FILM THAILAND MENURUT GUE

by - 22.13

Gue yakin banyak banget yang udah pernah nonton film Thailand. Secara gue moviegoer amatiran, nonton dan menganalisa setiap tayangan adalah kerjaan gue (karena sebenernya gue ga ada kerjaan). Seperti yang kita tau, setiap negara pasti punya film dengan ciri khas yang dapat langsung dikenali. Contohnya ada film Hollywood dari Amrik, film India dari India, film Thailand dari Thailand dan film jadul dari Endonesah.

Gue suka berbagai jenis film termasuk horor kecuali horor endonesah. Sorry aja, tapi emang yang satu itu ngga banget. Mendingan gue jualan cilok daripada disuruh nonton film horor endonesah dengan iming-iming duit. Film dokumenter, drama thriller, action, fiksi ilmiah, ampe film bisu juga pernah gue tonton dan bikin gue gagal paham alias kagak ngarti apa maksudnya. Gue lumayan cantik jeli dalam memilih film meski setiap kali selese nonton gue bisa aja puyeng atau linglung sambil menggumam: Tadi tuh ceritanya apa sih?

Sebelum nyampe ke topik mengenai film Thailand, ada baiknya dibahas dulu film-film dari tiap negara meski ga semuanya. Kebayang dong jari gue bakal petot kalo gue tulis dari A sampe Z. Film Hollywood paling gampang dikenali. Visual efek dan aktor aktrisnya mentereng, aktingnya canggih, menghibur meski beberapa mengandung adegan-adegan nggilani karena buka-bukaan. Tapi liat tampang Alex Pettyfer atau Logan Lerman emang bikin betah. 

Kalo film endonesah sih hmm...sebenernya gue ga tega nyeritain, apa lagi film jadul meski ada beberapa yang setelah gue tonton bikin nangis dan acungin jempol kaki. Misalnya film Arie Anggara, Tinggal Sesaat lagi, sampe Lupus pun gue tonton. Setelah mati suri perfilman endonesah bangkit dengan Ada Apa Dengan Mamat Cinta. Gue suka banget ama Kakang Nicholas Saputra. Mata elangnya gokil banget. 

Kalo film India, gue rada ga kuat gue liat udel yang suka dipamerin para pemaenya. Bagus sih karena gue blom liat pemaen film India yang udelnya bodong atau korengan. Ceritanya suka sedih-sedih tapi gue kurang piknik mengenai mengapa selalu aja banyak adegan nyanyi sambil pandang-pandangan, pinggul bergoyang asoy plus pas nangis, pemaen cowok kayaknya jejelin bawang dulu ke matanya. Banjir air mata, bo!

Nah, masuk ke topik nih. Ngomongin film Thailand tuh asem-asem manis gimanaa gitu. Ada kelebihan kekurangannya. Gue suka film Thailand dan ga defensif meski tampilannya lokal banget. Nyok ah kita intip apa aja sih kelebihan dan kekurangan film Thailand versi gue.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FILM THAILAND

KELEBIHAN

Film Thailand punya atmosfir yang mirip dengan film di negeri kita. Pertama, liat aja para pemaennya. Ada yang mirip Omaswati, Nikita Willy, ampe pernah gue liat pemaen yang mirip banget ama tukang bakso yang biasa mangkal depan rumah. Buset dah. Tadinya mau minta tanda tangan. Tapi urung karena gue gengsi. Lagian gue ragu mamang tukang bakso itu pernah maen film di luar negeri apa kagak. Muka-mukanya satu rumpun ama muka orang endonesah. Nonton filmnya berasa familiar. Satu yang bikin lega, gue blom pernah liat film Thailand yang menyertakan adegan naga terbang dan tokohnya ngeluarin sinar kuning dari tangan lalu musuhnya mental terus jatoh ke kandang kuda. Jangan deh. Itu ngeri. Bikin udel gue geli.

Kedua, film Thailand biasanya punya originalitas yang sebenernya simple tapi ngena. Contohnya Little Crazy Thing Called Love yang nyeritain cinta pertama atau filmnya si inovator Tao Kae Noy si rumput laut krispi (Gini ga sih cara nulisnya? Bodo ah yang penting gitu deh). Cinta pertama tuh tema yang sering banget diangkat, namun kemasannya gokil, aneh, lucu sekaligus sweet and crunchy. Sedangkan film yang mengubah pola pikir kita sebagai anak muda yang harus inovatif juga udah banyak, tapi film Thailand selalu bisa nyari celah yang oke dan bikin kita tertarik.

Ketiga, akting para pemaennya lumayan alami. Pas adegan sedih gue bisa terhanyut kayak pakean dalem tetangga yang terbang kebawa angin terus nyemplung ke sungai. Pas adegan seneng, gue bisa senyum-senyum sendiri kayak pasien rumah sakit jiwa. Pas adegan ngeselin, gue bisa ngerasain. Misalnya pas adegan cowok nembak si cewek eeh ceweknya nolak dengan alasan: kamu terlalu baik buat aku. Terus si cowok hujan-hujanan  sambil lari dengan gerakan slow ampe meriang. Yaelah tooong...muf on dong muf oooon!!!

Keempat, film Thailand itu gue rasa lumayan deket dengan keseharian kita. Di dalam adegannya suka ada tukang siomay, tukang jualan jersey kaki lima, preman terminal tukang malak sampe pedagang sendal jepit. Mirip banget sama warga negara kita dah. Kostum yang digunakan juga ga terlalu glamor. Untungnya gue belum nemu film dari negeri gajah duduk putih itu yang kostumnya pake kemben terus teriak: Akulah Nyi Blorooong hiyaaaat!!!!

Kelima, film Thailand pesan moralnya selalu aja nyampe ke penonton, entah itu soal cinta, persahabatan dan keluarga. Cara penyampaiannya pun ga bikin otak kita layu alias mudah dipahami. 


KEKURANGAN FILM THAILAND

Kekurangan film Thailand menurut gue cuma satu. Ketika adegan percintaan anak muda yang sweet, dengan tokoh utama cowok tampan dan cewek cantik, setting malam bertabur bintang, itu udah perfect. Atau ketika adegan perkelahian dengan suasana mencekam. Itu udah keren banget. Tapi pas si cowok tampan bersuara, gue langsung kejungkel dari kasur. Alamaaaak ganteng-ganteng suaranya kayak orang kena flu berat stadium gawat. Hiiiks...gue ampe teriak: Kenapa, Ya Tuhan? Kenapaaaaa???
Iya. Kenapa cowok setampan itu ngomongnya ga sinkron sama ketampanannya?? Kenapa cowok sekece itu harus punya bahasa yang bikin ngakak padahal adegannya lagi ditusuk musuh?? Bayangin, lagi slow motion dengan muka garang...dua kubu berhadapan, ternyata yang keluar bahasa aneh. Honghap polahap pinghap poyahap. Hap...hap...hap lalu ditangkap. Kagak nahan gueeee...!!!

Ah, meski begitu gue suka film Thailand. Cerita-ceritanya manis kayak gue dan ga terlupakan. Menurut kalian gimana gaes?

You May Also Like

8 komentar

  1. Betul bangeeeeeettt betul bangeeeeettt!! Gue selalu jejeritan kalo Mario Maurer senyum. Tapi kalo lagi ngomong... alamak. Pasti mikirnya, ini bukan filem parodi kan yah? Suaranya emang cempreng-cempreng begitu kan? Kayak didubbing :'''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha iya bener. AKu suka banget ama Mario. Ganteng unyu gitu tapi suaranya hahahaha kagak nahaaan

      Hapus
  2. Haha emang logat orang Thailand itu kocak banget. lu harus nonton Pee Mak deh, itu film hantu Thailand paling kocak yang pernah gue tonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buahahaha yang si Mario Maurer juga kan itu? Sumpah tu kwartet parah. Rambutnyaaaa hahaha. Jelek bangeeet kwkwk. Kirain serem malah komedi.

      Hapus
  3. Logat orang Thailand memang khas yaaa hahaha :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khas banget ampe pengen nangis..masalahnya tuh logat kl dipasang di cowok cakep bkin cakepnya ilang kwkkw. makasih udah mampir yaaa

      Hapus
  4. Benaaaaar! Setujuuuuu! Malah ada yang pemain Thailand kalau ga salah mirip Dijah Yellow. *eh. ._.

    Tapi ga menutupi kemungkinan, kalau udah film Thailand, duh.... Nagih tjoy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha bener. Walau konyol tapi pengen terus nonton.

      Hapus