JANGAN PERGI, SPONGEBOB

by - 20.37

Gue resah, gelisah, ga enak mandi, ga enak tidur, cuma makan aja rada mendingan dua piring. Kenapa eh kenapa? Penyebabnya adalah gosip margosip yang mengatakan kalo pelem kartun di negera ini mau dihapus. Apaaaa???? Tidaaaaaaakkk!!!!

Gue ga rela kalo kartun yang selama ini menghibur gue pas lagi galau durjana disingkirkan begitu aja. Kartun, menurut gue ga cuma animasi, tapi pelipur lara di saat gue bokek atau kesel. Salah satu kartun yang katanya mau digusur adalah Spongebob Squarepants. Menurut KPI, kartun tersebut banyak mengandung adegan kekerasan. Gue jadi nyengir. Apa kabarnya Ganteng-Ganteng Slompret dan kroni-kroninya yang beradegan adu jotos plus semi mesum karena masih ingusan bau kencur udah pacaran, meski itu cuma akting. Celakanya, yang kayak gitu ditiru banyak anak-anak. Ga kebayang generasi penerus kita kayak apa nantinya.

Selain Ganteng-Ganteng Slompret dan Manusia Kadal yang justru mengumbar adegan kekerasan, sinetron lain pun sukses bikin gue geli. Tiap adegannya nangiiiiis mulu. Ga ada adegan ga nangis. Ceritanya seputar perselingkuhan yang ga ada juntrungannya. Ngeri amat. Heran tuh aer mata kagak abis.

Dengan seabrek kegejean itu, gue cuma bisa garuk-garuk kepala dengan berita penghapusan Spongebob. Kasian, makhluk laut diserang serigala sama harimau. Tapi berita itu ga sepenuhnya bener, meski memang gosip yang beredar bikin gue deg-degan. Kalo bener dihapus, gue bakalan kangen sama setiap karakter yang ada di kartun Spongebob Squarepants. Tiap tayangan itu ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi paling ngga, kalo dikaji lebih dalem, kartun punya segudang filosofi dan pembelajaran yang bisa diambil positifnya. Negatifnya ya jangan dipulung juga tapi buang jauh-jauh. Kayak di kartun Spongebob Squarepants ini, ngajarin dan mengenalkan banyak karakter yang sebelumnya ga gue tau. Nyok ah disimak.

Spongebob Squarepants

Spongebob adalah tipikal karakter yang menurut gue justru perfeksionis dalam kadar lebay. Dia ambisius untuk jadi nomor satu meski kadang dengan cara lucu dan aneh. Di episode Squidward berubah jadi baik, Spongebob diperlihatkan betapa jadi orang lebay itu bikin jengkel. Tapi tetep aja si kuning ga ngerasa dosa kwkwkw. Atau ketika Patrick dapet kapal baru atas keberhasilannya lulus tes mengemudi, keliatan banget dia iri dan pengen dapet juga tapi dengan cara yang sedikit ilegal. Meski begitu, kepolosannya yang di atas rata-rata dan dedikasinya terhadap pekerjaan sebagai koki dengan gaji di bawah UMR ngajarin kita untuk selalu bertanggung jawab sama apa yang kita lakuin. Spongebob pun ngajarin kita untuk selalu tersenyum dan ramah sama siapa aja.

Patrick Star

Gue ga abis pikir. Adaaaa gitu ya karakter kartun yang begonya tingkat dewa kayak gini. Tapi meski bodoh, Patrick adalah karakter yang paling apa adanya. Dia setia kawan, cuek, pengangguran, ga peduli apa kata orang meski di udelnya nancep sikat gigi bekas, dan hadiah yang bisa diberikannya cuma permen karet raksasa yang baunya ga ketulungan tapi ada ketulusan di sana. Dia juga ga matre kayak Squidward, juga ga pelit kayak Mr. Krab. Bagi Patrick, hidup ya enjoy aja. Dia ga pernah ambil pusing meski bergelar jomblo sama kayak sobatnya yang kuning persegi itu.

Mr. Krab

Pelit banget. Semoga ga ada yang kayak dia deh. Ga ada bagus-bagusnya. Pantes aja ga kaya kaya, orang pelit mulu. Dia juga orang yang akan menghalalkan segala cara agar keinginannya kesampaian. Contohnya, dia tega menggantung Spongebob dan Squidward di pancingan aer laut biar dimakan tiram raksasa gara-gara memakan dolarnya yang ke-sejuta. Dia juga tega menjual pegawai Krusty nya yang paling setia itu sama pemilik kapal Flying Duntchman untuk beberapa keping recehan. Egois gila. Meski begitu, karakter yang satu ini adalah orang yang berani ambil resiko sampe titik darah penghabisan untuk mempertahankan apa yang dimilikinya dari musuh bebuyutan. Tapi gue penasaran. Mr. Krab istrinya ke mana sih??

Squidward Tentacles

Culas, matre, nyinyir, ga ramah, tukang ngayal, sinis, narsis, skeptis dan ambisius. Ebujuuug gue rasa Squidward ini justru mewakili sifat-sifat manusia jaman sekarang. Kelebihannya cuma satu, yaitu ngga kepo. Spongebob mau ngelakuin apa dia ga pernah mau ikut campur yang penting dia dapet gaji dari bos. Ekspresi mukanya selalu aja datar judes, makanya keliatan tua dan ga ada yang mau. Squid juga merasa punya selera seni yang lumayan oke. Dia tau komposisi musik klasik yang bagus, tari balet yang kata dia bagus sebenernya jelek, juga selalu menganggap dirinya tampan sehingga pantas menjadi beken walau sebetulnya dia ga punya bakat sama sekali. Permainan klarinetnya amburadul sampe Plankton menjulukinya seniman bohongan dan rendah, lukisan di rumahnya juga gambar muka dia semua. Bener-bener pengagum diri sendiri. Pathetic. Dia juga suka bobo di jam kerja dan selalu iri sama Squilliam Fancyson.

Sandy Chic 

Sandy si tupai yang cerdas namun kadang suka sombong dan ngerasa dirinya paling hebat di Bikini Bottom ini jago karate, setia kawan dan suka bereksperimen. Hal itu mengajarkan kita untuk terus mencoba dan ga takut gagal. Kalo gagal ya coba lagi. Sandy kadang juga suka meremehkan tapi orangnya suka berkompetisi. Walau ebgitu, dia lumayan juga karena hobi nolongin Spongebob kalo lagi kena masalah meski porsinya ga segede patrik.

Plankton

Si hijau kecil bermata satu yang menyedihkan karena ga pernah dikasih kesempatan menang berkompetisi ngerebut Krabby Patty. Istrinya Plankton adalah perangkat komputer yang kalo ngeselin tinggal nyabut kabel. Plankton ini orang yang harus masuk ke sekolah tentara untuk mempelajari strategi perang. Kasian juga, hanya gara-gara burger dia harus musuhan mulu sama Mr. Krab. Kenapa ga beli aja sih?

Selain karakter-karakter di atas, masih ada Pearl si hiu anaknya Mr. Krab, Mr Jenkins, Nyonya Puff, Susi si Ikan, What Zit Tooya si pengunjung resto, Polisis-Polisi Bikini Bottom, Multi Manipar si seniman yang mengagumi patung bikinan Spongebob, Mamanya Mr. Krab, Monroe, Squilliam Fancyson, Larry si Lobster, Craig Memelton yang punya kulit paling coklat se Bikini Bottom, juga ga ketinggalan Gary si siput mengeong yang setia dan sabar banget punya majikan macam Spongebob.

Semoga kartun ini masih akan tetep tayang. Kalo emang dihapus, harus adil. Si Serigala sama Harimau juga harus di-delete dari stasiun tipi. Hidup Spongebob!!

You May Also Like

4 komentar

  1. mak ane bilang, "udah gede nonnoton kartun aja." mau gimana lagi, kadang pelajaran hidup nongol dari kartun, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, setuju banget. Kadang dari kartun kita banyak belajar ya...

      Hapus
  2. kalo menurut gue sih, patrik yang paling ngeselin, tapi disisi lain kalo gak ada dia gak rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo ga ada Patrick ga bakalan ada Spongebob

      Hapus