CINTA: KONDISI EPIK

by - 10.32

Cinta bukan barang gratisan. Seseorang harus menyerahkan hati dan komponen-kompenen penting di dalamnya sebagai alat tukar. Salah satu partikel yang akan kau serahkan, orang bilang, disebut perasaan. Perasaan setiap orang berbeda dan sebagian besar bersifat netral bagi yang tidak terikat. Tapi justru berada di garis frekuensi yang sama ketika dua manusia mengalami gejala ambigu yang sulit diuraikan dan luar biasa yang dinamakan dengan jatuh cinta.

Cinta adalah keadan paling epik yang bisa dirasakan setiap manusia. Sensasi euforia yang diresap bisa terus dipertahankan tergantung bagaimana dua keping hati menyetarakan dan mempertahankannya dengan upaya.  Aku tidak terlalu suka ketika jatuh cinta namun tidak bisa menunjukkannya. Jarak, dalam hal ini adalah penyeranta yang mencabut wewenangku untuk menyentuhmu. Denting juga ikut-ikutan menyandera rindu yang jauh-jauh hari sudah kukemas untuk kamu. Bagaimana cara tubuhku mendapat asupan nyawa jika menyentuhmu saja tidak bisa? Egoku terkadang berontak. Dia tak tahan ingin pergi, ingin menemuimu di atas bukit yang dinaungi langit dekat gerbang senja seperti tempo hari.

Barangkali analoginya sama dengan dua polar yang akan tarik menarik apabila medan magnetnya justru berbeda. Terlepas dari jatuh hati adalah kondisi saga klasik yang tidak gampang dikatakan, cinta tentu saja punya wilayah berbahaya jika diusik namun menggoda untuk dijelajahi. Area terlarang itu disebut privasi. Jatuh cinta berarti bersikap posesif terhadap privasi sendiri. Seseorang akan menyembunyikannya hanya untuk diri sendiri, dan dibagi ketika yang menyebabkan kegilaan itu dimiliki. 

Buatku, kamu adalah penyebab fungsi mental ilmiahku jadi berantakan dan terkadang tidak stabil, tapi dalam arti positif karena aku sangat menyukainya. Bukankah jatuh cinta adalah pilihan? Pilihan untuk jatuh berdebam dengan ketidakwarasan atau menghindari jurang agar tidak terluka. Ayolah, tidak ada cinta yang tidak menagih air mata. Itu hukum alam, dan tidak pernah ada yang lolos meskipun bersembunyi di tempat terpencil sekalipun.

 Jatuh cinta bukan plagiarisme. Pengalaman kisah pada setiap orang saat fase itu datang pastinya berbeda beda. Punya rasa sendiri dan tidak bisa ditiru sama sekali. Dan berjumpa lalu terikat denganmu bagiku adalah hasil campuran sentuhan Tuhan dan daya tarik jiwa yang tak bisa kutebak sejak awal kita bertemu. Ada sesuatu yang mengingatkanku pada satu posisi yang paling kuinginkan setiap hari, yaitu mencintai dan dicintai.










You May Also Like

2 komentar

  1. Balasan
    1. Hihi memang, tapi jika sudah mengenalnya lebih dekat, cinta sebenarnya sederhana.

      Hapus