PELEM JADUL VS FTV

by - 11.54

Akhir-akhir ini di tipi ditayangin banyak banget pelem jadul. Mulai dari pelem-pelemnya ratu horor alias Susana (gini bukan sih nulis namanya?), Benyamin, sampe Bang Haji Rhoma Irama. Agak geli-geli gimana gitu nontonnya, soalnya yang gue sebutin nomor satu ama nomor dua udah almarhumah dan almarhum. Gue mencoba untuk nonton pelem-pelem jaman jebot yang lagi tayang untuk mengusir sepi #Halah. Itu juga terpaksa akibat dua pilihan sulit: FTV atau pelem jadul. Dua-duanya rada bikin gue alergi. Tapi meski begitu, pelem jadul ada di satu langkah lebih depan dibandingkan FTV yang kebanyakan jual mimpi. Gue bukan kritikus pelem, gue cuma penonton yang suka nyesel kalo kebetulan nonton tayangan yang bikin gue gigit meja. Udah ga seru, ga ada pesan moral, cuma disodorin muka ganteng itu pun bukan selera gue. Selera gue kan cowok kulit coklat, bukan tipe cowok korea yang kulit mukanya aja jauh lebih mulus dari kulit muka gue. Alamaaaak!

Perbedaan FTV dan pelem jadul emang banyak, dimulai dari layarnya. Yang satu modern, yang satu masih kayak layar tancep di kampung nenek gue. Lalu dress code para pemainnya. Kalo FTV sih kostumnya pada glamor, kecuali karakter orang miskinnya. Gembel banget. Di pelem jadul justru pada pake kebaya dan celana cutbray. Kwkwkw. Masih banyak lagi perbedaan FTV dan pelem jadul. Tapi kalo disuruh milih dua tayangan yang bisa disamain sama buah simalakama itu, gue lebih condong ke pelem jadul.

Gue pernah nonton beberapa pelem jadul yang bagus dan punya pesan moral yang bisa dijadikan hikmah. Kalo FTV apanya yang bisa dijadiin pesan moral? Supir angkot digilai cewek kaya? Mungkin itu memang ada yang ngalamin, tapi pasti cuma dikit banget. Di FTV pun supir angkotnya pada ganteng. Di kehidupan nyata, yang ganteng bisa diitung jari, kebanyakan pada sangar apalagi kalo kita bayar cuma setengah tarif. Hehehe.

Kemaren pun gue baru liat pelem Bang Haji judulnya Cinta Segitiga dan Gitar Tua. Ebuset dialognyaaa baku banget. Jadi inget pelajaran Bahasa Endonesah pas gue SD. Sebelumnya gue terpaksa liat pelemnya Susana. Gila, frustasi gue ngeliat adegan-adegannya yang hampir bikin sesak napas sambil nangis di bawah tali jemuran. Baju-bajunya seksi gila, nyerempet porno dan...dan...dan gue ga tega nerusinnya. Gue ga bisa nolak akibat tetangga gue yang waktu itu lagi bertamu seneng liat pelem jadul. Ya kali mereka lagi nostalgia dahulu kala ketika kencan nonton layar tancep sambil makan emping. Heuuuh. 

Satu hal yang paling beda dari pelem jadul dan FTV, gue ga nemuin adegan cewek kepeleset, dipeluk tokoh cowok, tatap-tatapan dengan durasi super lama dan bikin jengkel di pelem jadul. Sebenernya emang udah bosen banget liat trailer sinetron atau FTV dengan adegan norak kayak gitu. Heran yang nonton FTV kagak depresi nemu adegan yang lagi-lagi sama di tiap judulnya. Payah. Tapi itulah pangsa pasar. Barangkali kebanyakan orang seneng sama yang norak. Tapi gue ga kaget, orang anak alay aja udah jadi epidemi. Ampun dijeee!!

Meski pelem jadul layarnya burem, dialognya kaku, pakaiannya kudet dan beksonnya suka kedengeran kayak radio soak yang ga pernah diservis, masih jauh lebih berkualitas dibandingkan FTV, kecuali pelem horornya ya. Hehe. Gue ga suka pelem horor endonesah. Ga ada peningkatan mutu, hantunya ga serem, malah lebih serem temen gue yang hobinya makan pete atau yang keranjingan pelem India sampe suka mamerin udelnya segala, padahal cowok tulen. Duh..!

Nah, lo lebih suka mana? pelem jadul apa FTV?




You May Also Like

10 komentar

  1. klo gw lebih suka yang jadul, gw pilih yang jadulk buka berarti gw jadul juga :((( FTV kadang ceritanya terlkalu mudah di tebak. berantem di Jakarta - ketemu lagi di Bali/Jogja - pacaran - the end

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha iya bener. Ga seru banget ftv tu.

      Hapus
  2. Gue film jadul, espesially DKI (Dono Kasino Indro), jangankan nonton, rekaman mereka siaran di Prambors jaman jebot aja kadang masih gue masukin playlist,,Hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan lo auka ngamen sambil nyanyi andeca andeci sm nyanyian kode mas. Hahahhaha

      Hapus
    2. Gue sukanya nyanyian kode, dari Takodekode Takodekode ampe "Gara-gara banci gue mesti balik ke reff lagi, Brengsek bener!" akakakakka
      (buset, hapal dialog)

      Hapus
    3. Ahahahhaha gue bayanginnya elo nari nari ala elvi sukaesih hahha

      Hapus
  3. Tetep film Warkop dah yang jadi andalan haha

    BalasHapus
  4. Bukannya mas van suka pelem susana? Ahahhahaha

    BalasHapus
  5. Kalo gue mah, semuanya ayo. FTV iya, film Jadul juga iya. Asal keren-keren filmnya.

    Eh ngomong2, kulit badan gue cokelat lho.

    azizkerenbanget.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ftv gue cm liat kalo pemaennya si Fauzan Nasrul. Soalnya kulit dia coklat bgt. Suka. Wah kulit lo coklat? Sini sini liat

      Hapus