LAGU BARAT PENYEMBUH KURAP

by - 16.22

Kurap di sini cuma kata iseng aja biar senada sama kata Barat. Gue sama sekali kagak punya kurap. Hehe. Setelah ngulik 10 lagu Jepang favorit, kali ini gue bakal ngulas lagu-lagu barat yang punya kesan tersendiri. Gila amat gue suka lagu barat itu ratusan tapi kayak postingan di LAGU JEPANG PERONTOK BULU BETE, aturan tetep aturan yang harus gue patuhi. Susah banget menyusutkan beratus-ratus lagu barat yang udah gue denger, termasuk boyband (oh, tidak!!!) hanya ke dalam list yang isinya 10. Tapi lagi-lagi ini tantangan. Oh ya, nomor tetep ga jadi patokan urutan mana yang paling disuka mana yang biasa aja. Nah, dari 10 lagu berikut...ada yang jadi favorit kalian juga ga? Simak yaaa...

1. Crush Crush Crush--Paramore

Serius Paramore masuk list? Yup. Crush Crush Crush gue nilai lebih mentereng dibandingkan Decode dan Misguided Ghosts. Warna vokal Hayley menarik perhatian gue karena ngeblend dengan cukup bagus sama genre musik yang mereka usung. Sebenernya karakter pita suara Zoey Deschanel dengan band indie-nya She and Him lumayan oke. Selain itu ada duo Tatu dengan suara seksi khas cewek Rusia pun ga kalah gokil. Lorde dengan karakter suara yang sophisticated pun ga bisa dipandang sebelah mata. Tapi mungkin karena pembawaannya Hayley ini santai, cuek, ngasal tapi prima tiap bawain lagu, gue jadi suka terutama lagu ini yang bisa naikin tensi semangat.

2. Dig--Incubus

Siapa sih yang bisa lupa sama suaranya Brandon Boyd yang khas dan berani-beraninya gue setarain sama Bono-nya U2 meski mereka ga seangkatan? Padahal beda juga. Hahaha bodo ah. Tapi gue bingung kalo disuruh milih lagu paling yahud dari Incubus. Tiap lagu punya nilai dan roh tersendiri. Ga bisa ditolak. Contohnya Anna Molly, Pardon Me, Summer Romance juga. Tapi gue sukanya sama Dig. Unik aja melodinya. Lengkingan Brandon juga ga norak atau urakan, tetep macho sekaligus manis dan kuat. 

3. Somebody Told Me--The Killers

Kenapa ga Mr. Brightside atau Human aja? Itu dia, kenapa? Gue juga kagak tau. Tapi instrumentalitas lagu ini yang ngemix antara gaung jadul dan bentrokan melodi modern plus suara Brandon Flower yang tebel tapi empuk bikin gue jatuh cinta. Aneh, dark, misterius tapi justru terbuka. Indikasi lagu bagus di kuping gue adalah yang ga bakal bikin bosen meski didengerin berkali-kali. Salah satunya Somebody Told Me ini. The Killers menurut gue salah satu band cerdas yang bisa menjaga originalitas musik yang dari awal mereka punya. Salut.

4. 21 Guns--Green Day

Green Day wajib masuk di list sebagai band yang punya lagu-lagu bagus. Wake Me Up When September Ends itu seperti nostalgia dengan luka. Boulevard of Broken Dreams malah lebih menyayat. Atau Know Your Enemy sama Working Class Hero. Lagi-lagi galau karena harus milih. Pemenangnya 21 Guns. Genre punk rock dengan lagu keren emang ga salah punya Billy Joe Armstrong sebagai leader. Meski trouble maker, gue ga bisa subjektif. Bad boy tapi bisa bikin lagu ajib kayak gini mana bisa ga luluh coba? Dan 21 Guns ini sukses bikin gue galau kalo ngedengerin malem-malem, hujan pula. Adududuh.

5. Blinding--Florence+The Machine and Doctor Who Theme Mash Up

Pertama kali denger lagu ini ga sengaja akibat nyasar di trailernya Romeo and Juliet Theatrical Play si Takeru Sato dan Satomi Ishihara. Gue donlot ternyata langsung suka. Florence sukses nyanyiin lagu beraroma gelap ini dengan cara magis. Liriknya juga rada ironis gitu. Lagu ini ketika didengerin sambil nutup mata serasa kelempar ke zaman Reanissance yang lagi booming sama skandal, sekaligus bangkitnya prosa lewat nada. Pokoknya ajib banget aransemen musiknya. Jatuh cinta pada pendengaran pertama. Halah.

6. Automatically Sunshine--Swan Dive

Swan Dive kayaknya ahli lagu romantis deh. Lirik-lirik lagunya touching tapi dinamis dan ga lebay. Itu yang bikin gue suka. Selain lagu ini, Swan Dive ga pernah gagal bikin gue senyum-senyum sendiri, misalnya pas ngedengerin Circle. Duo yang suaranya lumayan ini kayaknya harus selalu ada di playlist. Paling pas dengerin Automatically Sunshine ini pagi-pagi sambil nyuci vespa bareng pasangan. 

7. Numb--Linkin Park

Kalo di playlist tiap orang ga ada lagunya mereka, itu kebangetan. Band aliran new metal dan rock alternatif ini punya jimat khusus kayaknya. Tiap lagunya ga pernah ga enak. Setiap personil punya sentuhan masing-masing yang saling ngisi, berkesinambungan, khususnya vocal Chester yang seksi abiiiis! Dan kalo ditanya band mana yang dari semua lagunya paling susah dipilih sebagai favorit, ini dia jawabannya. Gue bingung antara Leave Out All The Rest, High Voltage, My December, Crawling (duh yang iniii), atau The Catalyst? Butuh semedi dulu kayaknya. Tapi ternyata gue tulis Numb sebagai lagu paling gokil dari Linkin Park. Liriknya, gaan...kagak nahan!

8. The Zookeper's Boy--Mew

Kenapa gue milih lagu ini? Jawabannya cuma satu: Aneh. Iya. Ini salah satu band dengan vokal si leader yang cukup aneh, lagu-lagunya juga rada kurang bisa diakrabi kuping dan harus didengerin ulang. Ini mengingatkan gue sama model-model vokal macam Axl Rose atau Fred Durst yang masuk kategori vokal dengan jangkauan absurd. Kalo dengerin Mew, menikmati jadi nomor dua, yang ada malah ngikik akibat warna suaranya yang lucu tapi gue akuin ga biasa. Mungkin Jonas Bjerre abis nelen biji nangka sebelum nyanyi, jadi kayak kejepit tapi amazing.

9. We Are Young--Fun Feat. Janelle Monae

Lagu ini punya melodi yang asik, tegas, juga bebas. Namanya juga lagu anak muda meski sebenernya ini lagu lama. Menikmati lagu ini kayaknya pas dengan dress code hippies, sunglasses, pantai, senja dan api unggun dan kita di ayunan sambil baca buku jelek. Bukunya ga dibaca juga sih, tapi fokus sama lagunya. Haha. Bebas dan minim kekangan, jauh dari kata introvert. Dengerin hantaman drum dan melodi retronya dari awal. Taruhan, ga mungkin ga goyang tuh tangan di paha kalo dengerin lagu ini.

10. You--Point Break

Ini lagu pamungkas penyempurna. You-nya Point Break adalah lagu dengan romantisme metal yahud. Vokal Brett, Dec sama Ollie saling melengkapi. Dari semua lagunya Point Break, menurut gue memang ini yang bisa jadi referensi untuk nambah stok galau dibandingkan Freaky Time yang temponya lebih pelan atau Stand Tough yang nge-rock gila. Tapi You ini beda. Slow metal dengan lirik gundah emang ga bisa disisihkan. Lagu ini masuk kategori lagu yang bakalan mentereng kalo diputer malem-malem, sendirian, ngarepin seseorang yang selalu mondar-mandir di pikiran tapi susah diraih. Emang enak? Kwkwkwk.

Kelar juga akhirnya bikin list lagu barat favorit. Gimana dengan kalian? Lagu yang paling berkesan apa aja? Monggo share ya...

You May Also Like

2 komentar

  1. Paramore - Ignorance, mantep bgt tuh. Liriknya nyindir abis haha
    Greenday - Boulevard of broken dreams. Lagu kenangan sepanjang jaman hahaha
    Incubus - Love Hurts. Liriknya jlebbb bgt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuuh Boulevard of Broken Dreams tu emang bikin galau. Melodinya ajib yak hahaha. Ini masnya Paramore sama Incubus tema lagunya sama ya hahaha cinta yang nyakitin hahahaha

      Hapus