HARBLOGNAS

by - 18.27

Eng ing eeeng....bunyikan terompet, Buuuung!!!

Hari ini, tanggal 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional. Bilang Hari Blog Nasional juga oke kok, kagak ada yang bakalan demo. Gue termasuk warga yang antusias dengan adanya hari kayak gini. Ga cuma ada Hardiknas atau Harpitnas, ternyata blogger juga punya moment special yang harus dirayain, yang punya makna tersendiri di hati pemiliknya.

Bicara soal blog, gue lebih suka blog personal yang kagak ada iklan di dalemnya. Selain bikin berat loading, blog dengan iklan yang terlalu banyak bikin mata gue perih ngeliatnya. Kalo bisa sih blog khusus iklan ya dipisah sama blog personal. Tapi beberapa blog personal yang pernah gue sambangin punya iklan yang terlalu banyak. Satu dua sih masih oke, tapi kalo kebangetan gue malah males mampir.

Blog, sedikit banyak adalah media yang berjasa buat gue. Gara-gara blog, penerbit nyasar dan terdampar tanpa sengaja, baca isinya, sampe tertarik untuk sering mampir dan gue diajak nerbitin buku. Ajib markojib. Blog juga salah satu tempat gue menumpahkan semuanya. Ya aer, ya uneg-uneg, ya cerita, ya kangennya gue sama suami tercinta, sampe kekesalan gue akibat kehilangan sobat yang direbut dengan cara yang ga elit. Yang terakhir itu abaikan aja, soalnya gue curcol. Blog itu ada kelebihan dan kekurangannya. Ada blog yang gue suka, ada juga blog yang bikin gue ilfeel. Apa aja sih? Nyok ah disimak.

THE BLOG I LOVE AND HATE

1. Gue suka blog yang isinya lucu, gokil, dan anti mainstream. Kebanyakan yang punya blog beginian biasanya berjenis kelamin laki-laki. Isinya beragam. Kayaknya otak mereka emang didesain untuk nulis hal-hal yang terkadang ga terpikirkan sebelumnya. Pengolahan kata yang mereka pake juga dinamis dan ga cengeng. Entah itu isinya cerpen, tips, opini, de el el. Gue ga suka blog yang isinya curhat dengan gaya tulisan ga teratur, ga dicampur dengan teknik dan seni.

2. Gue demen blog yang tampilannya oke. Simple, ga terlalu rame, ga punya kursor dengan gambar kerlap-kerlip bikin kagok, ga ditempelin audio yang isinya dangdut koplo, dan suka kalo warnanya ga terlalu ngejreng. Dikira si blog mau ke kondangan kali didandanin norak kayak gitu.

3. Blog yang daftar isinya banyak adalah blog yang bakal sering gue sambangin. Gue pernah nemu blog yang isinya cuma satu. Sebulan kemudian, tuh blog masih aja blom beranak. Enam bulan kemudian, blognya udah sekarat lalu mati. Kagak niat banget dah yang bikin. Entah pemiliknya lupa password atau emang lagi banyak kerjaan.

4. Gue suka blog yang ukuran tulisannya seimbang dan font-nya ga aneh-aneh. Ga kekecilan juga ga kegedean, juga tau apa yang namanya spasi. Gue pernah baca blog yang sebenernya punya isi lumayan kece, tapi minim spasi, semuanya dempetan ga dikasih jarak, juga ditulis dengan font jaman Raja Arthur. Keriting ga jelas bin kriwil-kriwil. Gue ampe puyeng bacanya dan lebih meneruskan nutup si blog dari pada gue kena radang tenggorokan dan katarak. Nyambung ga sih?

5. Blog yang isinya utuh adalah blog yang akan gue perhatiin. Gue bukan pengamat yang baik tapi sebagai pembaca, gue pengen dipuasin. Pernah beberapa kali gue menemukan blog yang satu postingannya cuma seuprit. Satu paragraf doang dan ga punya pesan atau isi yang punya alur. Cuma curhatan yang ga punya ujung sampe gue garuk-garuk kepala karena ga nemu apa inti tulisan yang ditulis.

6. Dari banyak kriteria blog yang gue suka dan ga suka, daftar nomor satu dari sebuah blog yang akan gue apresiasi adalah blog yang ga copas. Blogger yang nulis hasil meres otak sendiri meski isi tulisannya ga terlalu banyak masih jauh lebih terhormat daripada blogger yang bisanya cuma asal nyomot. Kasian blogger-blogger yang udah usaha susah payah demi memuaskan pembaca, tulisannya dicopet seenak udel.

Dengan adanya Hari Blogger Nasional, gue yakin semua blogger juga bakalan sependapat, kalo setiap blogger harus mengusung originalitas. Blog adalah karya. Blog adalah rumah kedua. Mana ada yang mau bertamu ke rumah kalo tampilan apa lagi isinya amburadul ga karuan. Save our blogs, guys. Selamat Hari Blogger Nasional yaaa...





You May Also Like

10 komentar

  1. "Gue suka blog yang isinya lucu, gokil, dan anti mainstream. Kebanyakan yang punya blog beginian biasanya berjenis kelamin laki-laki."
    eh ada juga lho blog cewek yang blognya kayak gini tapi yang punya cewek, kayak CEOnya kancut kbelenger.
    btw selamat hari blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cowok yang nulis aneh aja, mas. Lebih berasa. Kwkwkw

      Hapus
  2. Kalo soal iklan, yap. Aku bener-bener setuju. Tapi mau gimana lagi, udah menjadi hak blogger lain buat menaruh iklan di blog mereka. Kita sebagai pembaca, cuma bisa baca aja -_-

    Eh iya, selamat hari blogger nasional yaaak :D Keep blogging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma kalo kayak gitu aku lebih milih ga berkunjung lagi ke blog tersebut hihihi

      Hapus
  3. Iya juga sih, kalo kebanyakan iklan memang ngeganggu banget. aku pernah mampir ke suatu blog, tampilannya banyak iklan. Buka postingannya, tentang iklan. eh, gak taunya emang blog pemilik suatu produk. @@,

    Btw, Selamat Hari Blogger Nasional, mpok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha yeee iya kali itu maah. Met hari blogger juga mas jrit

      Hapus
  4. Tambahan dariku: aku suka blog yang aktif, kalo bisa sih tiap hari ada aja update terbaru kyk dianarikasari yang konsisten yang rajin banget, tp seminggu sekali atau 2 minggu sekali jg gpp sih, yang penting akfif.

    Trus, yang isi kontennya jelas dan ga terlalu beragam ampe terkesan terlalu random, apakah itu mau blog fashion, literatur, cerpen, blog foto dll. jadi enak aja kalo tiap blogger punya identitas jelas soal genrenya :)


    adynura.tumblr.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Blogku jg gt, khusus tulisan cerpen atau prosa. Kalo fashion ngga, soalnya ga bisa dandan kwkwkw. Makasih udah mampir yaa

      Hapus
  5. aku setuju! aku juga newbie di dunia per-blogger-an. postingan ku baru 10 tapi viewer udah 1500an. hehehe
    mampir yah ke http://halamancermin.blogspot.com

    BalasHapus