama sinetron alay ga bermutu. Ada yang isinya istri dianiaya mulu, selingkuh, durhaka sama suami, durhaka sama pembantu, ah...ga mendidik banget pokoknya. Biasanya itu ada di channel yang logonya ikan cupang terbang. Kalo di channel lain, dirajai sama sinetron remaja yang blom nikah udah mesra banget. Gimana nanti generasi penerus kita? Keputusan untuk lebih milih sepakbola dibandingkan acara-acara ga jelas itu gue acungi jempol. Jempol tangan sama kaki.

Satu hal yang gue suka dari pertandingan sepakbola adalah filosofi atau pelajaran yang bisa diambil dari setiap pertandingan. Kerjasama tim, konsentrasi, strategi, gimana menghadapi menang atau kalah, juga saling berbagi dengan tuker kado jersey setelah pertandingan usai. Walau ga fanatik, gue lumayan suka sama sepakbola. Kalian gimana guys? Olahraga apa sih yang kalian suka?



You May Also Like

24 komentar

  1. sepakbola lah sempat pernah buat hatrik,2 gol ke gawang lawan 1 gol ke gawang sendiri,dan besok2nya malah kaga diturunin lagi deh kalau ada pertandingan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dia lelah. Ahahhaah ih kasian amat

      Hapus
  2. sepak bola memang jadi sarana entertaiment yang paling kece :))
    apa lagi , liga inggris. apa lagi, tim biru dari london. yess..

    BalasHapus
  3. Gue suka sepak bola karena engga ada alesannya haha gak tau deh gue juga heran kenapa bisa suka ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah kayaknya lo tipe penganut cinta ga butuh alasan ya? Ahahahaha siiiip dah

      Hapus
  4. Simple sih, kenapa suka nonton bola, soalnya gw juga maen bola. seru ngeliat di liga inggris ya karena mereka keren , gw nyoba sendri susah kok mereka bisa.. haha makanya seru liatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo ngegocek pake sarung sih makanya susah ahahhaah

      Hapus
  5. Bagi sebagian besar cowok, sepak bola adalah passion . . *masang kaca mata*

    BalasHapus
  6. Gue juga suka sepakbola, meskipun selalu sebagai pemain cadangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tabah ya mas..orang ganteng emang suka dijadiin cadangan kok

      Hapus
  7. Hahahaha! Cupang terbang! Temen gue banyak bener di cupang terbang. Gue ledekin, ah! Hahahahaha! Kalo gue maen bola, dari jaman jadul dulu selalu jadi kiper gawang. Lincah, gesit, sekaligus menjadi kapten tim. Gue pensi setelah tak lama kemudian gue masuk ke gawang bersama bolanya. Gue malu. Gue shock! Tertekan batin sampe sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya dicupang terbang tu gimana? Malu? bukannya urat malumu udah lama putus? ahahahhaa

      Hapus
    2. Itu, cupang terbang = stasiun televisi, hahaha!

      Hapus
    3. Ahahahahaa iya tuh...sinetron semua di situ. Cape deh

      Hapus
  8. Saya mah pecinta sepak bola sama volly.. kalo volly sih itu gara-gara tanggung jawab sebagai pemain volly.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kamu cinta bola sama volly? Jadi kamu ga cinta cewek???

      Hapus
  9. Hidup sepakbola!
    Gue sih suka sepakbola soalnya captain tsubasa pernah berkata "bola adalah teman" haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung bukan: bola adalah pacar hahaha

      Hapus
  10. wkwkwkwkwk, model iklan panu??? dipikir bnr jg Gy. Klo abis keringetan gitu trs ga mandi kan biasanya kena panu ya... belum tentu tuh pemain bola rajin mandi.. cocok bgt sbnrny mrk jd model itu :D

    ku g suka bola sebenrnya... tapiiiii krn suami penggemar fanatik Liverpool, mw ga mw aku coba2 nonton juga..even sempet ikutan nntn live pas liverpool k GBK.. dan seruuuuuuu ^o^. Merinding ih nonton live gitu...tp dr TV ga asik.. bosenin ngntuk. ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo suamiku lebih ke basket mbak. AHahaha iya tuh kan kl habis main bola keringetan, harusnya mereka cirekrut buat jadi bintang iklan salep kulit hahaha

      Hapus