ADEGAN TER- BLA BLA BLA DARI SINETRON

by - 14.47

Gue tipe cewek yang paling eneg sama sinetron gara-gara dulu waktu kecil tiap pulang sekolah sore hari, pembantu-pembantu di rumah pada asik mantengin tipi di ruang tengah. Waktu gue tanya lagi nonton apa, mereka bilang lagi nonton sinetron karena itu hiburan buat mereka. Jadi di kepala gue, sinetron itu adalah hiburan yang hanya dinikmati pembantu dan gue maunya anti mainstream. Masa iya gue nonton acara kayak si bibi. Sejak itu gue lebih sering nonton pelem eksyen dari Holiwut sebagai hiburan.

Taun pun berganti. Makin banyak sinetron yang bertebaran dan liat trailernya bikin gue garuk-garuk ga jelas. Sinetron zaman sekarang makin alay. Menyesuaikan pangsa pasar anak muda dan tokoh-tokohnya pun dipilih yang mukanya mentereng bikin para abg jejeritan di luar kendali. Gue sih suka mikir apa bagusnya sinetron abg sekarang? Blom nyampe nemu jawaban, muncul film tv yang disingkat FTV. Gue pikir ini tayangan yang beda, yang lebih manusia dan masuk akal kalo ditonton. Ternyata malah lebih parah dan jelek. Sori-sori aja kalo bilang gini, soalnya itu fakta setelah gue memang sengaja nonton untuk tau bener ga sih apa yang dibilang orang-orang kalo FTV dan sinetron itu acara yang ga banget.

Setelah mantengin, mulut gue nganga. Banyak hal yang membuat gue makin ga suka sama sinetron khususnya FTV. Kebetulan kemaren salah satu penerbit keren DIVAPress mengulas dan sekalian nanya sama orang-orang tentang apa aja hal norak yang terdapat pada FTV. Gue jadi dapet inspirasi mengulas juga, berhubung gue pun blom pernah ngupas lebih jauh tentang FTV, sinetron dan hal-hal aneh di dalemnya. Yuk simak...!

ADEGAN TER-GREGET

Gue pernah nonton sinetron di Indoliar. Dari judulnya udah bikin gue berspekulasi kalo yang bikin ga kreatif sama sekali. Mertuaku Jahat. Aku Kecewa Sama Suamiku. Istri Penyebar Gosip. Aku Takut Punya Suami Tampan. Sumpah ya, ga ada judul laen yang lebih menohok jiwa? Misalnya aja Suami Penjual Panci Bolong, Pacarku Wewe Gombel atau Istriku Tukang Ngarit. Bukan cuma judulnya aja yang bikin gue jambak rambut, tapi alur dan adegan-adegan di dalamnya yang amat sangat ga masuk akal.

Alurnya pasti sama. Suami istri bahagia terus retak gara-gara ada orang ketiga. Istrinya dianiaya oleh cewek ketiga terus suaminya ga percaya pas istrinya ngadu, terus diusir, terus selingkuhannya ketauan jahat, suami minta maaf, si selingkuhan kena penyakit parah macam korengan menahun terus mati. Sebelum mati sempet ngomong panjang selama beberapa menit, nitip pesen, nitip dibeliin nasi goreng depan pangkalan ojek. Adegan apa-apaan tuh? Kalo ada acara geje yang ga ada pesan moral dan terjelek sedunia, sinetron alay ini pasti keluar sebagai juara pertama.

ADEGAN TER-HUWEEEK

Dalam FTV atau sinetron abg, pasti selalu aja ada adegan cewek kepeleset terus entah dari mana si cowok dateng secepat kilat, nangkep si cewek lalu mereka saling tatap lama banget dan lagu pembuka sinetron pun diputer juga dengan durasi lama. Amit-amit. Udah gitu pas tatap-tatapan geje, rambut si cewek tergerai-gerai ketiup angin. Gue rasa ada tukang sate yang lagi mangkal pas adegan itu terjadi. Please...itu bikin gue muntah, pusing, meriang dan ketek gue panas. Kalopun ada adegan kayak gitu, cukup di satu sinetron aja. Tapi pas liat iklannya, banyak yang ngekor. Ga kreatif. Nggilani.

ADEGAN TER-SEDIH

Sedih banget gue kalo adegan di sinetron itu ngejiplak pelem Holiwut. Tau kan sekarang lagi booming sinetron Gendeng-Gendeng Serigala? Atau Kau Yang Berasal Dari Tambang? Sinetron yang pertama punya adegan yang sama persis kayak pelem asli yang dijiplaknya, tentu dengan kualitas yang jauh beda. Meski gue ga terlalu suka Twilight, masih mending karena adegan slow motion dan mustahil pun masih gue anggap keren. Sinetron kedua gue anggap gagal karena pemerannya ga gue suka. Hehehe. Gue bakal lebih milih nonton Spongebob ketimbang harus menyiksa diri nonton sinetron alay.

ADEGAN TER-MUSTAHIL

Gue selalu ga abis pikir ada adegan di mana telepon berdering terus ngasih tau pacar atau anggota keluarganya kecelakaan sambil teriak: Apa?? Kecelakaan? Baik, saya akan segera ke sana. Terus teleponnya langsung ditutup. Ke sana ke mana oiiiii kan tadi blom nanya yang kecelakaan dibawa ke rumah sakit mana. Isssh lama-lama gue banting juga dah tipinya.

ADEGAN TER-NORAK

Di tiap sinetron selalu aja ada adegan perkelahian antara tokoh utama cowok dan penjahat. Penjahatnya bertampang serem, bercodet, badan gede, item dan bertato. Udah gitu pasti si tokoh utama menang padahal ga pernah ikut kursus taekwondo atau pencak silat. Blom lagi kalo penjahat bawa senjata, masih aja kalah. Coba penjahatnya pada ganteng. Bukan ditantang berantem, tapi pasti diajak bikin boyben. Selain itu saat berantem dan nonjok selalu aja ada suara baakk...buukk..deziighh!

Yang paling norak adalah pas penjahatnya banyak teteep aja kalah. Gue rasa mereka harus berguru sama anak-anak yang doyan tawuran, biar tau gimana strategi keroyokan yang baik dan benar.

ADEGAN TER-BASI

Adegan mau ditabrak mobil atau motor padahal slow motion tetep aja ketabrak sambil teriak cempreng ga jelas.  Padahal si mobil gerakannya udah lambat, juga masih jauh tapi tetep aja kehantam. Minggir dikit kan bisa. Mana itu adegannya selalu di jalan komplek yang sepi, bukan di jalan raya atau fly over.

Masih banyak banget adegan bikin puyeng yang ada di sinetron. Menantu dibully mertua, tokoh utama dibully cewek terpopuler di sekolah, perebutan cowok, bener-bener ga ada pesan moral sama sekali. Bahaya banget itu jika sinetron yang ga berkualitas ditonton sama anak-anak yang memang masih ada dalam fase meniru. Gimana generasi penerus bakalan berprestasi kalo cuma mikirin pacaran, rebutan cowok ataupun doktrin-doktrin aneh yang blom tentu bener. 

Gue pun selalu ga habis pikir kenapa tokoh utama harus selalu ganteng dan cantik juga seksi? Anak-anak muda jadinya terobsesi untuk tampil seperti idolanya dan mencoba segala cara. Coba liat Kenshi Himura di Samurai X. Dia ceking, pendek, bercodet, kostumnya pink pula. Tapi menurut gue dia samurai terkeren sepanjang masa. See? Untuk jadi pahlawan ga harus selalu tentang fisik, kan?

Gue rasa, orang-orang di industri hiburan harus nyadar, jangan cuma mementingkan ego untuk mendapatkan duit tapi kualitas tayangan ada di level rendah dan ga ngasih hikmah apa-apa.

You May Also Like

10 komentar

  1. Saya sih paling suka sinetron Conan, yang lain mah males

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu anime, bukan sinetron. Tadi perumpamaan Kenshi itu tokohnya aja hehe

      Hapus
  2. Gausah nonton sinetron makanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, itu cuma ga sengaja aja

      Hapus
  3. iyaa sinetron sekarang kebanyakan adegan "aneh" nya hehe

    BalasHapus
  4. Hahaha benar banget, kak. Tapi ya jadi hiburan sih kak. Cuma ya tetap harus memilih yg lebih baik. ._.

    Apalagi yg gapake tv kabel, kak. Makin susah nyari film bagus. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ngakak juga sih kl liat adegannya kwkwkw

      Hapus
  5. Sinetron Kau yang berasal dari tambang?? nyindir gue ya Lon?? (u_u )


    anyway, selamat Gya. you got Liebster Award from me. check http://jonisinishow.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award-sebuah-tantangan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga kok, gue nyindir elo tu yang Gendeng-Gendeng Serigala. Kwkwkw

      Hapus