IKLAN PALING GHOMA

by - 20.19

Nonton tipi ga bakalan lepas sama namanya iklan. Iklan atau commercial break sekarang udah makin canggih, makin aneh, makin ngeselin, makin nipu juga. Pernah denger pastinya tentang istilah korban iklan kan? Kalo korban PHP sih udah lebih beken saban hari.

Bicara soal iklan, ada beberapa iklan yang selalu aja bikin kesel apalagi kalo sedang nonton pelem action. Jagoannya lagi loncat indah dari bajaj eeeh tau-tau iklan nongol. Bener-bener bikin adrenalin mandeg di titik nadir. Udah gitu yang nongol adalah iklan ghoma yang gue ga suka. Ghoma kepanjangan dari ghoiru mafhum. Artinya geje alias ga jelas. Istilah ini sering banget gue pake ga hanya ketika dulu lagi mondok di pesantren tapi tetep kebawa sampe detik ini.

Iklan akan selalu menggoda iman siapa aja. Lo tau sendiri kan ada iklan yang katany bisa bikin cantik dalam waktu sekejab mata, ada yang ini, itu, bejibun banget. Nah, tapi ada beberapa iklan yang bener-bener ghoma yang paling ga gue suka. Apakah di bawah ini juga ada di daftar iklan yang ga lo suka?

Minuman Isotonik

Gue paling eneg liat iklan minuman isotonik yang judulnya Paijon. Ghoma alias geje banget. Seumur-umur sekalinya gue beli dan minum Paijon, gue ga sampe gila dengan menjadikan botolnya itu stik pe es atau hape buat chatting apalagi angkat besi. Habis minum itu, badan gue juga ga ampe meliuk-liuk kayak uler kepanasan. Ga tau kenapa tiap ada iklan ini otak dan tangan gue kerjasamanya ajib banget, langsung ngambil remote dan pindahin ke channel lain. Mendingan nonton iklan obat panu daripada liat yang satu itu. Itu baru permulaan. Ada iklan minuman yang katanya diramu sampe 77,56 degree. Gue minum, maag gue malah kambuh. Ga lagi-lagi deh.

Provider Geje

Ini iklan yang paling sering bikin gue jadi korban. Entah udah berapa kali gue ketipu mentah-mentah gara-gara iklannya yang begitu meyakinkan. Provider mana yang blom pernah gue jajal? Semua gue jabanin, gue beli semata-mata hanya untuk dapet akses internet, nelpon dan sms paling murah. Semuanya emang berlomba dan menggoda para konsumen dan nyebut provider masing-masing sebagai yang termurah. Apaan, murah kagak celengan ayam gue pecahin buat beli pulsa mulu. Blom lagi iklan provider buat internet yang katanya anti melet. Semuanya pada PHP-in gue. Entah itu XXL, Teltompel, Indonat ampe provider Oonpren dan Ikan Teri. Semuanya bikin gue merana. Hiks.

Lotion Pemutih

Pernah liat iklan lotion pemutih di negara kita yang bintang iklannya asli negro orang afrika atau penduduk asli indo yang kulitnya item? Ga pernah. Semua lotion pemutih selalu menampilkan bintang yang aslinya emang berkulit putih. Temen gue yang kulitnya asli item butek kayaknya udah ngabisin uang sekoper buat gonta ganti lotion pemutih. Padahal menurut penelitian di beberapa negara, pigmen kulit gelap lebih melindungi kulit dari resiko kanker kulit. Wuidiih keren ga tuh? Kulit gue aslinya kuning laknat ehh langsat. Jadi gue rasa ga ada alesan buat mutihin kulit, takut keputihan soalnya.
Cantik ga identik sama kulit yang putih. Kalo mau kulit terjaga kecerahannya, pake baju tertutup yang menutup semua tubuh. Bukankah itu bikin kulit minim terkena sengatan matahari yang bisa merusak?
Lagian di iklan lotion pemutih manapun ga ada jargonnya yang menyebutkan "membuat kulit putih alami" tapi "membuat kulit TAMPAK putih alami".

Partai Pamer

Iklan partai ga ada yang bagus sama sekali. Semuanya norak dan hanya ngumbar janji. Sedih banget ngeliat ada iklan partai yang lagunya pok ame-ame, atau disyut pas calegnya ngegendong anak bayi. Nenek gue aja bisa kalo itu mah. Ada lagi adegan salaman sama ibu-ibu di pasar. Salaman doang. Kalo mau, beli semua dagangannya. Blom lagi ada yang tetep aja ngiklan padahal limit buat kampanye udah lewat. Idiiih agresif amat pengen jadi penguasa. Bukan apa-apa, gue jadi bingung milih kalo iklannya aja pada norak kayak gitu. Masa pemimpin negeri ini bentuknya macam gitu? Apa kata dunia???

Ah, iklan memang makin hari makin beragam. Tapi kita harus tetep selektif, jangan jadi masyarakat konsumtif dengan membeli semua produk yang iklannya begitu meyakinkan. Cari tau ada label halalnya ngga, bahan-bahannya berbahaya atau ngga, murah atau ngga #eeh. Iklan, sebagus apapun kalo kita ga bener-bener milih mana yang baik maka hanya akan merugikan kita sendiri.

Nah, iklan terghoma versi lo iklan apa, Gan?


You May Also Like

14 komentar

  1. tetep iklan paling gaje ya iklan mizon -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha disebutin terang2an coba

      Hapus
  2. Iklan paling gaje menurut gua adalah iklan fillo. Motor di pukul sekali langsung rontok semua :D

    BalasHapus
  3. Gaje sih emg iklan2 itu, tp terkadang d hiburan kak. ._.
    Paling gasuka kl ada nonton, eh di tengah2nya ada iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lagi asik nonton eeeh kepotong hihih

      Hapus
  4. Iklan banyak yang nggak kreatif. Bikin males nonton tipi ._. Iklan terghoma menurut gua, iklan Miskin Gooood~ Miskin Goooood~

    BalasHapus
  5. Apalagi iklan Pasta gigi yang Sensod*ent itu, gak niat iklan eh malah curhat. apa banget itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya biar kita ikutan ngilu jg hihi...

      Hapus
  6. Balasan
    1. Iya, iklannya pada geje zaman sekarang mah hehehe

      Hapus
  7. Ghoma Jiddan Iklanuhu, hiihiiiii

    BalasHapus