UNFORGETTABLE

by - 12.12

Seseorang yang memiliki memori kuat dengan kita di masa lalu punya jaminan tersendiri berlabel "unforgettable"

Setiap insan tak pernah tak punya kisah klasik dan unik di setiap lembar buku kehidupannya. Saat ini, masa lalu adalah topik yang lumayan bagus untuk dibahas. Apakah kamu punya seseorang yang namanya masih melekat kuat sampai saat ini? Itu perkara yang memuakkan sebetulnya, mengingat bahwa beberapa orang berusaha membuang nama itu dengan susah payah. Hasilnya? Nihil. Dan itu cukup lucu. Sudah tahu akan gagal masih saja memaksakan diri.
Masa lalu sama sekali tidak akan pernah dapat dihapus atau dihilangkan. Alternatifnya hanya disembunyikan dan disimpan. Jika kau beruntung, ingatan yang mengendap itu bisa saja muncul setiap waktu di kondisi yang terduga dengan porsi kemunculan yang hanya sekelebat atau beberapa detik. Tapi jika kemujuran sedang tak di pihakmu, yang muncul adalah konsistensi yang cukup lama. Kasihan, otak akan menolak tapi hati malah bersedia terluka sekali lagi menerima memori tentang satu nama yang tiba-tiba datang lagi.

Antisipasi setiap orang akan berbeda. Ada yang bermusuhan dan tak ingin berbicara dengan masa lalunya meski masih tetap bisa dilihat. Namun tindakan itu hanya akan mengundang perasaan yang menyiksa diri sendiri. Masa lalu akan gentayangan dan menghantui. Sedikit yang tidak terpengaruh dengan menjadi manusia galau. Tapi kebanyakan akan kalah. Dan masa lalu tetap memang sebagai jejak yang tak terenyahkan sepanjang napas masih dihela.

Pernahkah berpikir bahwa masa lalu adalah hal yang hebat? Dia bisa mengubahmu menjadi sosok yang tak terpecahkan keadaan. Kau bisa sukses, dingin, skeptis, jahat atau bisa juga misterius dan egois. Itu pilihan. Silahkan ambil yang mana saja sesuai konteks jiwamu saat mengartikan masa lalu. Dia berharga? Atau hanya partikel tak berguna?

Konyol jika seseorang memaksamu melupakan masa lalu yang justru adalah dirinya sendiri dan berkata: Hei, lupakan aku.

Manusia tetaplah manusia. Di tubuhnya sama sekali tak terdapat tombol "forget you" otomatis dan disengaja. Siapapun yang dengan sengaja mengubur masa lalu hanya akan merasakan kesedihan. Biarkan masa lalu tetap hidup meski tak dibiarkan keluar dari satu ruang khusus di dalam hati. 

Masa lalu dan masa depan adalah rahasia yang akan selalu minta harga. Tidak ada yang gratisan, Bung. Menerima dan membiarkan waktu membawa ke mana si masa lalu adalah penantian yang lebih baik dinikmati, bukan dilawan atau dibenci.


You May Also Like

4 komentar

  1. Biarkan sajalah bayangan itu terus ada dan jadi kenangan tersendiri, etapi kita juga ga boleh egois menutup masa yang akan tercipta dimasa depan nanti, yang mungkin akan menggeserkan masa lalu tersebut. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, masa depan akan ada tapi tetep masa lalu ga akan bisa dilupakan.

      Hapus
  2. Masa lalu itu masya allahallah #kabuuurrrr

    BalasHapus