RUMPUT AMNESIA

by - 20.42

Datura adalah sejenis rumput dengan kandungan atropin dan skopolamin. Awalnya aku tidak terlalu peduli dengan tumbuhan yang satu ini. Namun ketika mengetahui efek yang ditimbulkan dua zat yang terkandung di dalamnya, mungkin harus kupertimbangkan untuk menanam dan memeliharanya. Kurasa sewaktu-waktu, manusia dengan emosi level labil akan membelinya dariku tanpa memikirkan nominal yang harus dirogoh.

Atropin dan skopolamin adalah dua elemen yang jika kau konsumsi, maka kau tidak akan pernah mengingat namamu lagi. Oke bagus. Seseorang yang ingin melupakan masa lalu kurasa harus mencari tumbuhan ini. Tak perlu menunggu sampai terjangkit Alzheimer. Gunakan yang satu ini maka kau akan menjadi manusia yang berbeda. Gila, impresi sejumput tanaman dengan kehebatan yang memikat sekaligus menakutkan ternyata memiliki eksistensi. Bisa kau bayangkan bagaimana kau akan melupakan setiap memori dalam hidup? Bisa kau bayangkan betapa mengerikannya tak pernah mengingat lagi setiap nama yang pernah hinggap, dan mengetahui efek Datura tidak akan pernah kembali?

Tunggu, mengapa aku membicarakan tumbuhan yang satu itu? Oke. Sini kuberi tahu.

Melupakan. Melupakan, mungkin definisinya berarti menghapus beberapa kertas dari buku kehidupan yang dirasa merugikan, menyakitkan atau melukai. Memori menyakitkan biasanya akan ada di tahap masa lalu. Misalnya saja, seseorang mengkhianatimu dengan pergi bersama orang lain, seseorang yang menodai kepercayaan yang kau simpan padanya dan lebih memilih orang baru, atau seseorang yang merusak cinta sucimu sampai kau tak sudi lagi melihat ataupun mendengar namanya.

Lumrah. Wajar. Manusia akan selalu berhasrat untuk melupakan. Meski harus disadari bahwa tidak akan ada masa depan tanpa masa lalu. Tidak akan ada senyuman tanpa luka dan kegersangan jiwa, tidak akan ada cinta tanpa rasa perih yang harus dirasakan dulu sebelum mereguknya sebagai kenikmatan murni. Melupakan bisa diusahakan. Tidak akan ada yang bisa menjamin apa yang kita lupakan benar-benar hilang. Tapi paling tidak, kita bisa membuatnya samar. Masa lalu adalah masa lalu. Biarkan pergi, biarkan hilang tanpa jejak. Siapa yang tahu caranya? Tentu kita sendiri.

Tetapi, melupakan semuanya bukan solusi. Kita diberi kesempatan untuk memperbaiki. Seburuk apapun itu, masa lalu akan terus melekat. Tenang saja, lukanya tidak akan kembali jika kita mengontrolnya dengan benar tanpa mencoba main api dan sengaja melemparkan diri ke mesin waktu di dalam pikiran untuk kembali ke masa itu lagi.

You May Also Like

0 komentar