CERPEN: ADA APA DENGAN WATI

by - 23.47

            Siang itu jalanan macet gila. Mobil, motor, truk gandeng, gerobak sayur, sepeda lipet, becak dan odong-odong tumplek blek di satu area. Seorang cewek berambut panjang indah hitam legam karena rajin pake sampo plus oli lagi ngendon di dalam sebuah taksi berwarna merah kuning ijo. Sesekali dia ngelirik jam tangannya yang berbentuk lonjong bergambar kodok mangap.
            “Bang...cepetan dikit napa. Pacar saya mau naek pesawat niiih...” Wati, cewek rambut indah itu, gelisah tak menentu karena sejam lagi kekasihnya mau pergi ke negara laen.
            “Ampun dah. Bawel amat sih, Neng. Ini taksi bekas, mesinnya standar, bukan lamborjini.” Kata supir taksi.
            Wati manyun dan pengen pipis. Untung aja dia pake Mami Popo, jadinya ga akan bocor ataupun tembus ke samping. Setelah setengah jam, baru deh tuh taksi bisa nyampe ke area bandara. Wati buru-buru membuka pintu, melesat cepet gila dan ga peduli supirnya kaget karena dicampakkan begitu aja.


             Supir taksi kesel bin gemes, teriak-teriak tapi kalah kenceng sama suara pesawat yang lalu lalang. Apa mau dikata, dia pun harus rela pelayanannya kagak dibayar.
            Bandara pun hari itu kayak biasanya. Rame oleh para calon penumpang dan pedagang yang nawarin berbagai macam barang. Ada yang jual cakwe goreng saus tomat, bebek karet buat mandi, terasi 3 rebu serenceng, sarung cap Gajah Nyungseb juga penjual sempak yang emang udah terkenal di sana. Pokoknya semua orang berkerumun ga karuan, ampe ga bisa gerak saking penuhnya. Wati pun akhirnya berinisiatif untuk menyeruduk kerumuman penumpang itu pake kepalanya yang lumayan keras. Orang-orang kesakitan, terjatuh di lantai dengan posisis tengkurep dan terlentang, ga terkecuali satpam bandara yang ampe kena encok gara-gara yang kesundul pas banget kena pinggulnya yang berisi.
            “Antoooooon...” Wati berteriak super gila. Semua menoleh, termasuk Anton yang kala itu lagi megang koper dengan pose nungging. Dia kaget Wati nyusul ampe bandara segala. Padahal dua jam lalu pamitannya pake telepon, bermesra-mesra ria dan nangis-nangisan. Tapi Wati ga bisa menahan diri untuk ketemu Anton dulu sebelum dia naek burung besi alias pesawat terbang.
            “Wati?? Lo kok ke sini?” Anton terperangah sembari garuk-garuk paha.
             “Hiks...sayang...kenapa sih elo harus pergi ke Jimbabwe? Terus gimana hubungan cinta kita yang putus nyambung kayak tali kolor ini???” Wati nangis sambil ngelap umbelnya yang berwarna ijo butek. Sang cowok yang bernama Anton Prayoga mengusap air mata Wati dengan sapu tangan yang tadi dia gunakan buat ngelap keringet di udelnya.
            “Udahlah, Wati. Ini emang takdir. Usaha itu penting. Gue kan pengusaha yang mewarisi perusahaan keluarga. Ini kan juga untuk masa depan kita berdua.” Kata Anton.
            “Tapi jualan pentol kan ga usah ke Jimbabwe juga, Ton.” Wati bersikeras biar kekasihnya yang dia pacari 10 taun ga pergi dari dirinya.
            “Di sini pangsa pasarnya ga terlalu bagus, Wat. Kata temen gue yang jualan semur jengkol, di Jimbabwe malah laku banget. Siapa tau kalo gue ke sana, gue juga bisa dapet keuntungan berlipat ganda. Habis itu kita nikah. Gimana?”
            “Meski berat hati ini, gue rela lo ke Jimbabwe. Gue berdoa semoga di sana ga ada cewek-cewek bahenol yang akan bikin lo kepincut.” Ujar Wati.
            Anton menghela napas, Wati lagi-lagi nangis dengan kenceng. Eye linernya udah luntur, lipstiknya juga udah mbleber ke dagu, blush on nya pun udah berkerak. Sekilas Wati jadi malah mirip banget ama kuntilanank yang gagal dandan. Wati dan Anton pun berpelukan ala Teletabis, tapi mereka ga saling kecup karena blom dapet sertifikasi halal.
            “Selamat tinggal, Wati.” Anton berucap sedih.
            “Hiks...hiks..selamat tinggaaaaal....”
            Adegan slow motion pun terjadi. Wati dadah-dadah dengan kondisi make up nya yang berantakan, Anton juga sempet kejedot kaca karena dadah-dadah sambil jalan tapi mukanya noleh ke belakang ngeliatin Wati. Hati Wati teriris tipis saat ngeliat pesawat Kelabang Air lepas kendali. Eh...lepas landas. Wati bener-bener sedih banget. Untung aja sebelum berangkat Anton ngasih kenang-kenangan berupa sebungkus pentol siap goreng dan sendal jepit buluk yang baunya kayak bubur basi. Oh Anton...gue akan nunggu elo...sampe kapanpun, kata Wati dalam hati.

Two Months Later
            Wati duduk merenung dengan pancingan di tangan. Dia lagi ngelamun tepat di sebelah kolam lele di belakang rumah seraya mainin jempol kakinya yang lagi dilanda cantengan. Cuaca hari yang cerah itu bikin Wati ga mau keluar rumah. Biasanya dia banyak kegiatan. Ke salon buat nge-wax bulu ketek, les tari perut, les piano rusak, mengunjungi kebon binatang juga ngider memantau sawah punya babehnya yang amat sangat luas.
            Muka Wati kuyu kayak kucing abis kejebur got. Udah sebulan ini Anton ga pernah ngasih kabar. Jangankan nelpon, sms aja ngga. Wati khawatir, jangan-jangan si Anton ditelen kingkong atau diuber buaya sungai secara Jimbabwe negara yang penduduknya lebih banyakan hewan daripada manusia. Wati ngelamun, sempet kesurupun beberapa menit lalu kembali waras tapi ngelamun lagi, sampe ga nyadar sobatnya yang bernama Japra Ronaldo dateng ke rumah dan manggil-manggil namanya.
            “Oi, Wati! Oiiii...!!”
            Wati tetep aja ngelamun dan ga denger teriakan Japra. Kayaknya si Wati kena serangan budek mendadak. Japra jadi dongkol dibuatnya. Dia lalu mundur beberapa langkah, tangannya ditempel kayak mau lagi ngeluarin tenaga dalem, lalu....
            “Ciyaaaaaattt...!!!” tendangan maut mendarat di punggung Wati yang untungnya ngga bolong.
Byuuuurrrr..!!
            Wati dijorokkin ampe kejebur ke kolam lele. Wati timbul tenggelem dan megap-megap.
            “Hahahaha....rasaiiiiin..makanya jangan ngelamun aja lo, Wati!! Muka lo udah ga enak diliat apalagi kalo lagi ngelamun. Bikin eneg! Hahaha..!” Japra ketawa begitu renyah, memamerkan giginya yang jarang-jarang kayak pasak buat ngediriin tenda.
            “Toooll...huk..huk...tol...huaakk...tol...loooong....!!” Wati teriak-teriak minta tolong. Japra yang tadinya nyantai ngupil dan nempelin benda busuk itu di kandang burung garuda di sebelah kolam lele milik Wati, kaget bukan kepalang karena lupa kalo si Wati kagak bisa berenang. Habis diselametin, si Wati malah ngelamun lagi.
            “Yaelah...lo kenapa lagi sih?” Japra penasaran liat Wati yang kelakuannya jadi aneh sejak ditinggal Anton.
            “Anton udah sebulan ini ga ngehubungin gue, Jap. Apa dia dimakan singa, ya?”
            “Ah elo. Palingan juga kecantol cewek sana. Gue udah pernah nasehatin kalo Anton itu ga baik buat lo. Selama sepuluh taon kalian putus nyambung sejak SD. Mendingan juga ama gue.” Kata Japra.
            “Elo? Cuiiiihh...!! Mendingan gue ama kadal!”
            “Yakin? Ntar lo dikadalin loh, Wat.” Tukas Japra. Wati manyun lima senti digituin. Dia ngelamun lagi, nyebut-nyebut nama Anton sambil garuk-garuk sampe ketombenya pada jatoh, kutu juga bergelimangan di lantai. Sadis gila, enek maksimal. Japra jijay ngeliatnya. Tetangga plus sahabatnya itu sebenernya sukaaaa banget ama Wati. Biar kata Wati ga terlalu cantik, tapi hatinya baek. Dia pun menahan rasa selama 10 taun ngeliat Wati dan Anton selalu asik kencan di depan toko las ketok mejik.
            “Wat, daripada bete, mendingan kita internetan yuk? Gue punya modem baru nih, Semarfren.”
            “Ah palingan kayak kemaren. Baru buka satu situs, mandeg. Yang kebuka cuma setengahnya doang. Ogah. Mau liat fotonya Siwon Super Junior, masa yang kebuka jidatnya doang? Ogah deh lo aja sendirian sana.”
            “Yeee..beneran. Yang ini mantap suratap. Kata yang jual, modem yang ini ga sama dengan NgondekFren yang lelet itu. Yuk cepetan...”
            Japra pun langsung mengeluarkan laptop merek Kopasus berwarna item yang selama ini menemaninya untuk bikin Wati mau berenti dari hobi barunya yang suka ngelamun itu. Akhirnya Wati pun luluh juga, dia bergabung dengan Japra di teras dan mulai browsing. Japra membuka situs-situs favoritnya seperti Kakus.com, Gugel Trenslet, Bersiaga.com juga  liat video senam Berti Tilarso di Yucup. Dia seneng banget adegan senam aerobiknya, bikin badan sehat dan stamina prima. Wati yang ngeliatin Japra ngeliuk-liuk kayak siluman ular kobra jadi serem sendiri. Dia pun buru-buru nyetop aksi nekat Japra itu dan meminta dirinya membuka akun Fesbuk.
            “Eh..coba buka akun Fesbuk punya Anton dong. Liat lo senam aerobik, maag gue kambuh.” Pinta Wati ga tahan.
            “Ah elo. Akun gue aja blom gue buka, malah minta akun si cowok jelek itu. Ya udah deh gue kabulin.” Japra ngomel-ngomel tapi tetep nurut. Buat pujaan hati yang dia sayangi diem-diem kayak maling jemuran, apa aja dia jabanin dah. Japra pun langsung ngetik nama Anton.
            “Loh, Wat. Ini...ini siapa????” Japra kaget banget liat poto upil ehh poto propil Anton Prayoga De Tampan yang lagi berdua sama cewek. Wati yang ngeliat ga bisa berkata-kata. Dia mangap, matanya melotot, bisulnya langsung pecah, bibirnya mendadak sariawan, idungnya mimisan dan daki di badannya luntur seketika. Apaaaa??? Anton berfoto mesra dengan...cewek cantiiiik? Tidaaaaaakkkk...!!!
            Japra deg-degan. Dia sayang sama Wati, tapi ngeliat Anton yang amat dicintai Wati berpoto mesra kayak gitu, mau ga mau Japra ngerasa kesian 10%, sisanya seneng banget karena pasti Wati mutusin cowoknya yang bejad itu.
            “A...Anton...kok...elo tega siiiih??”Wati merintih pedih, menutup mukanya dan nangis. Tadinya Japra mau nyodorin bahunya yang lumayan kekar akibat isinya tulang semua, tapi Wati keburu menendangnya secara ga sengaja. Wati makin aja ngamuk pas dilihatnya status relationship milik Anton berubah total, dirombak abis-abisan sama pemiliknya. Tadinya In relationship with Wati Juminten Stevani, tapi sekarang berubah jadi In relationship with Kokom Marokom Binti Baskom.
            “Wat...sabar ya...yang tabah. Semoga amal ibadah lo diterima Yang Maha Kuasa.” Japra ikut sedih. Wati yang denger makin aja keki.
            “Lo kira gue udah almarhumah! Huwaaahhh Anton jahaaaat!! Gue benciii!!! Gue mau cari dia ampe Jimbabwe!!” tekad Wati dengan semangat meski air matanya tetep ngalir kayak selokan depan rumah.
           *****
            Japra yang gantengnya ga jauh beda sama Al Gojali udah siap sedia di bandara bersama Wati yang nunggu giliran neak pesawat. Mereka udah pesen tiket di loket yang tersedia. Japra seneng banget bisa bareng Wati meski bukan sebagai kekasih. Wati sih cuek aja, malah sibuk sisiran secara rambutnya yang item itu tambah indah setelah dia pake perawatan krimbat buah naga campur minyak bulus dan parutan arang.
            Lagi enak-enak sisiran, Wati terbelalak ngeliat siapa yang ada di depannya. Anton!! Ga salah lagi. Mukanya yang bulet kayak pesawat alien, rambutnya yang mirip Andika Kangen Band, giginya yang putih seputih salju, juga matanya yang agak sipit emang ga ada yang nyamain. Loh, bukannya Anton ada di Jimbabwe?? Kok ada di sini???
            “Anton???” Wati menghampiri Anton yang justru kaget ngeliat Wati. Gimana ga kaget orang ke gep lagi gandengan ama cewek cantik.
            “Ma...maap...gue Clark Kent. Bukan Antonio Banderas.” Kata cowok itu ngeles.
            “Ga mungkin! Lo pasti Anton. Clark Kent mah ganteng banget. Lo Anton, kan? Siapa cewek ini???” gelegar Wati mulai beringas.  Anton yang emang beneran Anton dan bukan Clark Kent langsung kabur begitu diberondong pertanyaan sama Wati.
            “Heeeeeehh jangan lariiiii..!!” Wati berteriak dan mengejar. Tapi gara-gara saat itu dia pake kebaya yang super singset, Wati ga leluasa lari dan malah jatoh ngegelinding lalu nabrak pak satpam yang lagi-lagi kena encok.
            “Wati?? Lo kenapa???” Japra yang telat dateng malah nanya sambil ngunyah kacang sukro. Wati lalu ngejelasin kalo dia baru aja ngeliat Anton. Japra bilang ga mungkin tapi Wati bersikeras. Dia pun mutusin untuk nyari Anton yang saat itu ternyata malah asik beli bakwan dulu, terang aja masih bisa dikejar. Anton kaget ngeliat Wati yang mulai mendekat. Dia pun lari terbirit-birit.
            “Tungguuuuu...!! Ciyaaaaaattt..!!” Wati salto, tubuhnya melenting, melambung lalu mendarat tepat di depan idung Anton yang banyak komedonya. Anton menganga, cewek yang bersamanya terpental, sedangkan Japra masih makan sukronya yang kriyuk-kriyuk. Anton ga bisa berkelit lagi sekarang. Wati menatapnya dengan tatapan penuh cinta tapi sedih.
            “Ternyata lo udah pulang dari Jimbabwe. Tapi...lo sama cewek lain...” Wati mulai mengeluarkan air mata beningnya yang ngalir ke dagu, dada dan perut.
            “Wati...maapin gue. Gue ga bisa penuhi janji. Lo baik, tapi ngebosenin. Lo selalu nolak tiap kali gue ajak maen kelereng atau nyari belut. Lo....aaah...maapin gue ya. Cinta ga harus memiliki, Wati. Kita ga jodoh.” Kata Anton seenak jidat. Dia cuek kayak ga terjadi apa-apa.
            “Tapi Anton...jodohkuu...maunyaku...dirimu...hingga nantii...” Wati nyanyi dengan nada yang berantakan.
            “Jangan memilih....aku...” Anton menimpali juga dengan nyanyi. Suaranya kayak radio rusak dan bikin telinga infeksi.
            “Lo tega banget ama gue, Ton. Gue kurang apa selama ini? Cantik sama kayak Selena Gombreng, bodi juga seksi kayak jennifer Lapis. Kurang apa gue, Ntoooon???” Wati bener-bener ga kuat.
            “Udah ya, Wati. Kita ga jodoh. Jangan maksa. Cowok kalo dipaksa makin ga nyaman.” Kata Anton seraya berlalu, ga lupa mengibaskan rambutnya yang kayak Andika itu. Wati nangis sambil nungging di lantai bandara. Japra yang ngeliatnya jadi prihatin. Pas mau ngedeketin, ternyata Wati bangkit, lari ke arah satpam yang masih meringis encok lalu mengambil pestol dari sakunya. Japra kaget, ga terkecuali semua orang yang ada di sana.
            “Watii!! Lo apa-apaan, Wati?? Jangan bunuh diri!!” Japra ketakutan, tapi masih sempet makan sukro yang tersisa.
            “Biarin gue mati!! Gue adalah korban cinta, Jap. Gue sakit hati, sakit gigi, juga sakit jiwa gara-gara cinta!” Wati meraung.
            “Jangan Wati, nyebuuut...bunuh diri itu dosa!” Japra ngingetin.
            “Selamat tinggal semuanyaaaa....” Wati meletakkan pestol itu di pelipisnya yang bebas pengawet.
            “Tidaaaaak...” Japra berlari slow motion hendak merebut pestol itu. Tapi...
Doorrrr...!!!
Semua terhenyak.
Dorr..!!Doorr..!!!
            “Iiiih...pestol apaan sih ini pelurunya malah aer!!!” Wati kesel. Ternyata pestol pak satpam adalah pestol aer. Wati pun gagal total bunuh diri. Japra yang melihatnya lega banget. Tapi Wati masih kesel lalu berlari keluar dari bandara. Dia hendak menabrakkan diri ke mobil yang lagi lalu lalang. Lagi-lagi gagal karena pas nyebrang kebetulan jalanan lagi macet. Apes banget bunuh diri aja repot amat. Japra sekali lagi lega.
            “Wati...jangan bodoh. Idup lo berharga. Gue sayang ama elo...” japra akhirnya mengungkapkan rasa sama Wati. Wati terkesiap. Dia menatap Japra di depannya.
            “Jadi...ternyata lo beneran cinta sama gue?” Wati ga percaya.
            “Beneran. Kalo ga percaya. Nih belah aja dada gue.” Japra membuka kancing kemejanya dan memamerkan dadanya yang berbulu lebat, selebat hutan di Afrika.
            “Iiiiih jijay banget siiih. Ga usah pake belah dada segala deh. Gue percaya sama elo kok Jap.”
            “Lo nerima cinta gue kan?”
            “Iya, Jap. Tak ada rotan akar pun jadi. Ga ada Anton sahabatpun gue embat. Ahhh..batal deh ke Jimbabwe.”
            “Tenang aja, Wati. Besok kita ke Uganda. Kita akan bulan madu sambil berburu ubur-ubur dan kemping super romantis di sana.” Japra mengobati sakit hati si Wati.
            Wati kini nyadar siapa sebenernya orang yang sayang sama dia. Wati nyesel, sepuluh taun diabisin sia-sia buat cowok dableg kayak Anton. Tapi ga apa-apa. Japra lumayan kece, apalagi ternyata sayang banget ama dirinya. Ahh Wati sekarang bahagia.
            “Uhuk...uhuk...” Wati batuk-batuk akibat debu beterbangan di jalanan deket bandara. Japra sang kekasih yang baru nembak langsung ga tega.
            “Pake masker ini, Wat.” Kata Japra mengeluarkan masker penutup idung dari tas pinggangnya yang berwarna kuning.
            “Lo gimana?” tanya Wati.
            “Tenang aja gue ada, kok. Gih pake.”
            “Aahh..so sweet...” ujar Wati, “Makasih ya, Jap. Lo emang gentleman. Maskernya juga lembut banget...selembut hati lo meski baunya rada aneh.” Puji Wati.
            “Iya dong, Wat. Kan itu masker hasil modifikasi.”
            “Emang nih masker tadinya apaan?” tanya Wati penasaran.
            “Semp*k gue.” Jawab Japra ga pake lama dan ga ngerasa berdosa.


            “Apaaaaaa????? Hoeeeeeekk...” Wati pun akhirnya muntah darah, menggelepar kesakitan dan pingsan dengan sukses.

You May Also Like

6 komentar

  1. haha. kocak banget ceritanya.
    rada kepanjangan ya, dan kebanyakan mutar-mutar. tapi keren kok. tetep berkarya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya udah diedit tuh. Makasih yaaa udh komen hihi..

      Hapus
  2. haha sejak kapan, di uganda ada ubur-ubur? yg ada malah idi amin mbak -_- di danau victoria pun nggak ada ubur-ubur HHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubur-uburnya lagi sembunyi, mas hehehe

      Hapus