THE PENDULUM OF WRITING

by - 22.19

Menulis bagiku seperti mendentangkan pendulum menggunakan udara. Bergerak stabil dan tak dapat menghentikan sensasinya saat benda itu meminta dipertahankan agar tetap sesuai rima.
Menulis merupakan ungkapan kreatifitas yang menghipnotis hati sehingga ketika menguraikan abjad menjadi paragraf, kita dapat sejenak berubah menjadi orang lain, tentunya sesuai keinginan kita. Kita dapat berpura-pura menjadi astronot linglung yang terkena sindrom luar angkasa, gadis kecil polos yang suka berbicara dengan boneka, aktris di sebuah panggung gedung opera, atau pemuda penderita phobia akut dengan segudang rahasia.

Menulis pun tidak bisa dipisahkan dengan membaca. Jika kau tidak membaca, maka tulisanmu hanya setimpal nilainya dengan kertas usang pembungkus gorengan berminyak yang berakhir di atas sebuah bangku kayu lapuk tak bertuan.Menyedihkan.

Bukankah menyenangkan jika pendulum tulisan kita berayun seperti layaknya raga yang memiliki nyawa? Bukankah menyenangkan pula jika suara abstrak pendulum yang bergerak merasuk ke dalam otak yang tadinya kosong menjadi penuh ide luar biasa?

Terkadang gagasan akan datang saat organ visualmu melihat dan memperhatikan setiap jengkal benda yang ada di sekitar. Bintang, kotak musik dengan suara soak, wanita tua dengan senyum skeptis, badut lucu penyembunyi kesedihan, angin berdesir di musim gugur, juga laut dan bibir pantai dengan setiap kenangan yang tenggelam. Reguk semua deskripsi dari setiap hal yang kau temukan, ramu sehingga menjadi narasi utuh meski terkadang tak dapat dipahami dengan mudah.



You May Also Like

6 komentar

  1. keren keren :D. menulis untuk menyambung lidah,fikiran dan hati, karena manusia mungkin saja lupa. dengan menulis kemudian dibaca untuk mengingat semuanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah komentar. Iya betul. Menulis akan membuat semua organ kita berkoordinasi dan memunculkan kreatifitas

      Hapus
  2. Balasan
    1. Hahaha aduuuuh iya yang itu. Arrghhh

      Hapus
  3. buku pincees sendal jepit, gokil abiz. keren dan menambah pengetahuan. terima kasih telah menyebarkan virus gokil dengan karyamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah duuh senengnya kalo bukunya bermanfaat. Makasih yaaa udah baca. ^_^

      Hapus