LAGU JEPANG PERONTOK BULU BETE

by - 11.24

Musik bagi gue adalah pembunuh paling ampuh untuk penyakit semi depresi alias setres. Paranoia atau skizo mungkin perlu penanangan khusus, tapi setidaknya, kebetean ultra jengah bisa ditanggulangi sama musik. Gue suka lagu barat, indie, juga musik berbau Jepang. Yeah, sebelum yang indie kebarat-baratan dan negeri sendiri diulas, gue mau share sepuluh lagu jepang yang paling piawai manjain kuping. Kenapa cuma 10? Ini dia tantangannya. Setiap orang pasti punya banyak lagu yang berkesan. Dengan hanya mencantumkan 10 aja, gue dipaksa untuk mengkalkulaskan musik yang disuka. Tentu aja itu jadi lebih sukar. Oke, ini dia 10 yang gue paling suka. Nomor ga menunjukkan urutan yang mana yang paling oke dan ulasan di bawah ini adalah kerjasama ngasal atas dasar sotoy bin khilaf antara kuping dan hati gue, jadi bukan dari segi profesional ala kritikus beken. Hahaha. Oke deh, selamat menikmati, yaaa...

1. Mitchi to You All--Aluto

Duo keren dengan vokalis bersuara unik kayak lagi pilek dan partnernya pengasup energi lewat gesekan biola ini cukup unik. Saik! Mengesankan gimana melodinya yang pedih bikin emosi campur aduk bikin ngebayangin adegan gue yang masih berukuran anak SD dadah-dadah sama abang tukang cendol karena dia mau pulang kampung sehingga gue ga bisa lagi ngerasain dagangannya. Itu sedih, Man. Lagu ini cocok sebagai lagu persahabatan dengan notasi lumayan menyayat. Cara Fujita Daigo nyanyi dengan menyertakan jiwa mampu bikin gue galau dengerin lagu ini. Bungkus, Gan!

2. Rakuen--Do As Infinity

Band senior emang kagak ada matinya. Lagu ini bersaing sama Fukai Mori yang emang beken banget sebagai original soundtrack Inuyasha , tapi pilihan gue jatuh sama Rakuen. Vokal kritis dan kuatnya Tomiko berpadu dengan komposisi musik dari Dai Nagao emang menggigit banget. Coba dengerin dentingan piano, cello dan gitar listrik yang menghiasi lagu ini ampe akhir. Canggih banget ngeswitch si gitar di permainan yang memadukan vintage-oldschool Jepang dengan metal beast. Renyah banget pokoknya. Gue suka banget lagu ini untuk ngusir kepenatan sampe ga ada bekas. Meski udah bubar, Tomiko bersolo karir dan Ryo gitaris satunya lagi membentuk band baru yaitu Missile Innovation, tetep aja band yang satu ini ga akan bisa dilupain.

3. Closer--Joe Inoue

Instrument di lagu ini ngalir jadi semacam mood booster dan pemicu adrenalin level standar. Ga terlalu metal tapi juga ga slow lebay. Kaze no Gotoku tadinya jadi referensi awal, tapi Closer lebih asik. Gue suka cara Joe nyanyiin lagu ini. Apa lagi ini soundtracknya Naruto. Anak muda banget, penuh dengan motivasi atau pemberontakan sekalian. Style musik Jepang di lagu ini kentel bin dominan meski Inoue lahir dan gede di Amrik sono, gue blom nemu keikutsertaan esensi barat di lagu ini, tapi justru di situ keistimewaannya. Original. Bawa pulang yang ini, bro!

4.  Hitomi no Juunin--L'arc-en-Ciel

Siapapun yang demen lagu Jepang ga bakal melewatkan band genre alternative dan progressive rock yang digawangi Hyde ini. Vokal kuat nan seksi jadi semacam magnet khusus, lagu-lagunya unik dan ga biasa. Misalnya Blurry Eyes yang epik, My Heart Draws a Dream yang kece badai, plus lagu Flower di mana musikalitas mereka makin mateng. Mulai memperhitungkan Good Luck My Way tapi justru puncaknya gue tergila-gila malah sama Hitomi no Juunin ini padahal nongol duluan. Eeet dah ke mana aja gue?? Hahaha. Vokal Hyde emang menghipnotis dan kualitasnya oke parah. Dia salah satu vokalis yang gue demenin selain vokalnya Hideki Imamura dengan bandnya Siam Shade yang mengusung genre serupa.

5. Remake--One Ok Rock

Sumpah, paling susah nentuin lagu terfavorit karena rata-rata gue suka semua lagu di band yang dipagerin sama Takahiro Morita ini. Gue suka One Ok Rock sejak 2011 setelah dengerin Chaosmyth. Makin sini makin keren dan Remake gue rasa yang paling cerdas di antara Deeper Deeper, Clock Strikes, Heartache, The Beginning dan Minghty Long Fall. Remake liriknya lumayan belibet. Kalo untuk slow beat, pastinya susah nentuin antara Be The Light, Wherever You are sama Decision. Yang terakhir cadas banget! Dua yang paling bontot jadi saingan berat karena komposisi musiknya sangat kuat. Satu lebih ngerock satu lagi slow enak banget. Lagian jadi Mighty Long Fall dan The Beginning sama-sama jadi OST-nya Rurouni kenshin yang sangat gue suka juga, jadi pelik banget milihnya. Tapi poin plus, The Beginning liriknya galau amat ya? Hahaha. Ya sudahlah, yang pasti mereka anak-anak muda berbakat yang gue acungi jempol. Duh jadi makin susah milihnya! Good job, Taka!

6. 1/3 Junjou Na Kanjou--Siam Shade

Lagu ini punya aura romantis sadis gara-gara digabung sama pita suaranya  Hideki Imamura yang pitch-nya gokil meski packaging-nya rock yang crunchy. Dengerin 1/3 Junjou na Kanjou ini sekalian nostalgia sama anime-nya Rurouni Kenshin. Yup, ini salah satu soundtracknya yang menurut gue paling ajib dan punya kekayaan melodi tersendiri entah dari tabuhan drum sama bassnya selain Heart of Sword-nya TM Revolution. Cara Hideki mentransformasi forsa jiwanya ke dalam lagu ini pun bener-bener optimal. Di satu sisi menghentak dengan tempo terkendali, di satu sisi romansanya kerasa banget. Yang ini emang pantes dijadiin favorit. Uyeah.

7. Velonica--Aqua Timez

Lagu ini juga bakal bikin mood jadi seger. Velonica yang jadi soundtrack salah satu anime ini gue nilai lebih asik dibandingkan Ketsui no Asa ni yang juga didapuk jadi soundtrack juga. Lagunya khas anime banget dan entah kenapa, vokal cowok-cowok Jepang emang bikin meleleh, salah satunya ya vokal Futoshi ini. Selain lagu, vokal gokil juga jadi pertimbangan gue untuk suka atau ngga sama sebuah band. Esoragato-nya Nano Ripe lumayan oke tapi karena vokalnya yang menurut gue "unik" tapi blom sepenuhnya bisa gue terima bikin gue sedikit menghindar ngedengerin lagu mereka yang lain. Kalo band ini sih lumayan, vokal khas anak kuliahan meski yang nyanyi keluaran SMU. Hahahaha. Eh, tapi mereka senior, loh.

8. Fast Forward--Monkey Majik

Lagu ini jadi andalan gue untuk menyeimbangkan mood yang lagi oleng. Keunikan Monkey Majik dengan lagu-lagunya terletak pada percampuran musikalitas barat dan Jepang bersamaan. Secara mereka adalah hybrid-band yang dipengaruhi banyak aliran. Vokal si cowok tipe gue banget dan permainan gitarnya bikin nagih. Jadinya klop, kentara banget di lagu Fast Forward ini yang kayak rollercoaster. Naek turun tapi emosinya stabil, ga keluar jalur tapi tetep jago ngusir penat di mana aja dan kapan aja. Istilahnya, ini lagu bisa disetel di kondisi apapun. Salut pokoknya.

9. Yasashisa no Riyuu--Choucho

Yup, yang tau anime Hyoka pasti tau juga opening theme-nya. Yoyoy, Yasashisa no Riyuu ini lagu yang manis dan khas anime banget. Gue suka alunan piano dan gitar di lagu ini. Dinamis dan ceria, meski vokalnya Choucho ini sebenernya bikin lirih. Tatanan liriknya juga sedikit bikin galau. Lagu ini kayak tarian laut dengan angin yang ga terlalu kencang berdesir jadi ga bikin syok atau kaget pas di melodinya yang naek atau turun. Masih bisa diantisipasi lah. lagu ini pas banget didengerin sambil naek sepeda bareng kesayangan hehe.

10. Gimme Chocolate--Baby Metal

Lagu gimme chocolate ini jadi lagu penutup list pilihan gue di postingan ini. Cewek-cewek dengan masih punya label SMU di seragamnya ternyata keren banget sebagai sub unit dari Sakura Gakuin. Ijime Dame Zettai dan Megitsune sama-sama bisa dicerna kuping gue dengan mudah, tapi pilihan paling oke ada di Gimme Chocolate. Seperti biasa, awalnya gue sangsi liat tiga cewek ini. Gue pikir sama kayak yang udah-udah yaitu grilband dengan anggota kayak personil anak muda yang mau tawuran. Banyak banget! Untung ekspektasi gue ke Baby Metal ini lebih manusiawi dan mereka buktikan dengan lagu-lagu yang emang sesuai dengan nama mereka. Metal tapi unyu. Manis tapi menikam pelan. Keren deh.

Sebenernya masih banyak, tapi gue harus patuh sama aturan yang gue bikin sendiri, secara kalo orang lain yang bikin gue malah suka sebaliknya. Melanggar. Hehe. Lagu Jepang memiliki magnet yang ga dimiliki lagu barat atau Indonesia. Ada semacam mantra yang melekat. Entah dari lirik, melodi juga vokalnya. Nah, ada lagu favorit Jepang yang pengin kalian share? Silahkaaan....
 






You May Also Like

4 komentar

  1. Makasih untuk rekomendasinya walaupun belum akrab dgn yg namanya lagu dari jepang. ntar dicoba akh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang keren tu One Ok Rock, harus denger hehee. Makasih udah mampir yaa

      Hapus
  2. lagu jepang kenalnya lagu2 soundtrack crows zero haha kalo pun ada , yg aku kenal lagunya L arc en ciel - new world B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata nonton crows zero juga hahah kereen

      Hapus