MANULA MINUS PEKA

by - 15.21

Kata Spongebob, orang tua adalah hal alami terhebat. Kita wajib menghormati warga negara manula. Tapi yang gimana dulu?
Begini kisahnya:

Gue selalu dihadapkan sama situasi terjepit dan dilema setiap kali berhadapan sama warga negara manula yang ga peka dan suka seenak betis kalo melakukan apapun, mentang-mentang mereka udah tua dan punya label harus dihormati. 

Semakin matang kadang orang ga semakin peka, tapi semakin semena-mena. Liat aja di negara ini, yang korupsi bukan anak TK atau kelas 5 SD, tapi manusia-manusia dewasa yang haus kekuasaan dan pengennya hidup enak dengan jalan instan. Mereka udah pada semi bangkotan tapi malah makin maruk.

Gue masih inget kejadian pas lagi di bilik ATM tiba-tiba pintu dibuka oleh bapak-bapak, dia mendesak masuk karena katanya lagi buru-buru. Gue di dalem baru 1 menit. Gue rasa slonong man kayak gitu harus ditegur juga sekali-sekali. Semua kan ada prosedur dan ketentuannya. Bayangin aja kalo nomor antrian kita itu 4 dan udah nunggu lama terus ada bapak-bapak baru datang dengan nomor antrian 10 tapi dia nyelonong duluan tanpa menghiraukan orang yang sedari tadi menanti, itu udah keterlaluan menurut gue. Sabaaar...sabar.

Selain itu, ada bapak-bapak yang nyelonong antrian gue pas di depot photocopy, alasannya sama: Buru-buru. Gue juga buru-buru kali tapi ga usah nyelonong gitu, budayakan antri susah amat mentang-mentang udah sepuh. Tapi apa daya, gue cuma bisa ngalah sambil manyun. Nasib.

Kali ini, hari ini, gue dihadapkan sama situasi yang sama. Kejepit gara-gara warga negara manula bergelar emak-emak. Tau sendiri dong kalo emak-emak itu kebanyakan pengen didahuluin dan ga merasa harus minta izin dulu, padahal kadang beliau-beliau nih tau prosedur yang harus dilewati.

Habis workshop jam 12 teng dan adzan berkumandang gue langsung melesat ke mesjid yang tepat berada di samping gedung pasca. Di dalem ruangan ber-AC selama empat jam bikin gue kebelet pipis. Di toilet pun udah ada tiga orang yang ngantri. Otomatis gue nunggu giliran selama kurang lebih 12 menit. Lumayan lama untuk frekuensi nahan pipis yang udah di ujung tanduk. Di belakang gue pun udah ada dua orang lagi yang juga ada keperluan private sama si jamban.

Ahhh...orang ketiga selesai, gue siap sedia masuk tapi tiba-tiba emak-emak di belakang gue dengan enteng cuek bebek langsung nyelonong dan bilang gini sambil nyengir:

"Maap ya, Neng. Ibu kebelet".

Mulut gue menganga saat pintu ditutup. What??? Gue juga kebelet kali udah dari tadi tersiksa nahan biar kagak bocor, si emak langsung aja nge-cut antrian dengan ekspresi tanpa dosa. Aaaarghhhh....!! Harusnya langsung gue dobrak aja tuh pintu. Yassalaaam...apes banget sih nasib gue...hiks!

Meski dongkol, gue ambil positifnya. Biarlah gue diintip di bilik ATM, biarlah gue dislonongon pas lagi terdesak di depot photocopy, biarlah gue meringis nahan pipis gara-gara kecolongan emak-emak, gue yakin Allah bakal mengganti semua kedongkolan gue dengan sesuatu yang lebih indah pada waktunya nanti. Namanya juga orang tua, harus tetep dihormati dan dimaklumi meski harus nahan akit di dada ini. Tsaaaah.

You May Also Like

4 komentar

  1. Kadang orang tua merasa paling bener, jadi orang yang lebih muda terpaksa ngalah.
    Tapi kadang sebaliknya juga sih :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks iya bener, tapi kalo terus-terusan kayak gitu sebel juga ya? Dislonong mulu

      Hapus
  2. Orang sabar disayang pacar mbak #eh disayang tuhan :)))

    BalasHapus