THE POWER OF I AM SORRY

by - 14.39

Bagi cowok, mengatasi ibu kost yang ngomel gara-gara nunggak tiga bulan jauh lebih gampang ketimbang meredakan amarah cewek yang lagi ngambek, ngambeknya disebabkan PMS lagi. Ga ada sebab, senggol dikit ditempeleng pake nampan mbak kantin. Minta maaf tapi tetep diomelin sepanjang jalan. Diliatin orang banyak. Diketawain. Dikatain lo anggota perkumpulan cowok takut pacar. Serem dah.

Kalo boleh gue saranin nih, cowok sebaiknya cari cewek yang hobinya wajar-wajar aja, bukan yang suka gigit bahu pasangan kalo lagi naik pitam atau yang suka neror kalo lo deket sama cewek lain. Posesif impulsif. Cewek temperamental setiap kali punya masalah bukan partner yang asik, bisa-bisa hidup kalian penuh drama, intrik, konflik, juga kurang piknik.

Setiap kali berantem, kata maaf adalah hal pertama yang harus keluar setelah terjadinya perseteruan. Satu kata sederhana tapi punya kekuatan maha dahsyat, mungkin bisa disejajarkan dengan kekuatan Ksatria Baja Hitam yang bisa ngeluarin pedang dari udel atau Ultraman yang punya lampu nyala di bajunya. Tapi soal maaf memaafkan, korban sebenernya adalah cowok. Mau itu cewek yang salah, yang bujuk duluan justru si cowok. Mau ceweknya bikin ulah, yang malu tetep aja cowok. Cowok emang selalu salah.

Meski begitu, ada beberapa kondisi di mana minta maaf berujung pada kegagalan, segagal gue mendapatkan Takaru Sato sebagai sopir pribadi. Para cowok juga bakal merasakan sesak luar biasa di bagian dada jika usaha minta maafnya sama sekali ga membuahkan hasil, malah si cewek makin ngamuk sampe guling-guling di pinggir gerobak bajigur. 

Nah, kenapa itu bisa terjadi? Mungkin akibat hal-hal fatal yang ga lo sadari. Pertama, sebagai cowok, mau ga mau harus minta maaf duluan, jangan nunggu lama dan berharap cewek bakal berinisiatif menyelesaikan masalah tanpa ngomel. Itu adalah kemustahilan absolut. Biarin aja gengsinya si cewek melambung ampe menara sutet, yang penting keadaan genting kembali normal. Sebel banget ga sih, ga salah tapi minta maaf dulun? Tapi emang gitu settingannya. Lo harus ngalah untuk sukses dimaafkan. Cewek sebenernya lebih egois dari cowok, maunya menang sendiri dalam hal perasaan karena lebih sensitif. Dia paling ogah minta maaf duluan padahal jelas-jelas dia yang pertama cemburu sampe slek, tetep jatah minta maaf ada di tanganmu. 

Kasus lain, biasanya lo dianggap ga peka jadinya si cewek marah-marah. Iya, lo ga peka kalo dia lagi dateng bulan harusnya dibeliin pembalut, bukannya popok. Terang aja dia emosi. Satu-satunya jalan adalah minta maaf duluan, ga peduli cewek ga ngerasa salah padahal dia ga bilang kalo lagi kena portal. -___- emang suseh dah. Minta maaflah dengan tulus, jangan sambil ngambek atau nari hula-hula. Dijamin lo ga bakal dimaafin kalo cara minta maaf lo mengerikan kayak gitu.

Kedua, kalo minta maaf jangan sambil ngancam. Ini bisa jadi permintaan maaf yang ditolak dan menyakitkan.
Yank, kalo kamu ga mau maafin aku, aku akan kembali ke hobi aku yang dulu!!
Maksud kamu, yank?
Aku mau kembali mangkal di Taman Lawang!!
Ha? I..iya, iya...aku maafin...asal jangan kayak dulu lagi. Pliiis.

Oke itu baru awal. Kejadian lain terulang:
Lo kok ngambek mulu? Gue kan udah minta maaf. Kalo lo ga mau maafin gue, saat ini juga gue bakal bunuh diri diempang lele, atau gue bakal ngisep ganja basi lagi kayak dulu!
Kok gitu sih, yaaank?? Iya iya dimaafiin tapi jangan gitu dong ngomongnyaaa hiks!

Ada beberapa cowok yang menggunakan cara licik kayak gitu biar dimaafin. Padahal, hati cewek tersayat dan was was loh kalo cowoknya unpredictable kayak gitu. Dikit-dikit ngancem. Dikit-dikit pipis di celana. Dikit-dikit cepirit. Cewek akan ngerasa dikejar-kejar rasa khawatir, guys. Masalah bakal dateng lagi besok, lusa dan seterusnya. Kalo tiap kali salah dan ga dimaafin di awal kemudian agar dimaafin para cowok pake cara kayak gini, itu sedikit jahat menurut gue. So, jangan gunakan ancaman saat minta maaf. Oke?

Ketiga, gunakan hadiah sebagai taktik. Biasanya sih ini jitu. Cewek rata-rata akan luluh dikasih hadiah sebagai permintaan maaf. Tapi liat-liat dulu kesukaan dan karakter cewek lo. Kalo dia tipe horor yang keranjingan pelem berbau Sadako, ada baiknya lo kasih jubah suster ngesot warna item untuk menunjang kegemarannya akan satanisme. Kalo cewek lo suka makan, kasih es krim atau coklat. Yang enak, jangan yang basi. Kalo cewek lo tipe feminim, beliin baju atau rok. Yang bagus, jangan yang terlalu mini takutnya dikira lagi dagang. Cewek lo tipe sporty? Beliin bola basket. Mau total? Kasih jersey bertanda tangan pemain sepakbola favoritnya. Permintaan maaf bakal gagal kalo lo ga mengenali karakter pasangan. Cewek suka karate, lo kasih high heels. Cewek suka makan, lo kasih obat diet. Dijamin gagal total.

Keempat, ngegombal adalah pilihan yang lumayan. Ngegombal ga hanya bisa dilakukan lewat kata-kata. Lo bisa nyanyiin lagu favorit si cewek di bawah balkon rumahnya dengan gitar listrik secara lo anak band. Kalo ga punya, cukup pake ukulele. Sekiranya rumah cewek lo cuma rumah petak, ya nyanyinya depan pintu aja. Pake baju yang oke kalo ga mau dianggap tukang ngamen atau petugas sumbangan. Bacain puisi juga bagus, asal jangan puisi kematian. Bukannya dimaafin, lo malah dilempar karangan bunga segede gaban. Selanjutnya, bujukan manis bisa dijadikan bahan yang bagus untuk minta maaf. Minta dia supaya ngomong kesalahan lo apa. Ini nih. Kadang cewek mengira para cowok adalah titisan dukun dan cenayang pembaca pikiran. Kalo emang gitu, ga bakal ada yang namanya kesalahpahaman. Ditanya, bilang ngga apa-apa. Lo timpalin pake "ooh, ya udah kalo lo gpp" malah diteriakin: lo emang ga tau perasaan gue!!"
Sekali lagi. Cowok emang selalu salah.

Gimana bisa tau kalo ga bilang?? Sebagai bangsa cewek, gue kadang malu kalo masih aja ada yang kayak gitu. Cewek adalah makhluk yang dilengkapi mulut sebagai alat komunikasi. Apa susahnya bilang: Kamu tadi nyakitin aku dengan bilang kalo idungku pesek kayak Dijah Yellow. Sakit, tau! Sakiiiit!
Nah kalo caranya kayak gitu kan beres, si cowok tau apa yang harus diperbuat untuk menebus kekesalan si cewek. Hanya saja cewek tetep gengsi, mereka maunya ditebak dan dimengerti. Turut berduka cita aja dah untuk para cowok yang punya cewek model begini. Terakhir, jangan diemin cewek kalo kalian lagi berantem. Mau masalahnya sepele atau pelik, jangan tinggalin cewek apapun kondisinya. Entah lo cuma bisa diem nunggu tangisan dan ledakan emosinya reda, menemani adalah hal yang akan paling dihargai sama cewek. 

Minta maaf adalah kesederhanaan yang mulia, dan yang memaafkan punya stok kesabaran tak terhingga. Kalo digabung, bakalan jadi tim solid yang bisa mengatasi masalah tanpa masalah (Pegadaian kaliii). Nah, usaha kalian untuk minta maaf kayak gimana? Sama dengan yang di atas atau ada yang beda?


You May Also Like

6 komentar

  1. Kalo seumpama cewek gue ngambek gara2 gue salah . . gue bakal nyandra bokapnya dan ngancem nusuk perut bokapnya pake paku payung . . biar dimaafin. . 8|

    BalasHapus
    Balasan
    1. AHahahaha tukang ngancaaaaam. Pake paku payung lagi. Jahat banget! Harusnya pake jarum akupuntur tauuu

      Hapus
  2. Di dunia percintaan terkadang cuma ada dua aturan :
    1. Cowok selalu salah
    2. Kalo cewek salah, kembali ke nomor satu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama kayak analogi senior-junior ya

      Hapus
    2. Aturan tambahan:
      3. Cewek selalu bener
      4. Kalau cowok minta maaf, tetep harus berdoa. Biar dimaafin bukannya disalahin lagi sama si cewek.

      Hapus
    3. Ahahaha wah kasian amat tuh kalo udah minta maaf tetep aja disalahin

      Hapus