PALET LANGIT

by - 22.22

Tubuhku rebah di atas permadani rerumputan saujana. Aku sengaja tidak memilih pantai atau dermaga. Deburnya sedikit berisik dan karang terlihat usang. Menjelang siang, matahari masih menjadi makhluk pemalu dan tak menampakkan energi elektromagnetiknya yang berbentuk gelombang kasat mata. Menjelang malam, rembulan muncul dan menghadirkan siluet kegelapan dengan cara yang sangat elegan. Kemudian di pagi hari saat anak ilalang berkumpul membentuk keheningan, kutatap langit dan paletnya yang beragam.

Angkasa bagiku barangkali seperti kanvas yang tergores spektrum sebagai identitas keindahan nirwana. Aku suka saat memandangi awan yang berubah-ubah, angin senyap yang dingin, pelangi yang mulai menghilang dari pucuk-pucuk senja, rintik gerimis yang lembut, juga suara-suara aneh dari pepohonan yang berbisik meski jaraknya jauh sehingga tak tercapai indera dan nalar.

Aku pernah berpikir dan menerka bahwa palet langit ibarat perasaan hati yang terwakili objek dengan definisi abstrak. Saat awan menggores bentuk phoenix atau pegasus lalu berubah kembali menjadi sepiring panekuk, seperti itulah suasana hati yang tengah berdesir. Tak pernah sama setiap harinya. Atau ketika senyap angin sedingin salju menorehkan kerinduan terhadap kata-kata, ide bergumul menciptakan paragraf asal-asalan yang hanya akan terbuang di dalam khayalan. Lalu pelangi, kemurnian absolut yang hanya datang di waktu-waktu tertentu seperti halnya kita mengingat hidup. Terkadang lupa, terkadang tersimpan rapi di dalam ingatan. Lalu bagaimana dengan gerimis dan penghuni hutan yang berteman dengan kesunyian?

Palet langit menyimpan semuanya. Energi hati, kecantikan alam, kehidupan, nafas, laguna yang dirindukan, kalimat-kalimat puitis tentang renjana dan cinta, atau mungkin juga tentang waktu yang akan mengantarkan satu cinta sejati ke hadapan raga. Siapa tahu palet langit saat ini sedang melukiskan warna istimewa untukku untuk dinikmati jiwa. Kurasa begitu, dan akan kutunggu.


You May Also Like

2 komentar

  1. keren....semoga terus mengalir dalam memberi kemanfaatan kepada yag lain....

    BalasHapus