ORI DARI NEGERI SENDIRI

by - 09.47


Ga lengkap rasanya kalo nge-list lagu Jepang dan barat tapi lupa bikin daftar lagu favorit dari negeri sendiri. Ibarat bubur ayam tanpa mamangnya, nasi goreng tanpa karet dua, atau idung tanpa upilnya. Ga seru bin hampa. Ini ulasan dari segi penikmat, bukan pro. So, kalo sotoy salahin aja kuping gue. Haha. Daripada lama, ini dia 10 daftar lagu paling berkesan buat gue, yang berasal dari Endonesaaah...eh Indonesia. Silahkan diintip...!

1. Jatuh Cinta Itu Biasa Saja--Efek Rumah Kaca

Lagu ini kayaknya jawaban kejengahan gue sama anak-anak alay yang hobi pacaran dengan gaya kelewatan di lapak sosmed. Jatuh Cinta Itu Biasa Saja menjawab protes keras yang gue lampiaskan dengan nginjek keset pake ekspresi garang setelah liat cabe-cabean berfoto selfie di fly over ketika gue berkendara, atau liat pasangan baru jadian pamer kata-kata durjana yang bikin polusi mata. Untungnya Cholil sang vokalis dengan suara kerennya nembak target tepat di sasaran. Kontribusi performa dan aransemen prima bikin gue selalu suka lagu-lagu mereka. Hujan Jangan Marah adalah judul lain yang juga harus diperhitungkan menurut gue,  meski judul lain ga kalah kece. Tapi yang ini adalah lagu pemuas jiwa yang dijawab dengan begitu tegas lewat bait-bait berkonten prosais.

2. Windu & Defrina--White Shoes and The Couples Company

Salah satu band pop punk jazz dari negeri sendiri yang paling gue demen ya ini. Gaya jadul dan beda jadi daya tarik tersendiri. Lirik sederhana tapi puitis namun santai adalah amunisi komplit sebagai sebuah band keren. Windu & Defrina adalah lagu yang paling gue suka dari semua lagu band ini. Nomor dua gue kasih ke judul Senandung Maaf, selanjutnya Senja Menggila dan Roman Ketiga. Ngedengerin White Shoes and The Couples Company sama aja berselancar lewatin dimensi, mendongkrak bahasa puitis jadi semacam sarapan ringan yang mengenyangkan. Jadi inget foto-foto emak sama abah gue pas lagi muda. Dress code-nya sama. Haahahaa.

3. The Ballad of Lunar and Stellar--OYSTER

Langsung jatuh cinta pas denger lagu ini pertama kali. Awalnya sama lagunya, kedua sama suara vokalisnya yang laki abis. Semua penyanyi cowok emang oke, tapi yang ini beda. Bikin kesengsem(sama suaranya loh, ya bukan sama sendalnya). The Ballad of Lunar and Stellar ini meleburkan atmosfir Lar'c-en-Ciel dan Incubus yang kentel banget, ditambah tentunya esensi musikalitas dari masing-masing personilnya. Dikarenakan lagunya berbahasa Inggris tapi ada nuansa negeri Sakura, gue pikir mereka hybrid band kayak Monkey Majik dengan formasi mahasiswa Jepang yang seneng bereksperimen sama not balok dan pelajar Amrik yang biasa bikin lirik tiap kali selese baca buku sastra. Melongo juga pas tau band ini adalah band lokal. Liriknya dalem, bikin sedih tapi juga gagah, ga cengeng. Kayak persilangan genetik antara takoyaki dengan serabi yang juga udah blasteran ditemenin sama kopinya Setarbak. Lagu ini asik banget, tapi bikin galau, tapi juga punya dedikasi. Gitu pokoknya. Keren!

4. Jangan Pergi--Killing Me Inside feat. Tiffany

Lagu ini bikin mood naek turun, galau iya, jiwa jadi lunglai dah. Melodinya oke, duet Onadio dan Tiffany pas banget. Gue pikir bakalan timpang secara vokal cempreng gabung sama pita suara bening. Tapi ternyata efeknya saik. Meski formasi band ini sekarang udah beda dan tetep cadas, pilihan lagu paling gue suka atuh di Jangan Pergi. Judulnya jangan pergi eeeh ikon band ini si Onad justru hengkang. Hehe. Ga apa-apa lah yang penting lagunya enak didenger. Lagu ini pilihan yang tepat untuk nemenin suasana merana pas gerimis. Lebih asoy diputer pas lo dan pasangan lagi slek. Nyanyiin deh lagu ini, dijamin oke lagi. Hehe. Itu juga kalo lo nyanyiinnya ga sambil ngegoreng bakwan.

5. Segitiga--Elmo Street Fire

Kalo dilafalkan dengan lidah yang kepeleset suka jadi Elmo Street Fighter. Mungkin para personil band ini suka sama si merah Elmo dari Sesame Street tapi keranjingan game Street Fighter. Di-mix lah keduanya jadi Elmo Street Fire. Hehee (sotoy mode on). Ga sengaja dengerin penggalan lagu ini di radio, langsung gue donlot dari internet. Vokalnya yang tipis dan agak serak lumayan oke. Lagunya pun punya makna yang dalem. Siapa yang kuat sih bertahan di dalam cinta yang bentuknya segitiga? Mau ngelepasin ya susah, bertahan juga ga tau ujungnya bakal gimana. Kayak gambling. Nah, lagu ini lumayan bagus. Tapi band ini kagak pernah nongol di tipi deh perasaan, dan link donlotnya pun banyak yang dihapus. Ga tau kenapa.

6. Dan--Sheila On 7

Ini band keren dengan lagu-lagu keren. Yang paling gue suka adalah lagu Dan. Ada jiwa galau di dalam lagu ini. Pokoknya suka deh. Sheila on 7 menurut gue adalah salah satu band dengan lagu yang ga punya indikasi alay sama sekali. Liriknya dinamis, deket sama keseharian, makna dari tiap kalimatnya selalu aja menarik. Sebenernya lagu yang jadi favorit dari band ini lumayan banyak. Itu Aku, Sahabat Sejati, Pejantan Tangguh, dan beberapa lagi. Tetep, Dan ada di posisi teratas sebagai lagu yang paling sering gue dengerin dari band ini.

7. My Secret Admirer--Mocca

Band retro? Indie? Vokalis cewek? Mocca, dong. Dari semua lagunya yang easy listening dan gampang banget disukai, My Secret Admirer adalah perpaduan yang sangat renyah dan manis. Lagu-lagu Mocca, apalagi yang ini punya chemistry yang sulit ditolak. Mocca termasuk yang gue acungi jempol karena anti mainstream dan ga terkontaminasi sejengkal pun oleh lagu-lagu sok perlente yang asal jadi. Mocca ngasih sesuatu yang beda. Enak banget dengerin lagu ini kalo hujan turun, sambil tiduran di sofa teras belakang, plus cemilan empuk dan tentunya sama si ehem-ehem. Perfect.

8. How Could You--Kamasean Matthew

Asli! Gue pikir ini lagu luar, ternyata dari negeri sendiri. Vokal kuat jebolan Indonesia Idol ini bikin gue suka setengah mati sama lagunya yang punya suasana lagu milik Demi Lovato. Atau kalo mau lebih tomboy sekalian Joss Stone dan Leona Lewis lewat Bleeding-nya. Tadinya gue memang nebak kalo yang nyanyi adalah penyanyi Amrik sana. Ga nyangka aja lagunya begini mentereng. Mungkin karena ada campuran bahasa Inggris juga di sini, jadinya salah terka. 

9. Pelukis Malam--Nugie

Ini lagu yang canggih banget manjain telinga. Ada filosofi yang dalem juga diliat dari makna liriknya. Nugie emang punya vokal khas yang ga akan pernah bisa meleset ditebak. Pelukis malam ini romantis banget ga pake lebay. Kepiawaian Nugie dalam bikin lagu aliran pemuja cinta tapi ga cengeng jaminan yang bisa dipertanggung jawabkan. Petikan gitar dan keikutsertaan cello di sepanjang lagu membujuk kita buat berdansa sama pasangan di bawah rembulan. Buset daaah.

10. Salah--Potret

Antara Bagaikan Langit dan Salah, gue pun ngitung kancing dan yang dapet jackpot adalah lagu kedua. Lagu dengan judul Diam juga masuk itungan, cuma rada kelam dan gue demen Potret ketika menciptakan lagu-lagu riang yang bahasanya kadang menggiling EYD tanpa ngerasa dosa. Dimaafin lah kalo yang itu karena terselamatkan sama notasi dan vokal si empunya band.

Nah, itu 10 lagu negeri sendiri yang paling punya kesan buat gue. Maaf banget gue ga cantumin lagunya Kangen Band, dan mungkin ga akan pernah meski Michael Jackson idup lagi. Bukan apa-apa, ntr blog gue ini tiba-tiba porak poranda di bom haters garis keras. Nah, kalian pasti juga punya lagu-lagu yang berkesan, kan? Ada list yang sama kayak di atas ga nih? Uhuk.

You May Also Like

0 komentar