DOSEN VS MAHASISWA

by - 09.15

Bukan maksud gue menghina, bukan maksud gue mengejek. Tapi gue lagi empet sama dosen di kampus. Kayaknya semua mahasiswa di belahan dunia termasuk di Enjimbabwe juga pernah ngerasain apa yang gue rasain. Saat lo ngesot untuk tiba tepat waktu di pintu kelas kampus, saat lo tidur menjelang subuh ngerjain tugas yang numpuknya sadis dan saat badan lo dekil ga kebagian jatah mandi akibat kebanyakan nulis makalah tapi ternyata nilai lo nyungseb, itu adalah titik nadir di mana mahasiswa berhak untuk ngeluh.

Sebagai mahasiswi tingkat akhir yang pas banget ketika naek semester kurikulum dirombak abis-abisan, gue ngerasa kampus ga adil. Junior gue bisa dapet keringanan yang ga didapet sama angkatan gue. Lagi-lagi karena banyak mata kuliah yang dirombak. Tau deh apa maksudnya. Yang pasti semua jadi absurd dan mengenaskan.

Selain sistem perkuliahan yang bikin mules, sebagian dari para pengajar jaman sekarang juga ga menjalankan tugasnya dengan maksimal. Mahasiswa juga banyak yang kayak gitu. Akibatnya efek zero-zero kerasa banget. Mahasiswanya males, dosennya pelit nilai. Lengkap banget dah tuh derita. Tapi ada beberapa dosen yang emang baik dan memenuhi standar para mahasiswa yang kelewat disiplin. Kalo gue sih di tengah-tengah. Pas lagi ngantuk di kelas ya gue makan, tentunya minta izin dulu sama dosen dengan alasan gue punya maag akut (tapi itu bener kok guys). Dosen di kampus gue emang macem-macem bentuknya. Kali aja ada yang sama kayak dosen di tempat lo. Nih silahkan disimak.

Mr. Asik Punya

Dosen gue yang satu ini selalu punya metode yang menyenangkan tiap ngajar. Setiap pertemuan selalu aja ada hal-hal baru tentang materi tapi dibawakan dengan kocak dan ga pernah ngebosenin. Orangnya ceria dan sering banget ngebanyol, bikin para mahasiswa riang gembira dan pasti nyesel kalo bolos mata kuliah beliau. Pokoknya joss banget. Kalo kayak gini, mahasiswa setidaknya punya motivasi untuk blajar lebih giat. Gile aja dosennya udah asoy begitu mahasiswanya masih aja males. TERLALU.

Mr. Never On Time

Jadwal kuliah jam 1 siang, doski dateng setengah 5 pas waktunya mata kuliah lain, tapi tetep ngotot masuk dan akhirnya kita semua pulang malem. Sekali dua kali masih dimaklumin, ternyata dua semester berturut-turut kelainan yang diderita ga juga sembuh. Ga tau deh harus diapain. Mahasiswanya juga ga bisa demo, kan emang hukum alam kalo dosen yang paling berkuasa. Tapi jangan salahkan mahasiswa kalo telat mulu gara-gara dosen tipe begini. Istilahnya lo jual gue beli (ga nyambung) alias lo on time gue juga on time, lo telat gue juga ikutan. Hehehe.

Mrs. COOL

Masih muda, cantik, udah merit dan cara ngajarnya bikin gue betah. Materi yang disampein bener-bener jelas sehingga otak gue bisa nangkep dengan super cepet. Apalagi orangnya disiplin, jarang ngambek, on time, ga pernah skip kelas juga adil kalo ngasih nilai. Yang rajin dapet A, yang leha-leha yang dapet D. Tapi sekalinya ngambek mukanya nyeremin. Issssh. Tipe yang begini membuat para mahasiswa segan tapi juga bakal berusaha untuk disiplin plus menganggap ini kesempatan. Ga pernah absen dan nilai bagus so pasti bikin seneng. Ya kan?

Miss Absent

Lo kena demam berdarah dan ga bisa masuk kelas? Lo kecelakaan ampe sikut lo ngegeser dan harus dirawat di rumah sakit menyeramkan? Buat dosen yang satu ini, lo koma baru dianggap bener-bener sakit. Gue kena DB dan dirawat 9 hari di rumah sakit tetep aja ga dapet toleransi. Duh duuuh....untung kagak ngulang. Kalo gue jadi dia, gue bakalan lebih toleran karena ga ada satu manusiapun yang pengen sakit. Kalo mahasiswa males sih emang banyak, tapi yang ga masuk kelas karena alasan legal dan masuk akal masa harus dapet perlakuan semena-mena begitu? Asli jadi inget jaman penjajahan.

Mrs. Money

Apa-apa duit. Ada duit nilai lo bakalan bagus. Ada duit semua bakalan selese. Tipe yang gini ini bikin empet sekaligus membuat mahasiswa yang kantongnya bolong makin bolong. Selain itu, dosen yang ini ga punya stok maaf dan kebijaksanaan di tasnya yang bermerek semua. Ada temen gue yang harus ngulang mata kuliahnya gara-gara harus operasi karena sakit. Buset dah. Denger-denger ni dosen mau dilempar dari kampus. Sukur deh. Bukan apa-apa. Kalo dia tetep ada, mahasiswa bakalan terus-terusan dirongrong masalah duit.

Mr. Sleepy

Lulusan luar negeri sih, tapi tiap ngajar volume suaranya kalah sama suara jangkrik. Pelan banget ampe yang di depan ngantuk dan yang duduk di belakang udah ngiler di meja. Gue butuh banget sama ilmu yang dia punya, tapi kalo suaranya mencicit kayak gitu mana bisa konsen? Yang ada malah nguap sampe akhir jam mata kuliah.

Mr. Geje

Mahasiswa yang ngumpulin tugas, ikut presentasi, UTS oke, UAS juga fine, tapi dapet BL alias Blom Lulus mata kuliah empunya dia. Sedangkan yang ga ikut presentasi dan hanya ngumpulin laporan dapet A. Gue ga pernah paham sama dosen yang satu ini. Kasian yang udah rajin dan empot-empotan kuliah sampe berdarah-darah, yang ga ikut presentasi enjoy aja dapet A. Gue protes dong, keadilan kan harus ditegakkan. Betul ga?

Mr. Whatever

Kalo yang ini cueknya kebangetan. Mahasiswa lagi presentasi di depan kelas? Doski asik maen game di hape sambil senyum-senyum ga jelas. Mahasiswanya dapet nilai jelek? Sebodo amat. Mahasiswanya melototin dia secara terang-terangan di depan kelas? Who cares? Ada yang tidur? Emang dia pikirin? 
Gue juga rada sebel, abisnya pas gue presentasi ke depan kelas, dia malah nyuruh gue untuk beli kacang Bogor dulu di kantin. Satu bungkus abis, besoknya dia nyengat gue di depan ruang prodi dan nyuruh beliin kacang itu lagi. Buset dah. Dosen gue kok begini amat sih?


Guys, pengajar itu wajib dihormati. Amat sangat wajib karena mereka ngasih kita ilmu. Tanpa mereka kita bukan apa-apa. Tapi menghormati dosen yang gimana dulu? Mahasiswa adalah manusia yang juga berhak ga setuju. Jika pengajar bisa ngasih contoh yang bagus, para peserta didik bakalan dengan senang hati ngikutin bahkan menjadikannya inspirasi. Kalo pengajar yang ga ngasih contoh bagus, palingan kita nurut di depan tapi ngejek di belakang. Ironis kan? Moga aja pengajar dan mahasiswa di planet ini jauh lebih baek dari hari kemaren. Moga aja begitu. Hiks. 

Nah, dosen di kampus lo kayak gitu juga ga? Kasih inpoh yeee...



You May Also Like

8 komentar

  1. memang banyak macem karakter dosen,, tapi banyak gak mutunya.. kalau dikampusku mah jangan sekali-kali bersebrangan ma dosen demi NIM walau harus jungkir balik karena tugasnya amit2.
    pernah dibully gegara beda pendapat akhirnya tak dianggep dikelas.. dan dicap calon guru berbahaya tapi anehnya setiap praktek ngajar disuruh ngajar adik kelas.. sampai gemeteran berasa pipis dicelana dibully yang sepertinya adik kelas udah sekongkol sama dosen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. NIM atau IP, mas?
      Makasih ya udah komentar. Hahahah ampe dibully gitu

      Hapus
    2. NIM, karena awal IP adalah NIM yg selalu terlihat bagus, gak bolosan dll laah.

      Hapus
    3. hehehe siiip kamu ga bolosan kan?

      Hapus
    4. kadang, kalau telat sering :(

      Hapus
  2. hahahaha ada semua tuh di kampusku mbak hehe :D

    BalasHapus